Tips Memilih Laptop Terbaik untuk Mahasiswa dan Rekomendasinya

Rabu, 24 Januari 2024 | 17:03
DOK. Asus

Asus Vivobook 14 A1404

Hai-Online.com – Laptop dengan spesifikasi mumpuni kini dianggap sebagai investasi yang menguntungkan bagi mahasiswa.

Laptop dengan spesifikasi mumpuni tidak hanya memberikan kinerja yang optimal saat mengerjakan tugas-tugas akademis, tetapi juga memungkinkan untuk menjalankan aplikasi bebas lag atau hang.

Meski begitu, memilih laptop yang tepat juga kerap menjadi tantangan tersendiri bagi para mahasiswa. Apalagi, ada banyak merek, model, dan tipe tersedia di pasaran. proses memilih laptop pun menjadi lebih rumit.

Agar kamu tidak salahpilih,berikut tiga tips memilih laptop yang tepat.

Pertama, menentukan karakter laptop yang diperlukan. Jika kamu berkuliah di jurusan arsitektur atau desain, kamu perlu mencari laptop dengan prosesor yang cepat, kartu grafis yang mumpuni, serta kapasitas RAM yang besar.

Baca Juga: Vivobook 14 (A1404), Laptop Entry Level dengan Kualitas dan Durabilitas Tinggi

Namun, jika laptop hanya digunakan untuk tugas-tugas ringan seperti browsing, mengetik, atau streaming, kamu bisa memilih laptop dengan spesifikasi standar yang lebih hemat biaya.

Kedua, kamu juga perlu menentukan desain dan kualitas laptop yang akan dibeli. Jika sering dibawa ke kampus, sebaiknya pilih laptop dengan material, bobot, dan ukuran yang kompak agar tas tidak terasa berat.

Ketiga, lakukan riset tentang laptop yang diperlukan. Kamu bisa mencari informasi dari internet, media sosial, serta review dari Youtube sebagai referensi.

Jangan lupa untuk membaca review dan testimoni dari pengguna sebelumnya untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari setiap laptop.

Apabila memungkinkan, datanglah langsung ke toko atau pusat servis resmi untuk melihat dan mencoba laptop secara langsung.

Jika masih bingung, berikut lima rekomendasi laptop untuk mahasiswa yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Asus Vivobook 14 A1404

DOK. Asus

Asus Vivobook 14 A1404

Laptop ini memiliki layar 14 inci full HD yang bisa diputar hingga 360 derajat.

Dari segi prosesor, Asus Vivobook 14 A1404 sudah menggunakan prosesor terbaru, yakni Intel Core i3-1315U dengan RAM 8 GB + 8 GB dan storage SSD NVMe PCIe 512 GB.

Untuk menunjang aktivitas perkuliahan, laptop ini juga sudah dilengkapi dengan Windows 11 dan Office Home and Student 2021.

Laptop ini juga ditenagai dengan baterai berkapasitas 42Wh yang sanggup digunakan untuk mengetik dokumen dan mengakses internet hingga lebih dari 8 jam.

Terkati harga, laptop ini dibanderol sekitar dari Rp 8,1 juta di e-commerce. Spesifikasi lengkap terkait laptop ini bisa kamu temukan melalui tautan ini.

2. Huawei Matebook D 15

Huawei Matebook D 15 hadir dengan prosesor AMD Ryzen 7 5700U dan dibalut dengan material metal yang kokoh.

Untuk aktivitas sehari-hari, laptop ini juga hadir dengan layar beresolusi Full HD sebesar 15,6 inci.

Tombol power pada laptop ini juga dilengkapi dengan sensor sidik jari sebagai fitur keamanan tambahan.

Di pasaran, laptop ini dijual dengan harga sekitar Rp 8,5 juta di e-commerce. Spesifikasi lengkap terkait laptop ini bisa kamu temukan melalui tautan ini.

Baca Juga: Membedah Spesifikasi ASUS TUF Gaming F15 FX507, Laptop Gaming Paling Worth It di 2022

3. Acer Aspire 5 Slim A514-54G

Laptop berukuran 14 inci memiliki rasio layar 16:10 dengan resolusi 1920 x 1200 piksel yang ramah di mata meski digunakan seharian.

Untuk membuka berbagai aplikasi, Acer Aspire 5 Slim A514-54G juga didukung dengan prosesor Intel Core i5-1355U dengan RAM 8 GB LPDDR5 dan storage SSD NVMe PCIe Gen4 512GB.

Harga laptop ini dijual dengan harga berkisar Rp 9 jutaan di e-commerce. Spesifikasi lengkap terkait laptop ini bisa kamu temukan melalui tautan ini.

4. Lenovo IdeaPad Slim 3i

Bagi kamu yang membutuhkan laptop dengan kapasitas RAM besar, Lenovo IdeaPad Slim 3i bisa jadi pilihan.

Meski RAM pada laptop ini tidak bisa di lepas pasang, tetapi secara keseluruhan, laptop ini cukup ideal untuk digunakan sehari-hari.

Terkait spesifikasi, laptop ini sudah dibekali dengan prosesor Intel Core i5-12450H dan storage SSD M.2 NVMe PCIe 4.0 x4. Selain itu, bobot laptop ini juga sangat ringan, yakni hanya 1,37 kg.

Di Indonesia, laptop ini dijual dengan harga Rp 9,1 juta. Spesifikasi lengkap terkait laptop ini bisa kamu temukan melalui tautan ini.

Baca Juga: Vivobook S 15 OLED BAPE® Edition, Laptop Canggih dengan Gaya Streetwear yang Ikonik!

5. HP 14s-DQ4016TU

Untuk kamu yang punya budget terbatas, laptop keluaran HP ini bisa jadi pilihan. HP 14s-DQ4016TU hadir dengan ukuran 14 inci dan dibekali dengan resolusi Full HD, RAM 8 GB, SSD 512 GB, dan prosesor Intel Core i5-1155G7.

Selain memiliki spesifikasi yang memadai untuk kegiatan perkuliahan, laptop ini juga hadir dengan tiga pilihan warna yang stylish, yakni silver, gold, dan white.

Di e-commerce, laptop ini dijual dengan harga Rp 7,8 juta. Spesifikasi lengkap terkait laptop ini bisa kamu temukan melalui tautan ini.

Editor : Sheila Respati