Tantangan Syuting 'Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang' di London: Kartu ATM Hilang Tiga Kali

Rabu, 18 Januari 2023 | 16:05
Doc. HAI/Gema Primanda Ramadhan

Cast film

HAI-ONLINE.COM – Film yang disutradarai Angga Dwimas Sasongko pada 2019 lalu, “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini”(NKCTHI) bakal berlanjut dalam “Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang” (JJJLP) yang direncanakan rilis pada 2 Februari 2023 mendatang.

Film ini masih merupakan adaptasi dari novel karya Marchella FP, yang juga masih dibintangi oleh Rachel Amanda (Awan), Sheila Dara Aisha (Aurora), dan Rio Dewanto (Angkasa).

Tapi ada wajah baru juga nih di sini, yaitu Ganindra Bimo (Jem), sebagai kekasih Aurora dan Lutesha (Honey), sebagai temennya Aurora di London, Inggris.

Jarak dari film pertama dan kedua dari adaptasi novel NKCTHI ini bisa dibilang cukup panjang, sehingga ternyata terdapat kesulitan tersendiri bagi para pemeran di film Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang ini.

Baca Juga: NKCTHI Rilis Kick Off Video: Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang, Sekuel Filmnya Segera Tayang!

“Dibilang sulit untuk balik lagi (pada karakter Awan), nggak juga sih. Karena mungkin film pertama juga tentang keluarga, karakternya juga mungkin hampir ada di setiap setting keluarga (secara posisi ada anak sulung, tengah, bungsu), jadi bukan sesuatu hal yang jauh banget dari kehidupan kita sehari-hari untuk jadi karakternya,” jelas Rachel kepada HAI, Selasa (17/1/23).

Cuma ia ngerasa mungkin harus nginget-nginget lagi aja apa yang terjadi di film pertama (NKCTHI).

“Awan tuh udah melalui beberapa kejadian, yang pasti sadar nggak sadar tuh mengubah cara dia berpikir juga sih, cara dia memandang sesuatu. Mungkin kalo Awan dulu berpikir semuanya harus ‘A’, sekarang dia mungkin harus lebih terbuka dengan pandangan lain. Kayaknya ya itu sih untuk tantangannya,” tambahnya.

Begitu juga dengan sang kakak sulung, Angkasa yang diperankan oleh Rio.

Dalam menjelaskan kesulitannya untuk kembali mendalami karakter tersebut, aktor yang juga dikenal dengan perannya sebagai Jody itu malah agak nge-spill nih film lanjutan dari JJJLP ini.

“Jadi sebenernya setelah film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini ,kalo ngomongin proses syuting, saya udah syuting (secara time frame) untuk film yang setelah ini (Jalan Yang Jauh Jangan Lupa Pulang). Nah jadi saya harus kilas balik lagi kan, sebelumnya seperti apa. Gitu sih kesulitannya,” pungkasnya.

Baca Juga: Tilik Sampe NKCTHI Masuk ke 5 Film Lokal Paling Banyak Dicari di Google Year in Search 2020

Rio juga menekankan kalo film lanjutan JJJLP yang doi maksud itu nggak bakal tayang di bioskop.

Tapi, bakal tayang di salah satu layanan streaming gitu. “Udah selesai syutingnya. Tinggal tayang doang, “ kata Rio.

Melanjutkan penjelasannya terkait kendala saat syuting, aktor cowok kelahiran Jakarta itu pun menambahkan, “Nah, sama tantangannya itu mengelola rekening. Mengelola rekening pribadi tuh, poundsterling lumayan kan. Untuk pengeluaran nggak boleh lebih besar daripada pemasukan nih. Setelah dihitung-hitung, kok minus nih. Semua minus deh kayaknya.”

Doc. HAI/Gema Primanda Ramadhan

Cast film

“Sama ngurus pendaftaran kartu ATM kali ya?,” imbuh Rachel, yang kemudian dilanjutkan oleh Rio, “Oiya, kartu ATM saya hilang tiga kali. Bukan karena copet tapi ya. Karena kelalaian sendiri. Saya orangnya memang pelupa, ya jadi lupa aja nggak tau di mana,” kisahnya dengan tawa.

Sebagai pemeran Aurora yang menjadi fokus dalam film JJJLP ini, Sheila malah ngerasa lebih gampang buat balik lagi ke karakter yang ia mainkan.

Di mana ia menyebutkan kalo proses yang ia lalui bersama cast lain itu dikit banget.

“Dan karena kebetulan Mas Angkasa sama Awan datengnya belakangan daripada yang lain (di film JJJLP), jadi proses diskusinya jadi lebih pendek,” ungkap Sheila.

Begitu pas masuk scene juga Sheila ngerasanya udah jadi balik lagi aja gitu ke posisi mereka waktu syuting film pertama.

Namun, walaupun nggak terlalu sesuli seperti yang ia sebutkan, tetap aja tantangan itu ada.

“Tantangannya lebih ke mengenal Aurora yang baru, yang udah lebih mengenal orang baru dan lingkungan baru. Yang pastinya berbeda dengan Aurora yang di rumah. Karena kan di film pertama kita lebih ngeliat relasi Aurora sama keluarganya, sama siblings-nya. Di sini kita bisa lihat Aurora berinteraksi sama temen-temennya, sama pacarnya, lingkungan baru. Jadi, itu mungkin lebih susah,” imbuhnya kemudian.

Selain di film ini bakal menyuguhkan beberapa scene yang cukup menguras secara emosional daripada film NKCTHI, Sheila juga menyatakan kalo di film ini ada banyak scene bareng Jem yang berat lho.

Kira-kira bakal se-emosional apa ya sob? Coba lo tonton dulu deh trailer-nya di bawah ini biar agak punya bayangan pas nonton di 2 Februari ntar!

Nah, sedangkan untuk dua cast baru yang berada dalam universe ini, Ganindra dan Lutesha sepakat kalo proses pendalaman karakter mereka itu dijalani secara conscious dan mindfulness.

“Jadi setiap aktor itu kan punya metodenya masing-masing, caranya masing-masing untuk mendalami sebuah karakter. Tapi di sini Mas Angga minta kami semua bermain lepas, dan itu gue secara pribadi menjalaninya secara conscious dan mindfulness. Jadi sadar secara karakter gitu. Secara pendalaman itu nggak mengira-ngira tentang karakternya itu. Tapi lebih ke bikin pengandaian kalo lo memang sebagai karakter itu bagaimana. Tantangannya itu mungkin,” pungkasnya.

Sebagai pemeran Honey, Lutesha pun setuju dengan menyatakan “retweet” pada kalimat yang diutarakan oleh Ganidra tadi.

“Sama, retweet! Karena minimnya dialog, gue di sini belajar untuk fokus untuk ngerasain ‘kalo missal gue ada di posisi ini gimana’, daripada kit abaca script dan analisa. Kita bener-benr belajar kayak: ‘Oke jadi ceritanya Honey lagi di ruangan ini, sama Aurora, hubungannya seperti ini’ jadi emang let it flow aja,” kata aktor yang sekaligus model ini.

Baca Juga: Deretan Rekomendasi Serial Netflix Dari Para Cast Film The Big 4

Untuk Ganindra dan Lutesha sendiri sebagai Jem dan Honey, mereka mengakui cuma butuh waktu seminggu doang buat melakukan pendalaman karakter tersebut, dengan metode yang telah mereka jelaskan di atas.

Sebagai informasi, Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang juga masih mengisahkan persoalan keluarga, yang mana di sini memperlihatkan Aurora yang melakukan perantauan ke London, Inggris buat ngeraih mimpinya.

Perjalanan Aurora itupun nggak berjalan dengan mulus, di mana ia harus berjuang dengan kerasnya kehidupan di negeri orang dan jauh dari keluarganya.

Di sana, Aurora tuh punya temen bernama Honey, sebagai sosok yang keras dan udah dianggap sebagai kakak lah oleh karakter yang diperankan Sheila itu sejak dirinya menetap di London.

YouTube/Visinema Pictures

Sheila Dara sebagai Aurora di film

Hingga di sana pula lah Aurora menemukan tambatan hatinya, Jem. Seorang seniman baru yang lagi naik daun, sekaligus senior di kampusnya yang juga sama-sama perantau.

Sampai pada waktu di mana Aurora menemukan sisi lain Jem, hingga terpaksa bikin Aurora mengorbankan kuliah serta meninggalkan mimpinya gitu aja.

Dalam masa sulit yang ia hadapi, Aurora sampai putus kontak dengan keluarganya di Indonesia, hingga hilangnya kabar Aurora bikin Angkasa dan Awan memutuskan untuk menyusul saudarinya itu ke London.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya