Cara Berhenti Merokok Paling Efektif, Ternyata Bukan dari Mulut atau Hidung tapi Dari Sini...

Sabtu, 31 Desember 2022 | 11:20

Cara Berhenti Merokok Paling Efektif, Ternyata Bukan dari Mulut atau Hidung tapi Dari Sini...

HAI-Online.com- Per 1 Januari 2023, pemerintah RI bakal kembali menaikkan harga rokok di Indonesia. Ini menjadi satu alasab tambahan kenapa kamu harus segera berhenti merokok sekarang juga.

Nah, cara berhenti merokok paling efektif serta paling mudah dan cepat dilakukan ternyata bukan dari tempat sebatang rokok itu dihisap mulut atau pun hidung melainkan dengan cara dan langkah-langkah berikut.
Meski banyak orang bilang, terutama yang sudah terbiasa merokok, umumnya mengaku kesulitan untuk berhenti merokok karena sudah menjadi candu, jika dimulai dari cara ini maka mindset kamu bisa berubah.
Baca Juga: 6 Tips Simpel Menjaga Kesehatan Mata, Salah Satunya Terapin Rumus 20-20-20
Yap, dikutip dari TribunHealth, begini cara berhenti merokok:
1. Berpikir positif
Pas kamu merasa kesulitan saat berusaha berhenti merokok dan ingin menyerah saja, ingat kembali motivasi personal Kamu yang bikin kamu ingin berhenti merokok.
Artinya mainkan pikiran yang positif untuk mengembalikan niat berhenti merokok. Kamu bisa mengingat sejauh mana kamu sudah berusaha. Ini akan membuat kamu lebih bersemangat untuk melanjutkan lagi perjuangan berhenti merokok atau kecanduan nikotin.
2. Stop or Slow
Susunlah rencana untuk berhenti merokok. Terdapat dua cara untuk berhenti merokok, yaitu dengan berhenti seketika atau mengurangi secara bertahap.
Cara pertama, yaitu berhenti seketika adalah berhenti merokok sama sekali sejak hari itu.
Untuk kebanyakan orang, cara ini memang berat namun paling efektif dan tingkat keberhasilannya tinggi.
Cara kedua adalah mengurangi secara bertahap. Cara ini memang lebih mudah, namun tingkat keberhasilannya lebih rendah. Cara ini mengatur Kamu untuk mengurangi secara bertahap namun berisiko kembali ke kebiasaan lama. Namun patut dicoba.
3. Tunggu Lima menit
Ketika kamu menginginkan untuk kembali merokok, tunda keinginan itu selama 5 menit. Keinginan itu biasanya hanya bertahan selama 5 menit.
Rencanakan kegiatan apa saja yang bisa kamu lakukan jika kamu ingin merokok, misalnya menari sambil mendengar musik, menulis jurnal, membaca buku, atau kegiatan lainnya.
4. Minta dukungan sekitar
Kamu bisa bergabung dengan support group orang-orang yang ingin berhenti merokok atau bisa juga dengan memberitahukan orang-orang terdekat kamu untuk mendukung kamu berhenti merokok, seperti teman, pacar atau keluarga.
5. Rutin berolahraga
Sebuah studi menyebutkan bahwa olahraga rutin mampu mencegah keinginan merokok untuk timbul.
Bahkan, jalan kaki atau meregangkan badan sudah cukup untuk membantu otak mencegah keinginan merokok.
6. Meditasi
Beberapa orang meningkat keinginannya untuk merokok ketika stres melanda.
Nah, dengan melakukan meditasi, Kamu bisa mengurangi tingkat stres yang dirasakan. Efeknya rasa ingin merokok pun dapat berkurang.
7. Konsultasi ke dokter
Berhenti merokok secara tiba-tiba akan memicu sebagian orang merasa sakit kepala hebat. Konsultasikan ke dokter untuk meredakan gejala tersebut selama proses kamu berhenti merokok.
Selamat mencoba. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya