21 Cara Mengecilkan Perut Tanpa Lapar, Keluar Keringet dan Olahraga, Kok Bisa?

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 16:45

Pamer Perut Rata

HAI-Online.com- Jawabannya bisa, mengecilkan perut buncittanpa perlu menahan lapar, keringetan atau olahraga keras.

Pasalnya memang masihbanyak cara mengecilkan perut buncitselain dengan olahraga semata.
Yap, dikutip dari berbagai sumber, kalo kamu maumendapatkan perut yang rata, mulailah lakukan 21 cara mengecilkan perut kamu di bawah ini, tanpa perlu menahan lapar, keringetan atau olahraga keras.
Lakukan sesegera mungkin deh!
1. Sarapan Karbo Menu Baru

Makanlah sejumlah karbohidrat di pagi hari tetapi selain nasi dan roti. Lakukan secara rutin, di mana kamu bisa memilih sumber karbo dari buah, telur, susu, ikan atau daging.

2. Perbanyak seratnya

Serat bakal bikin kamu merasa kenyang lebih lama. Sehingga, keinginan untuk makan lebih banyak atau ngemil akan semakin berkurang.

Serat juga baik untuk sistem pencernaan sehingga akan mengurangi perut kembung dan mencegah perut terlihat buncit.

3. Batasi Gula

Sebagian besar karbohidrat sederhana bakal diubah menjadi glukosa atau gula.

Nah, kalo kamu sering menambahkan gula pada minuman atau makanan manis, maka jumlah di tubuh lebih dari yang seharusnya, maka kelebihan gula tersebut akan disimpan oleh tubuh sebagai lemak.

Batasi konsumi gula agar lemak di tubuh berkurang. Nggak harus menghapusnya tapi kamu bisa sedikit-demi sedikit mengurangi jumlahnya.

Minuman protein nabati

4. Tambah Asupan Protein

Mengonsumsi protein bakal bikin kamu merasa kenyang lebih lama juga. Selain itu, dalam sebuah penelitian kecil ditemukan bahwa orang yang suka mengonsumsi protein berkualitas tinggi seperti susu, telur, dan daging sapi, umumnya punya persentase lemak perut yanglebih rendah.

5. Batasi Garam

Terlalu banyak mengonsumsi garam bisa membuat penyerapan air di tubuh jadi terganggu, sehingga banyak cairan menumpuk, termasuk di area perut. Hal ini bakal membuat perut jadi kembung dan terlihat buncit.

Sehingga, salah satu cara mengecilkan perut yang efektif adalah dengan membatasi asupan garam.

Kita bisa mengganti garam yang biasa dikonsumsi dengan garam laut yang lebih rendah sodium, atau menambahkan rempah-rempah pada makanan kita agar rasanya juga lebih lezat.

Baca Juga: Hilangkan Bau Badan Secara Permanen Pakai Olesan Garam, Begini Cara Menggosoknya ke Ketiak!

6. Hindari Minuman Super Manis

Minum minuman kemasan seperti teh kemasan, susu, soda, dan jus buah atau kopi kekinian adalah beberapa minumam super manis.

Sehingga kalo kamu mau perut rata, sebaiknya menghindari minuman tersebut ya.

Dailyhunt

Ilustrasi minum air putih.

7. Minum pelarut universal

Gampangnya banyak atau cukup minum air putih, karena air adalah pelarut universal. Kita bisa mencegah kembung dan kelainan penyerapan cairan di tubuh dengan banyak minum air putih.

Selain itu, minum satu gelas air putih sebelum makan juga akan membantu kita merasa sedikit kenyang, sehingga porsi makan bisa sedikit dibatasi.

8. Mengonsumsi probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang bakal membantu berbagai fungsi di tubuh kamu, termasuk dalam pembakaran dan distribusi lemak.

Nah, kamu bisa mendapatkan probiotik dari makanan ataupun minuman yang difermentasi seperti tempe, yogurt, atau kimchi.

9. Tidur cukup

Tidur yang cukup adalah salah satu kunco mengecilkan perut yang perlu diperhatikan. Sebab, saat seseorang kurang tidur, keseimbangan hormon di tubuhnya bakal berubah dan membuat mereka menjadi lebih cepat lapar.

Jadi, kalo mau menghilangkan perut buncit sambil menurunkan berat badan, tidurlah 7-9 jam seharinya.

Tidur mendengkur

10. Jauhi Stres

Orang yang stres bakal memproduksi lebih banyak hormon kortisol yang bisa meningkatkan nafsu makan. Sehingga, orang yang stres seringkali mengalami kenaikan berat badannya.

Untuk menjauhi rasa stres, kamu bisa berlibur, melakukan hobi, atau bercerita pada orang-orang terdekat.

11. Kunyah Makanan Sampe Halus

Cara kita mengunyah makanan juga ternyata bisa berpengaruh terhadap ukuran perut lho. Sebab, jika ditelan dalam kondisi yang kurang halus, makanan tidak akan bisa dicerna dengan benar-benar sempurna. Akibatnya, perut rentan terasa kembung dan terlihat buncit.

12. Makanlah Perlahan

Untuk memaksimalkan cara makan, lakukan kegiatan makan secara mindfull.

Kalo kita makan terlalu cepat, otak tidak punya cukup waktu untuk memberikan informasi bahwa tubuh sudah mengonsumsi terlalu banyak kalori.

Makan terlalu cepat juga bakal membuat kita menelan terlalu banyak udara dan gas, sehingga berisiko merasa kembung.

13. Konsumsi cuka apel

Asam asetat yang terkandung dalam cuka apel dipercaya dapat meluruhkan penumpukan lemak di tubuh.

Meski begitu, penelitian mengenai hal ini baru dilakukan pada hewan uji, sehingga masih dibutuhkan penelitian lanjutan untuk melihat dampaknya langsung pada manusia.

Boleh sesekali menambahkan cuka apel pada makanan, jika percaya sebagian lrmak akan luruh.

14. Hindari Menelan Udara dan Gas

Minuman yang terbuat dari soda, bisa menyumbangkan gas berlebih ke saluran pencernaan kita. Nah, jika terlalu banyak, gas ini bakal bikin perut terasa kembung dan terlihat lebih buncit.

Masuknya gas berlebih ke tubuh juga bisa terjadi akibat kebanyakan mengunyah permen karet, minum melalui sedotan atau makan sambil bacot.

Foodhealth

Tegang Mulu, Nih 9 Makanan Penangkal Stres Bikin Cemas dan Depresi Turun Habis

15. Perhatikan Porsi Makanan di Piring

Untuk mengecilkan perut yang buncit, kita juga harus memperhatikan porsi makanan yang dikonsumsi.

Gampangnya lijat piring kita. Sudahkah ada sepertiga karbo, protein dan serat? untuk itu, dianjurkan juga lebih banyak mengonsumsi makanan yang terbuat dari gandum utuh seperti roti gandum dan yang mengandung asam lemak jenuh tunggal seperti alpukat, minyak zaitun dan kacang-kacangan.

16. Minum Teh Hijau dan Kopi tanpa gula

Minum teh hijau atau kopi tanpa gula dinilai dapat meningkatkan pembakaran kalori di tubuh.

Selain itu, kedua minuman ini juga bisa mengurangi ukuran lingkar pinggang dan membuat perut terlihat lebih rata.

17. Jalani intermitten fasting

Intermitten fasting adalah salah satu metode diet yang paling populer saat ini. Intermintten fasting bisa diartikan sebagai diet puasa, sebab dalam diet ini, kita diharuskan untuk berpuasa selama 24 jam dua hari seminggu, atau menggunakan hitungan 16:8, yaitu berpuasa selama 16 jam dan boleh makan selama 8 jam dalam sehari.

Selama puasa, kita masih dibolehkan minum air putih maupun minuman lain yang tidak berkalori. Diet ini dianggap sebagai salah satu cara mengecilkan perut yang paling efektif.

Baca Juga: Jajan di Kantin Sekolah, 56 Pelajar di Meksiko Keracunan Kokain di Makanannya

18. Makan ikan berlemak atau minyak ikan

Mengonsumsi ikan yang berlemak seperti salmon satu atau dua kali seminggu bisa jadi salah satu cara mengecilkan perut yang lezat untuk lidah. Pasalnya, ikan berlemak mengandung asam lemak omega-3 dan protein kualitas tinggi.

Kedua komponen tersebut dipercaya dapat mengurangi penumpukan lemak di hati dan perut. Konsumsi ikan ini juga bisa diganti dengan minyak ikan atau suplemen minyak ikan.

19. Ganti minyak goreng

Minyak kelapa mengandung medium-chain trygliserides (MCTs) yang dipercaya dapat memberikan energi dan membuat kita merasa lebih kenyang. Minyak ini juga disebut dapat bantu mengurangi ukuran lingkar pinggang, jadi mulai sekarang ganti minyak kamu.

20. Mengatur jam makan

Makan snack yang mengandung protein antara pukul 15.00-16.00 dipercaya dapat membantu mencegah perut jadi buncit. Konsumsi kudapan seperti protein bar atau kacang almond dengan apel, yang bisa memicu metabolisme dan menyeimbangkan kadar gula darah.

Semakin rendah kadar gula darah, maka semakin rendah juga kadar insulin. Sementara itu, insulinlah yang membuat tubuh menyimpan lemak di area perut.

21. Jalan Kaki

Ini bukan olahraga berat lho, lagian jalan kaki salah satu kegiatan fisik yang efektif mengecilkan perut kita. Terutama jika dilakukan pada pukul 16.00 - 17.00.

Cukup luangkan 40-45 menit untuk jalan kaki demi membantu proses pengecilan perut. Jika sudah lapar jelang makan malam, konsumsilah serat, protein, buah dan air purih agar kerj keras sore tadi nggak sia-sia. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya