HAI DEMOS : Terlahir Sebagai Band SMP, Melalui 'Sweater Kleptomaniac' Tamago Menangkap Suara Retro 80-an Hingga Awal 2000-an!

Rabu, 27 Juli 2022 | 21:15
tamago

HAI Demos : Tamago

HAI-ONLINE.COM - Tamago adalah band indie pop/alternatif beranggotakan 5 orang yang berasal dari kota Tangerang Selatan, Memulai sebagai band SMP secara sederhana, Tamago awalnya dibentuk cuma buat ngisi acara sekolah, tapi hingga saat ini nyatanya mereka masih bertahan dan aktif ditandai dengan perilisan lagu mereka 'Sweater Kleptomaniac'.

Dimotori oleh Amara Audrina (Vokal), Aqraa Sagir (Gitar Utama/Vokal), Andi Matin (Synthesizer), Darrel Amaradipta (Gitar Bass) dan Joe Ananda (Drum), secara kohesif mereka mengambil inspirasi dari artis indie/alternatif terkenal seperti The Arctic Monkeys, The 1975, Oasis, Paramore dan referensi-referensi ke budaya pop.

Pada tahun 2017, band ini memutuskan untuk merilis single pertama mereka yang dipasarkan ke teman dan keluarga- yang melihat potensi bakat mereka.

Baca Juga: HAI DEMOS : Nasbleur Bersama Single Ketiga Mereka 'Dementia' , dengan Perpaduan Genre Nan Ciamik!

Pada tahun 2018, lagu-lagu Tamago mulai menjangkau audiens di luar lingkaran mereka yang memperkuat keinginan grup untuk menjadi band yang sepenuhnya matang, dan pada tahun 2019, menjangkau pendengar internasional melalui Spotify, hingga di 2022 ini mereka merilis 'Sweater Kleptomaniac'.

Secara general, 'Sweater Kleptomaniac' punya part-part yang tertata dengan rapi dengan porsi yang pas. Alhasil, lagu Tamago satu ini menurut HAI jadi punya komposisi lagu yang nyaman untuk lo dengerin. Kalo bahasa sederhananya "ini lagu enak!".

Bagi Tamago sendiri 'Sweater Kleptomaniac' merupakan lagu soft-rock/funk yang terinspirasi dari genre City Pop. Lagu ini adalah lagu yang melankolik, dan menangkap suara retro 80-an hingga awal 2000-an sambil memberikan sentuhan yang sedikit modern khas Tamago.

Baca Juga: HAI DEMOS : Mengusung Genre Pop Punk, Harson Turut Mewarnai 'Up & Down' dengan Pola Hit Hat Ala Trap!

Secara teknikal, sound drum di 'Sweater Kleptomaniac' ini terdengar bak city pop. Dari segi warna, walaupun dibilang mengusung city pop, tapi HAI dengernya lagu ini lebih berasa suasana dream pop.

Kenapa? Karena dari mixing-an vokal, irama vokalnya dan pengambilan iramanya itu menurut HAI dream banget. Kalau Tamago bilang 'Sweater Kleptomaniac' adalah lagu funk, HAI dengernya agak kurang kuat ya.

Tapi uniknya, lagu Tamago ini punya karakter vokal yang bagus. Sehingga rasanya suasana yang terbangun dari vokal dan musiknya itu menjadi satu perpaduan yang pas gitu.

tamago

HAI Demos : Tamago

Dijelaskan oleh Tamago, 'Sweater Kleptomaniac' menyanyikan tentang situasi berhubungan di dunia modern. Di zaman ini, mudah bagi orang-orang untuk melupakan apa yang penting, dan daripada menemukan solusi untuk masalah mereka, mereka malah melampiaskannya pada orang lain.

Baca Juga: HAI DEMOS : Menyelami Suasana Naik Turun ‘Psychic ills’ Dalam POV Bipolar Disorder Bersama Cherished!

Banyak yang memulai pertengkaran dengan pasangan tentang sesuatu yang sangat kecil (seperti tidak mengembalikan sweater yang dipinjam) padahal sejujurnya, itu hanya proyeksi perasaan yang dipendam seseorang.

Gimana kira-kira sob? Relate nggak lo?

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya