Ini Dia 3 Band Rock asal Inggris yang Jadi Pengaruh Black Sabbath!

Sabtu, 23 Juli 2022 | 20:35
WireImage

Black Sabbath punya daftar 3 band besar asal Inggris yang jadi pengaruh terbesar mereka.

HAI-Online.com-Black Sabbath punya daftar 3 band besar asal Inggris yang jadi pengaruh terbesar mereka.

Dibentuk di Birmingham, Inggris pada tahun 1968, Black Sabbath telah menjadi band heavy metal yang punya pengaruh yang besar di dunia musik.

Eits tapi di balik itu semua, Black Sabbath punya beberapa band atau musisi favorit yang mempengaruhi perjalanan musik Black Sabbath.

Bahkan secara terang-terangan dalambiografimereka di situs resmi band, Black Sabbath mengatakan kalau mereka dipengaruhi oleh tiga grup band terkenal asal Inggris.

Nah simak 3 band besar asal Inggris yang berpengaruh buat musik Black Sabbath! Check this out!

Baca Juga: Gencar Tolak Perang, Simak 5 Lagu Anti-Perang dari Band Cadas Pilihan HAI!

1. Led Zeppelin

MeskipunLed Zeppelindan Black Sabbath dibentuk pada tahun yang sama, band yang dipimpin olehJimmy Pageitu lebih dulu merilis album debut mereka pada tahun 1969, satu tahun sebelum Black Sabbath.

Album Led Zeppelin Iitu punyadampak besar buat Ozzy Osbourne dan Black Sabbath.

Led Zeppelin adalah inspirasi terbesar Black Sabbath di ranah musik.

Seperti yang diingatOzzy Osbournedalam sebuah wawancara untuk film dokumenter History Of Rock and Rolldi tahun 1995.

“Gue ingat pernah mendengarkan album Zeppelin pertama.Itu seperti menghirup udara segar yang luar biasa bagi seseorang saat sedang melakukan. Sesuatu yang dapat diterima tetapi sangat berbeda,” ucap Ozzy Osbourne.

Dalam wawancara yang berbeda di tahun 2007, Osbourneingat dalam percakapan denganLauch Radio Networkssaatdia sedang berjalan di Birmingham dengan bassis Black Sabbath,Geezer Butler.

"Dua album pertama [Led Zeppelin] punya dampak yang besar buat gue dan kehidupan gue.Mirip dengan The Beatles ketika gue pertama kali mendengarnya,” pungkas Ozzy Osbourne.

Baca Juga: Dari Led Zeppelin hingga Sex Pistols, Ini 6 Band yang Mengubah Hidup Dave Grohl!

2. Cream

Band Cream sepertinya jadi salah satu band yang pernah di-cover Black Sabbath saat masih memakai nama Earth di panggung-panggung bar.

Dalam sebuah wawancara denganFor Bass Players Onlypada tahun 2021, bassist Geezer Butler mengingat pengaruh besar yang dimiliki Jack Bruce (Cream) kepada dirinya dan Black Sabbath.

“Gue dulu bermain gitar ritme dan gitar ritme sudah ketinggalan zaman saat itu. Guepergi menemui Cream di klub lokal dan terpesona menonton Jack Bruce,"

Permainan bass Jack Bruce pada momen itu langsung merubah haluan Butler untuk menjadi seorang pemain bass.

"Kemudian ketikagueberkumpul dengan Tony, Bill dan Ozzy.Tonynggakmau punya gitaris ritem di band. Gue langsung bilang, 'Gue akan main bass kalau gitu'," ungkap Butler.

Sayangnya, saat Black Sabbath merilis album pertama mereka, karir bermusik Cream telah selesai.

Baca Juga: Serem Ih! 3 Rocker Ini Cerita Tentang Paranormal Experience Mereka

3. John Mayall & The Bluesbreakers

Gitaris Black Sabbath, Tony Iommi, telah mendaftarkan band ini sebagai salah satu pengaruh terbesarnya, terutama permainan yang menawan dari Eric Clapton.

Selama percakapan denganThe Heraldpada tahun 2018, Iommi pernah bercerita tentang siapa saja musisi yang mempengaruhinyadi masa awal Black Sabbath.

"Ada [Led] Zeppelin dan Cream.Guejuga suka [Eric] Clapton.Kami melakukan beberapa pertunjukan di hari-hari awal denganJohn Mayallyang sangatgue suka," ucap Tony Iommi.

Baca Juga: Ozzy Osbourne Posting Lagu 'I Love You All' Sebelum Menjalani Operasi yang Bakal Nentuin Sisa Hidupnya

John Mayall & The Bluesbreakers adalah grup musik di mana banyak gitaris terkenal bermain sebelum mereka bergabung dengan band-band sukses lainnya seperti Eric Clapton, Peter Green (Fleetwood Mac) dan Mick Taylor (Rolling Stones).

Iommi juga mengungkapkankekagumannya dengan permainan gitar dari Eric Clapton.

Itu bahkan juga jadi pengaruh buat Black Sabbath secara nggak langsung.

"Gue sangat suka musik blues yang dimainkan dengan gitar yang terdengar lebih modern, tentu saja permainan Clapton. Ya begitulah cara kami pergi, [tapi] hanya menghasilkan lebih banyak hal buruk," tambahnya.

(Arlingga Hari Nugroho)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya