Kolaborasi Bisnis Mahasiswa ITB dan Universitas Prasmul Menangi Ajang Mondelez ‘Taste The Future Business Challenge’

Kamis, 07 Juli 2022 | 07:21

Tim gabungan mahasiswa ITB dan Universitas Prasmul

HAI-Online.com– Mondelez Indonesia baru saja mengumumkan pemenang kompetisi bisnis virtual Taste The Future Business Challenge tingkat nasional (National Showdown).
Tingkat pertama ini telah sukses dimenangkan oleh dua mahasiswa ITB ditambah dua lagi dari Universitas Prasetiya Mulya.
Mereka adalah Hisham Suryadinata (Institut Teknologi Bandung), Muhammad Farrel Hardjanto (Universitas Prasetiya Mulya), Rifqi Asqal Herial (Universitas Prasetiya Mulya) dan Elshanti Nabihah Salma (Institut Teknologi Bandung).
Baca Juga: Inspiratif, Anak Pegawai Perusahaan Furniture Ini Jadi Lulusan Terbaik Unsoed, Segera Jadi Dokter Gigi!
Keempat mahasiswa ini bergabung dalam tim Genesis untuk mewakili Indonesia dalam memecahkan tantangan dunia bisnis di masa depan dengan berbasis metode design thinking.
Setelah melewati tahap seleksi yang panjang, tim Genesis ini yang bakal berlaga di ajang kompetisi bisnis virtual mahasiswa untuk tingkat Asia Tenggara pada Rabu (6/7/2022).
Mereka pun bakal bertemu tim lawan mahasiswa terbaik dari MYSG (Malaysia dan Singapore), Vietnam, Thailand, dan Filipina.
Berbagai persiapan pun telah dilakukan, baik dari Mondelez International selaku penyelenggara maupun tim pemenang, sebagai persiapan untuk memenangkan persaingan memecahkan tantangan dunia bisnis yang berbasis metode design thinking ini.
Nadiasari Wahyuhardini selaku HR Country Lead Mondelez Indonesia menjelaskan, hadirnya kompetisi ini merupakan wujud komitmen Mondelez International dalam mencari talenta terbaik yang siap bersaing untuk menghadapi tantangan bisnis masa depan.
“Berbekal pengalaman ketatnya proses seleksi di tingkat nasional, kami optimis tim perwakilan dari Indonesia bisa menunjukkan prestasi terbaiknya dan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional,” jelas Nadia saat preskon secara virtual, Rabu (6/7/2022) kemarin.
Menurut Nadia, Tim Genesis telah berhasil menjadi pemenang National Showdown setelah mampu memenuhi seluruh aspek kriteria penilaian.
Mereka dikatakan berhak mendapatkan uang tunai sebesar USD 1,000 dan eksklusif merchandise dari pihak Mondelez.
"Selain itu, Tim Genesis juga berhak mendapatkan akses eksklusif percepatan karir dalam Taste The Future Management Trainee Program atau Taste The Future Internship Program, yang merupakan program early careers dari Mondelez International. Kemudian, nantinya untuk pemenang di tingkat regional Asia Tenggara mereka juga akan mendapatkan kesempatan hadiah tambahan sejumlah USD 1,000,” ungkap Nadia lagi.
Baca Juga: UGM Sabet Juara Umum 3 Dalam Kontes Robot Indonesia 2022
Muhammad Farrel Hardjanto sebagai perwakilan dari Tim Genesis mengungkapkan antusiasme dan testimoni selama mengikuti kompetisi ini.
“Kami merasa sangat senang dan terhormat bisa menjadi pemenang, melihat ada banyak sekali tim hebat dengan ide yang luar biasa. Kami juga bersyukur dapat melalui tahapan National Showdown dengan baik dan mendapatkan hasil maksimal. Maka dari itu, kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Mondelez International selaku penyelenggara Taste The Future Business Challenge,” ungkap Farrel.
Senada dengan Ferrel, Hisham Suryadinata dari ITB selaku Team Leader Genesis juga mengungkapkan rasa syukur sebagai pemenang terpilih.
“Merupakan sebuah kebanggaan yang luar biasa bagi kami untuk mewakili Indonesia di tingkat regional. Kami berharap perjalanan kami tidak berhenti sampai disini dan saya ucapkan selamat berjuang untuk kita semua!,” ungkapnya.
Taste The Future Business Challenge merupakan ajang kompetisi bisnis virtual tingkat Asia Tenggara persembahan dari Mondelez International, untuk memecahkan tantangan dunia bisnis di masa depan dengan berbasis metode ‘design thinking’.
Kompetisi ini telah berlangsung sejak akhir Maret hingga Juni 2022 dan terbuka bagi seluruh mahasiswa, baik tingkat sarjana (S1) maupun pascasarjana (S2) dengan kualifikasi terbaik di kawasan Asia Tenggara.
Pada tahap National Showdown Indonesia, kompetisi tahun ini diikuti 73 tim dari seluruh wilayah Indonesia, meliputi perwakilan universitas dari Jawa, Sumatera dan Sulawesi.
Lebih lanjut mengenai kriteria penilaian, berikut 5 komposisi yang dikedepankan pada kompetisi kali ini meliputi; Pemahaman pengguna dan kualitas penelitian pada tahap Empati; Ketajaman artikulasi terhadap peluang dan pernyataan HMW (How Might We); Ide solusi yang jelas, berkelanjutan, dan inovatif (diinginkan, layak, dan dapat dipertanggungjawabkan); Umpan balik pengguna dimasukkan secara efektif ke dalam prototipe yang disempurnakan sebagai hasil dari tahap pengujian; serta dampak keseluruhan dari ide.
Baca Juga: Ada Lomba Mural Unik di Jogja, Kalo Dihapus Aparat Bakal Dapet Nilai Lebih!
“Kami berharap kompetisi ini bisa menjadi inspirasi bagi kita semua untuk bersama meningkatkan kualitas dan kompetensi dari generasi muda agar senantiasa siap menjawab tantangan bisnis di masa depan, baik di Indonesia maupun di tingkat internasional,” tutup Nadia. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya