Jadi Profesi yang Menjanjikan, Begini Cara Jadi Atlet eSport Profesional

Senin, 04 Juli 2022 | 15:02
DOK. Shutterstock

Ilustrasi atlet eSport

Hai-Online.com –Sejakdiakui oleh pemerintah Indonesia sebagaicabang olahraga resmi, olahraga elektronik atau eSport menjadikompetisi bergengsi incaran paragamer.

Selain mendatangkan cuan, mengikuti kompetisi inibisa membuat lo menjadigameryang diperhitungkan.

Bukan cuma itu, lo juga punya kesempatan untuk bertemu banyak atlet eSport dari berbagai negara.Jika beruntung, bisa jadi lo juga diajak untuk berkolaborasi di kompetisi internasional atau bergabung dengan tim baru.

Di Indonesia,dukunganserta animo dari pemerintah dan masyarakatterhadap eSport juga tergolong positif.

Pemerintah bahkanmembentukwadah untukmengakomodasikebutuhanpara atleteSport, yaituIndonesia eSports Association (IeSPA).

Bagi lo yang tertarik menjadi atlet eSport, modal kemauan saja enggak cukup. Pasalnya, selain perlu banyak latihan, atlet eSport juga membutuhkan fisik yang prima dan konsentrasi yang tajam. Tujuannya, tentu agar setiap kompetisi bisa dimenangkan sampai akhir.

Baca Juga: Trio Lestari Hadirkan Sosok Glenn Fredly di Prambanan Jazz Festival 2022

Lalu, bagaimana agar bisa menjadi atlet eSport yang kompetitif di setiap pertandingan? Berikut beberapa cara yang bisa lo lakukan.

  1. Fokus dengan satugame
Fokusmengasahskillpada satugamemerupakanlangkah awal untuk menjadi atleteSport yangkompetitif. Sebab, dibutuhkan jam terbang tinggi untuk bisa menguasai strategi dalam setiap permainan.

Dengan fokus pada satugameyang ingin dikuasai, lo jadi punya waktu untuk mengeksplorasi beragam trik bermain.Tentukanjadwal latihan rutin serta target yang ingin dicapai setiap harinya. Cara ini bertujuan agar lo tetap bisa termotivasi.

  1. Carirole model
Seorangatletprofesional harus selalu memilikimindsetjuara. Ketika semangat sedang turun,lo bisa memotivasi diri dengan mengingat semua keberhasilan yang sudah dicapai.Jika masih kurang termotivasi, lo bisamenjadikan atlet eSport profesional sebagairole model.

Baca Juga: Fiersa Besari Bocorin Lagu Baru di Prambanan Jazz Festival 2022

  1. Bentuk tim dan ikut komunitas
Selain rajin berlatih, lo juga harus bergabung ke dalam komunitas. Lewat komunitas, lo bisa mendapat lebih banyak info tentang turnamen serta trik dan tips dari sebuahgame. Lewat komunitas, lo juga bisa mendapatkan info tentang cara melakukandebutdari game yang lo tekuni.

Langkah serupa juga dapat dilakukan ketika ingin membentuk tim. Apabila member komunitas memiliki level reputasi yang sama, lo bisa memberi undangan terbuka agar mereka tertarik bergabung.

  1. Jaga kesehatan
Untuk menjaga konsentrasi, hindari tidur terlalu larut. Jika ingin berlatih dalam waktu lama, pastikan lo tidak lupa mengonsumsi banyak air putih dan makanan bergizi.

Lakukan olahraga ringan seminggu dua kali agar badan tetap banyak bergerak. Hal ini juga berlaku ketika lo akan mengikuti turnamen beberapa hari sebelumnya.

  1. Lengkapikebutuhangaming
Selain keempat tips di atas, hal lain yang perlu lo persiapkan adalah peralatan gaming yang mumpuni. Apabila sering bertanding bersama tim secara virtual, siapkan jugawebcam,headset, serta kursigamingberkualitasagar bermain terbebas dari pegal.

Jika masih belum lengkap, enggak ada salahnya untuk mulai mencicil peralatan dari sekarang. Salah satunya dengan berbelanja melaluie-commerceLazada.

DOK. Lazada

Lazada 7.7

Menjelang pertengahan tahun,Lazadamengadakan promo 7.7 Mid-Year Sale di tanggal 5 - 7 Juli mendatang.Wujudkan impian lo jadipro player eSportmulai dari mencicil beli peralatangamingdi Lazada.

Mengusung temaBikin PolTengah Tahun”,Lazadamenghadirkan tiga programlivestream, yakni LazTalent, Diskon Nendang (Kondang), dan Main di Rumah Aja. Ketiga acara tersebut akan disiarkan langsung melalui fitur LazLive di aplikasiLazadamulai 28 Juni sampai 4 Juli 2022.

Lewat promo 7.7 Mid-Year Sale, Lazada menghadirkan promo harga spesial serba Rp 7.000, Crazy Flash Sale setiap hari di jam-jam tertentu, dan gratis ongkos kirim (ongkir) ke seluruh Indonesia tanpa minimal pembelian.

Selain itu, Lazada juga akan membagikan bonus dadakan hingga Rp 770.000 untuk pengguna yang beruntung. Bonus tersebut dapat langsung dipakai untukcheck outproduk melalui aplikasi Lazada.Yuk, segera beli kebutuhangamingdi Lazada dari sekarang!

Editor : Wandha Nur Hidayat