Dari Led Zeppelin hingga Sex Pistols, Ini 6 Band yang Mengubah Hidup Dave Grohl!

Senin, 27 Juni 2022 | 20:00
Kerrang

Ada nama-nama seperti Led Zeppelin dan Sex Pistols yang memengaruhi Dave Grohl saat remaja.

HAI-Online.com-Dave Grohl pernah menceritakan 6 band yang mengubah hidupnya sejak kecil.

Ada nama-nama seperti Led Zeppelin dan Sex Pistols yang pernah mengisi masa remaja Dave Grohl.

Pentolan band Foo Fighters ini juga bilang kalauband-band ini nggak cuma hadirsesaat aja, tapi mampu memengaruhi Dave Grohl hingga gimana caranya doi bermain musik.

Nah ini dia 6 band yang mengubah hidup Dave Grohl! Check this out!

Baca Juga: Dave Grohl: Queens of the Stone Age adalah Band Rock Terbaik!

Led Zeppelin

Ada dua drummeryang selalu disebut Dave Grohl sebagai pengaruh terbesarnya saatremaja. Salah satunya adalah John Bonham, drummer dari musik rock Inggris, Led Zeppelin.

“John Bonham adalah drummer rock terhebat sepanjang masa,” tulis Grohl untuk sebuah lagu diMojo.

Dari lagu-lagu Led Zeppelin yang dimainkan John Bonham, Dave Grohl belajar untuk bermain musik dengan hati.

“Bonham bermain langsung dari hati.Permainan drumnya sama sekali tidak sempurna, tetapi ketika dia memukul alur, itu sangat dalam seperti detak jantung,” tambahnya.

Rush

Sama halnya seperti John Bonham, drummer Rush, Neil Peart menjadi sosok yang nggak bakal bisa dilupain oleh Dave Grohl.

“Gue masih ingat dengan jelas saat pertama kali dengerin [lagu Rush] '2112′ ketika gue masih muda,” tulis Dave Grohl pada salah satu postingan di Instagram Foo Fighters di tahun 2020.

“Ini adalah pertama kalinya gue benar-benar mendengarkan seorang drummer.Dan sejak hari itu, musik nggak pernah sama lagi.Kekuatan, presisi, dan komposisinya nggak tertandingi.Dia disebut 'Profesor' karena suatu alasan: kita semua belajar darinya,” tulisnya.

Led Zeppelin dan Rush telah meraih masa kejayaan dengan cara masing-masing. Album-album mereka telah menjadi soundtrack kehidupan Dave Grohl muda.

Baca Juga: Diluar Nirvana dan Foo Fighters, Ini 3 Side Project Asik Dave Grohl!

AC/DC

Sebelum Dave Grohl menjadi seorang punk rocker, doi adalah seorang hard rocker dengan AC/DC di pikirannya.

“Ini sebelum gue jadi punk rock. Itu adalah pertama kalinya gue melihat pertunjukan [AC/DC di film] dan mendengar musik yang membuat gue ingin memecahkan sesuatu,” kata Grohl kepada Blabbermouth.

Dave Grohl teringat ketika usianya mulai menginjak 10 tahun, doi pergi menonton film live concert AC/DC ‘Let There Be Rock’ di bioskop yang dirilis pada tahun 1980.

“Dan masih, sampai hari ini, gue menggunakannya sebagai referensi gimana gue bermain saat manggung. Gue ingin jadi seperti AC/DC, Let There Be Rock. Itu adalah band live,” imbuhnya.

KISS

Band lain yang memukau Dave Grohl adalah KISS, tentu saja dengan aksi panggung Gene Simmons.

Dave Grohl bahkan pernah menyanyikan ulang lagu ‘Rock and Roll All Nite’ dalam sesi The Hanukkah Sessions 2021 ‘Night Eight’.

Dalam video yang diunggah di akun YouTube Foo Fighters, nggak tanggung-tanggung Dave Grohl juga menghias wajahnya dengan gaya make upala Gene Simmons.

Dengan tangan menggebuk drum, doi juga berperan menyanyikan lagu anthem dari KISS itu.

Baca Juga: Pertama Kali Dave Grohl Dengerin Soundgarden - Black Hole Sun: Gila!

Sex Pistols

Selain masa-masa musik hard rock, Dave Grohl muda pernah berubah menjadi seorang punk rocker. Seperti punk rocker lainnya, hanya ada satu nama band yang selalu disebut-sebut, Sex Pistols.

“Gue dapat mengingat dengan jelas foto-foto band pada masa itu, orang-orang yang terlihat kejam dengan pakaian robek, Sid Vicious berlumuran darah,” ungkap Dave Grohl kepada BBC saat mengingat Sex Pistols tur ke Amerika.

“Gue berkeliling sepanjang hari menyanyikan 'Bodies’, subjek yang menjijikkan untuk sebuah lagu, aborsi, dan… betapa fantastisnya kami bisa menyanyikannya,” tambahnya.

The Beatles

“Lagu Beatles pertama yang pernah gue denger, dan itu mungkin rekaman pertama yang gue dengerin,” ungkap Dave Grohl kepada BBC.

Momen itu terjadi ketika Dave Grohl untuk pertama kalinya mendengarkan lagu The Beatles ‘Hey Jude’ saat masih berusia 4-5 tahun.

Baca Juga: Ringo Starr: Kurt Cobain Itu Laki-laki Hebat, Emosional dan Pemberani!

Di usia segitu, doi sama sekali belum kenal dengan musik rock n roll, tapi justru lagu ‘Hey Jude’ jadi lagu yang paling diingat olehnya sejak masih kecil.

“Gue nggak berpikir gue bakal mendengarkan rekaman rock 'n' roll, dan ini adalah perkenalan gue, dan itu melekat pada saya sejak itu,” imbuhnya.

(Arlingga Hari Nugroho)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya