Mulai Dari Reseller hingga Affiliate Marketing, Ini Bisnis Online Sampingan yang Cuma Bermodal Smartphone

Selasa, 29 Maret 2022 | 10:38
Shutterstock

Bisnis online sampingan bisa jadi ladang cuan untuk mengisi waktu luang.

HAI-Online.com–Di tengah situasi serba enggak pasti seperti sekarang, banyak orang yang berusaha keras agar tetap bisa menghasilkan cuan. Salah satunya dengan melakukan pekerjaan sampingan.

Selain untuk menambah pemasukan, pekerjaan sampingan juga kerap dijadikan sebagai pengisi waktu luang agar lebih produktif dan bermanfaat.

Meski sering dianggap sebagai ajang coba-coba atausekadariseng,enggak jarang beberapa orang malah mendapatkan keuntungan lebih besar dari pekerjaan sampingan yang mereka miliki.

Oleh karena itu, buat kamu yang ingin menambah penghasilan atau sekadar mengisi waktu luang, memiliki pekerjaan sampingan bisa jadi pilihan tepat. Siapa tahu, kamu bisa menyalurkanpassionsambil meraup keuntungan.

Baca Juga: 13 Pekerjaan yang Nggak Bakal Tergantikan Robot di Masa Depan, Salah Satunya Penyanyi!

Apalagi, kini semakin banyak pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan hanya bermodal smartphone danjaringan internet. Penasaran? Simak daftarrekomendasi pekerjaan sampinganberikut.

1. Reseller

Ingin berjualan, tapi belum punya cukup modal atau kemampuan untuk memproduksi barang sendiri? Kamu bisa mulaiberjualansebagai resellerdulu.

Sederhananya,reselleradalah orang yang menjual kembali produk yang diambil dari supplier.Sebagaireseller, kamu bisa mengatur stok barang sesuai kebutuhan dan mengontrol kualitas barang yang akan dijual.

Supplierjuga biasanya memberikan diskon atau harga spesial yang lebih murah dibanding harga pasaran bagi parareseller.Jadi, kamu bisa membeli produk tersebut dengan harga yang lebih murah dan menjualnya dengan harga normal di pasaran.

Baca Juga: Pernah Mengalami Burnout? Ketahui Nih Pengertian dan Ciri-cirinya

Kamu pun enggak perlu bingungmemikirkancara untukmempromosikan produk. Cukup bermodalkansmartphone, kamu bisamemanfaatkanplatform media sosial dan e-commerceagar produk jualanmu bisa menjangkau lebih banyak orang.

2. Kontributor fotoonline

Bagi kamu yang hobi fotografi, enggak ada salahnya mencoba menjadi kontributor foto online.Ketimbanghanya dipajang di media sosial, kamu bisamenjadikan foto-foto hasil jepretanmusebagaisumber cuan.

Saat ini, banyak situs atau aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk menjualkarya fotografi kamusecaraonline, seperti iStockphoto, Shutterstock Contributor, dan Bigstockphoto.

Nah, supaya hasil foto lebih profesional dan dilirik banyak orang, kamu perlu menggunakan perangkatsmartphonedengan kualitas kamera yang mendukung, misalnyaSamsung Galaxy Z Fold.

Baca Juga: Cara Bikin Linktree buat Dipasang di Bio Medsos, Gampang Banget!

Dilengkapi Rear Triple Camera 12MP dan Front Camera 10MP,smartphoneini mampu menghasilkan fotoyang jernih dan beresolusi tinggi.Kamera juga dilengkapi fitur Bright Mode dan Night Modeuntuk memaksimalkan pengambilan gambar di segala kondisi cuaca.

Kamu bisa intip spesifikasi lengkapSamsung Galaxy Z Folddie-commerceLazada.

3. Podcaster

Dunia podcastkini semakinboomingdi Indonesia. Apalagi, dengan hadirnya beragam platform penyediapodcast, semua orang bisa mengakses dan mendengarkanpodcastdi manasajadan kapan saja.

Kemudahan tersebut pun membuat banyak orang mulai tertarik berkarya sebagai podcaster. Sama halnyasepertiyoutuberataublogger,podcasterbisa mendapat keuntungan dari iklan danendorsement.

Baca Juga: Gemar Nyimak Kisah Misteri dan True Crime? Podcast ‘Tinggal Nama’ Sajikan Kisah yang Bikin Kamu Penasaran Terus

Nah, buat kamu yangceriwis, suka bercerita,atau bercita-cita menjadi penyiar radio, podcaster bisamenjadi pekerjaan sampingan sekaligus hobi yang menyenangkan.

Membuatpodcastbisa dilakukan melaluismartphone, baik lewat suara rekaman maupun siaran langsung. Supaya hasil suaramu tetap jernih, pastikan tidak ada gangguan suara lain di sekitarmu. Selain itu, gunakansmartphonemumpunisupaya kualitas suara yang dihasilkan bagus.

4. Affiliate marketing

Selainpodcaster, pemasaran afiliasi atau affiliate marketingmenjadi salah satu pekerjaan sampingan yang cukup populer saat ini, terutama di kalangan anak muda.

Tugas seorangaffiliate marketingadalah mempromosikan suatu produk dengan mencantumkanlinktertentu. Apabila ada konsumen yang membeli produk melalui link yang kamupromosikan, kamu akan mendapatkan komisi dari perusahaan pemilik produk tersebut.

Baca Juga: Adaptasi Masa Pandemi Bikin 5 Pekerjaan Ini Jadi Paling Banyak Dicari di 2022

Untuk menjadi seorangaffiliatemarketing, kamu harus melakukan registrasi pada program afiliasi yang disediakan oleh perusahaan.

Pekerjaan ini akan mengasah kreativitasmu dalam mempromosikan produk, baik melalui foto, video, maupun layananlive stream.Nah, supaya tampilan produk lebih menarik, pastikan kamu menggunakansmartphonedengan kamera mumpuni.

Saat ini,smartphonememang telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, termasuk untuk menunjang urusan pekerjaan. Oleh sebab itu,smartphonemumpuni yang bisa digunakan untuk berbagai aktivitas menjadi incaran.

Jangan khawatir, kamu bisa temukan berbagai jenissmartphoneyang sesuai dengan kebutuhanmu dengan harga spesial di platforme-commerce Lazada.

Baca Juga: Studi Lazada Ungkap 3 Skills yang Harus Dimiliki Talenta Muda untuk Hadapi Ekonomi Digital

Dalam rangka merayakan ulang tahun ke-10,Lazadaakan menghadirkan festival belanja yang bertabur banyak promo menarik bertajukLazadaEpic 10th Birthday. Gelaran ini akan berlangsung pada 27-29 Maret 2022.

Dok. Lazada

Lazada Epic 10th Birthday Sale akan berlangsung hingga 29 Maret 2022.

Beragampromo belanja menarik dapat kamu manfaatkan selama festival belanja tersebut berlangsung, seperti gratis ongkos kirim (ongkir) tanpa minimal pembelian, bonus dadakan hingga Rp 1.000.000, Crazy Flash Sale Rp 1, dan Buy 1 Get 1.

Selain itu, terdapat juga promo Cuma Bayar 10% untuk beragam kategori produk pilihan dan diskon hingga 85 persen untuk produk dari sejumlahbrand ternama.

Setiap hari, kamu juga berkesempatan memenangkan Birthday Lucky Ticket yang bisa diklaim untuk membeli sepeda motor, televisi (TV), dansmartphonedengan harga Rp 10.000 saja. Tiket tersebut dapat kamu peroleh di laman utama ketika membuka aplikasiLazada.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengikuti beragam program hiburan yang tersedia di aplikasiLazada, sepertigameLazzie Star – Cake Master berhadiah tiga unit apartemen mewah danLazadaBirthday Wishlist bertaburvoucherbelanja senilai jutaan rupiah.

Jangan sampai kelewatan, segera kunjungi situs web Lazadaatau download aplikasi Lazada di ponsel kamuuntuk dapatkan pengalaman belanja yang seru dan menguntungkan!

Editor : Sheila Respati