Kapan Mulainya? Ini 5 Bocoran Cara Merintis Bisnis Startup yang Sukses

Jumat, 11 Maret 2022 | 11:11

Mau bikin bisnis

HAI-Online.com- Pada masa kini, banyak lho anak muda yang tengah mencari cara untuk memulai bisnisstartup.Mereka percaya bisnis satu inipunya peluang usaha yang menjanjikan untuk dijalani.

Karena itu juga, membangun sebuah bisnis startupyang sukses adalah impian banyak orang, sehingga dibutuhkan cara dan langkah yang tepat sebelum memulainya, agar mampu bersaing di pasar yang penuh persaingan.

Nah, spill dong caranya? Iya, memang terdapat beberapastepyang harus dilakukan pebisnis muda sebelum menjadikan bisnisstartupberjalan dan menjadi sukses, karena setiap langkah yang harus ditempuh punya peranan penting dalam perkembangan bisnisstartupyang mau dibangun.

Baca Juga: Siapa Aja Sih yang Pake 'Bahasa Jaksel'? Ternyata, Bukan Cuma Anak Muda Lho

Yang perlu digarisbawahi,Startupsendiri hadir bagai sebuah ide brilian yang muncul dari masalah sosial pendirinya, dengan tujuan untuk memberi jalan keluar dari masalah tersebut.

Meskipun awalnya bisa dibilang konsep bisnis di kepala sendiri biasanya belum terbentuk secara sempurna, namun akar tujuannya sudah harus dipikirkan.

Biasanya,startuphanya berdiri berdasarkan ketidakpastian atau hanya sekadar ikut-ikutan belaka karena tidak memahami dan mengikuti cara yang tepat sebelum memulainya, sehingga banyak nih,startupyang baru muncul harus tenggelam akibat kesalahan mereka.

Nah, biar nggak salah langkah pas akan memulainya bisnis Startup kamu ikutin 5 cara ini menurut buku The Lean Startup.

1. Bisnis yang Simpel tapi Solutif

Alih-alih mencari ide bisnisberdasarkan tren yang lagi populer saat ini, kamu dapat mencari ide lain yang jauh lebih sederhana, tapi memberikan manfaat bagi konsumen dengan kepuasan yang luar biasa.

Beberapa ide bisnis ini bisa kamu dapatkan berdasarkan pengalaman pribadi, atau permintaan konsumen saat itu yang dapat kamu realisasikan menjadi sebuah produk dan jasa yang pastinya akan memberikan dampak dan pengalaman memuaskan.

Pastikan ide bisnis yang akan kamu jalankan bersifat orisinal, inovatif, dan kreatif sehingga bisa memberikan produk atau jasa yang tidak cuma memenuhi kebutuhan konsumen, tapi juga tampak unik dan menarik.

Baca Juga: Inilah 5 Founder Startup Asal Indonesia Lulusan Teknik Komputer

2. Targetnya Jelas dan Spesifik

Tetapkanlah target yang ingin kamu tuju dari bisnis kamu, tuliskan secara jelas dan spesifik.

Menetapkan target secara jelas dan spesifik itu akan memudahkan kamu untuk mengambil langkah dan tujuan yang pasti, agar mampu bersaing dan berinovasi di pasar yang semakin ketat.

Jangan ragu atau tanggung ketika menetapkan target bisnis yang ingin dituju, agar usaha dan kerja keras yang kamu dan tim lakukan bisa sebanding dengan hasil yang akan didapatkan.

3. Survei dan Analisis Target juga Selera Pasar

Sebelum produk atau jasa yang akan ditawarkan rilis atau hadir di pasaran, alangkah lebih baik jika kamu melakukan survei dan analisis terhadap konsumen dan selera mereka.

Ini penting dilakukan agar nantinya bisnisstartupyang kamu kelola bisa memuaskan keinginan dan kebutuhan pelanggan, alih-alih hanya mencari keuntungan belaka.

Setelah mengetahui target dan selera pasar yang dituju, kamu bisa berinovasi untuk mengembangkan produk dan jasa, hingga mengeluarkan sesuatu yang baru di pasar.

Baca Juga: Cegah Risiko Menganggur Muda, Prestasi Junior Indonesia Lanjutkan Program Kewirausahaan untuk 13.358 Pelajar SMA/SMK di Indonesia

4. Beri Tenggat Waktu untuk Target yang Mau Dicapai

Penting sekali lho menentukandeadlinebagi target bisnis yang ingin kamu capai sebagai bahan acuan untuk bisa terus bergerak dan berinovasi, agar bisa bersaing dengan baik dan lancar di pasar

Tenggat waktu yang kamu tetapkan juga bisa membuat rencana yang sudah tersusun bisa berjalan dengan lancar jika mampu mencapai target yang diinginkan.

Sehingga, saat tujuan sebelumnya telah tercapai, kamu bisa menetapkan tujuan baru yang lebih tinggi dengan tenggat waktu yang sudah diatur juga seperti sebelumnya.

5. Bangun Tim yang Solid dan Positif

Terakhir, cara paling penting untuk mengembangkan bisnisstartupadalah dengan membangun sebuah tim yang kuat dan positif, agar mampu memiliki fokus dan tujuan yang sama, sehingga target yang diinginkan bisa tercapai.

Buatlah budaya kerja yang menyenangkan, tapi tetap profesional sesuai denganjob deskmasing-masing, agar tidak membebankan terlalu banyak pekerjaan pada salah satu karyawan.

Setelah mampu membuat hubungan yang kuat dan positif melalui budaya kerja yang transparan, terus fokus untuk tetap pada jalur yang sudah ditetapkan supaya bisnisstartupyang kamu bangun bisa terus tumbuh besar.

Kelima cara dalam membangun bisnisstartupini akan sangat menolong kamu dalam mengambil keputusan dan langkah yang tepat sebelum membuat bisnisstartupberjalan.

Kalo mau lengkapnya, buku berikut ini pun bisa menjadi bahan referensi dan pembelajaran bagi kamu yang akan memulai membangun bisnisstartupagar tidak salah arah.

BukuThe Lean Startupyang ditulis oleh Eric Ries bakal memberikan strategi yang membuat sistem kerjastartupyang kamu bangun menjadi jauh lebih efisien sekaligus tetap berguna.

Lean Startupmerupakan sebuah metode yang bisa kamu aplikasikan dalam membangun sebuah bisnisstartupagar mampu bersaing, berinovasi, dan berkembang di tengahstartup-startupyang bermunculan.

Lewat pengalamannya dalam membangun dan membesarkan berbagaistartupselama bertahun-tahun, Eric Ries mempu menciptakan sebuah metode baru, yakniLean Startup.Bukunya ada di Gramedia.com. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya