Follow Us

Cegah Risiko Menganggur Muda, Prestasi Junior Indonesia Lanjutkan Program Kewirausahaan untuk 13.358 Pelajar SMA/SMK di Indonesia

Al Sobry - Rabu, 10 November 2021 | 14:53
Salah satu peserta SSIC 2021

Salah satu peserta SSIC 2021

Nah, turut berkontribusi membantu mencegah risiko melonjaknya angka pengangguran muda, terutama dalam kondisi pandemi seperti ini, di Indonesia, Prestasi Junior Indonesia (PJI) dengan dukungan dari Citi Foundation, PT AIG Insurance Indonesia (AIG Indonesia), dan PT Marsh Indonesia (Marsh Indonesia) melanjutkan lagi konsep kewirausahaan dan menggali potensi bisnis generasi muda melalui program Student Company (SC).

Inisiatif program ini telah melibatkan 13.358 pelajar SMA/SMK sejak 12 tahun lalu terakhir dan senantiasa memfasilitasi pengembangan keterampilan berwirausaha bagi para peserta.

Baca Juga: Literasi Keuangan Remaja Indonesia Rendah, HSBC Ajak Pelajar Mapan Finansial!

Melalui pelatihan dan pemberian pengalaman langsung, serta mencetuskan dan mengoperasikan usaha mikro di sekolah, setidaknya sudah ada lebih dari 634 bisnis baru yang diciptakan para lulusannya.

Nah, khusus tahun 2021 ini program SC kembali dijalankan dengan utamanya fokus pada upaya transformasi digital dalam berwirausaha dengan melibatkan 549 pelajar dari 9 kota/kabupaten dan melahirkan 30 usaha baru beromzet total Rp 239 juta.

Pada implementasi tahun ini juga, para pelajar ditantang membuat ide bisnis yang dapat memenuhi kebutuhan dan memecahkan masalah di komunitas serta mengoptimalkan teknologi digital dalam strategi dan operasionalnya.

Nggak heran, program tahun berdampak memberikan manfaat kepada para pelajar di 30 SMA/SMK di 9 kota/kabupaten di Indonesia, mencakup Jakarta, Bogor, Tangerang Selatan, Bandung, Bandung Barat, Semarang, Surabaya, Sidoarjo, dan Denpasar.

Dari rangkaian program SC 2021 inilah, Indonesia Student Company of the Year Competition (ISCC) 2021 digelar pada Sabtu (6/11) lalu untuk memilih tim terbaik yang akan memperoleh kehormatan mewakili Indonesia pada kejuaraan bisnis tingkat Asia Pasifik tahun depan.

Baca Juga: Kolaborasikan Ilmu Bisnis dan Teknologi, Universitas Prasmul Fokus Bangun Kewirausahaan Unggul

Peserta terbaik itu antara lain Qreate SC (SMAN 34 Jakarta), Wignesa SC (SMAN 3 Semarang), Covarsi SC (SMAN 81 Jakarta), Neon SC (SMAN 2 Denpasar), Semaja SC (SMAS HelloMotion, Tangerang Selatan), Mico SC (SMAN 1 Cisarua, Bandung Barat), dan Alanza SC (SMAN 16 Surabaya).

Plt Kepala Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI Asep Sukmayadi menyatakan, kewirausahaan mampu melatih pelajar untuk berpikir kritis dan kreatif guna mengatasi problematika di tengah masyarakat.

Karena itu pihaknya sangat mengapresiasi dan mendukung konsistensi PJI dan mitra-mitra perusahaan dalam melanjutkan Program Student Company dan kompetisi ISCC 2021.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest