Memaksimalkan Skincare di Rumah, Begini 3 Cara Dasar Merawat Kulit Sebelum Memakai Produknya

Selasa, 08 Februari 2022 | 17:51

Memaksimalkan Skincare di Rumah

HAI-Online.com– Berada dalam ruangan serta sering memakai masker saat ke luar rumah tidak menjadikan kondisi kulit kita menjadi lebih baik, justru kebiasaan ini dapat memunculkan beberapa permasalahan kesehatan kulit.
Karena itu selama di rumah, kita perlu melakukan perawatan kulit baik untuk wajah dan juga bagian tubuh lainnya.
Umumnya, kita sudah memiliki tiga kategori skincare yang menjadi tren di masyarakat Indonesia selama 2021 kemarin, yaitu facial wash, serum, dan pelembab.
Baca Juga: Cowok Perlu Merawat Kulit Ketiak Biar Nggak Hitam dan Rusak, Begini 4 Caranya! Namun, meski sudah ada rangkaian produk skincare tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan produknya.

Hal ini akan dapat memaksimalkan fungsi perawatan kulit sehingga hasilnya jadi lebih terasa. Apa saja basic-nya?
1. Paham Skin Barrier
Menurut dr. Kardiana Dewi, Sp.KK, seorang Dermatovenerologist, mengatakan pada dasarnya konsumen perlu memperhatikan lebih dulu bagaimana kondisi skin-barrier terutana untuk masing-masing kulit wajah.
Dijelaskannya, skin-barrier merupakan lapisan kulit paling luar yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari paparan sinar ultraviolet, polusi, racun, maupun patogen yang tentunya sangat berbahaya bagi tubuh.
"Nggak cuma itu, skin-barrier punya peranan penting dalam membantu menjaga kelembaban alami serta kesehatan kulit. Jika fungsi skin-barrier terganggu, maka kulit dapat mengalami risiko dehidrasi dan mempercepat terbentuknya melanin. Untuk itu sangat penting menjaga skin-barrier dengan perawatan yang teratur agar fungsinya optimal,” jelasnya di acara Marina Expert White and Glow, Selasa (8/2/2022).
dr. Kardiana menjelaskan lagi mengenai ciri-ciri kerusakan skin-barrier yang mungkin nggak disadari sebelumnya, antara lain kulit kering, gatal, dan kemerahan atau kulit menjadi lebih sensitif.
Baca Juga: Punya Banyak Problem, Begini Cara Cowok Merawat Kulit Sensitifnya...
Kondisi kulit seperti ini dapat dipicu oleh kebiasaan sehari-hari, seperti cara mencuci dan menggunakan sabun wajah yang tidak tepat, malas menggunakan pelembab, atau bisa juga karena penggunaan produk yang tidak sesuai dengan jenis kulit.
“Hal pertama yang perlu dilakukan untuk memperbaiki skin-barrier yang rusak adalah dengan mulai menerapkan perawatan kulit wajah yang tepat dan bisa dimulai dengan perawatan kulit sederhana seperti mencuci wajah dengan sabun wajah yang cocok dengan kondisi kulit saat itu, dan menggunakan pelembab atau moisturizer yang mengandung senyawa yang bisa mengatasi kulit kering, membantu meregenerasi sel dan juga menutrisinya," bebernya.
2. Memperhatikan Kandungan Skincare
Sudah tahu kondisi kulit, pahami juga kandungan produk skincare yang akan dipakai. Tidak asal mengusapkannya ke kulit terluar tapi tanpa tahu ada apa di dalamnya?
Menurut Elfia Rahmi selaku Senior Head Brand Investment & Consumer Engagement Marina, saat ini sudah banyak sekali konsumen yang menyadari dan memahami kandungan-kandungan yang terdapat pada produk skincare mereka.
"Tren tersebut bagus dan Marina menyadari itu, konsumen bisa mendapatkan info kandungan produk yang mendetail dari media sosial atau paling mudah mencari referensi tentang kandungan-kandungan apa saja di dalamnya dari kemasan produknya," katanya di acara yang sama.
"Terutama (kandungan) yang baik dan cocok untuk kulit mereka," tambahnya.
Baca Juga: Makin Banyak Orang Skincare di Rumah, Serum Anti-Aging Ini Jadi yang Terfavorit di Indonesia Berkaitan dengan kandungan yang terdapat dalam skincare agar membuat kulit menjadi sehat, cerah, dan bercahaya, dr. Kardiana menambahkan juga bahwa sebaiknya konsumen menghindari kandungan paraben produk perawatan kulit yang melebihi batas.

"Tentunya (paraben) tidak baik bagi kesehatan kulit, begitu juga dengan kandungan alkohol yang terlalu tinggi pada produk kecantikan dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi,” ungkapnya.
3. Memilih Produk yang Tepat
Elfia menyampaikan bahwa di bulan Februari ini Marina meluncurkan produk di kategori skincare Marina Expert White and Glow dengan kandungan Duo-Expert Nia-Ceramide dan telah melalui penelitian serta merupakan paduan yang esensial untuk membantu menutrisi kulit dan proses regenerasi sel.

Produk skincare Marina

Nah, produk terbaru ini diklaim memiliki mandungan Niacinamide yang juga dikenal sebagai vitamin B3 yaitu bahan yang menawarkan banyak manfaat bagi kulit.
Niacinamide dikenal karena kemampuannya sebagai pendukung skin-barrier karena dapat membantu mengurangi inflamasi, meningkatkan kelembaban dan ketahanan kulit, memperbaiki warna kulit yang tidak rata atau kusam, dengan mengurangi pembentukan Melanin, dan menstimulasi regenerasi sel kulit baru.
Sedangkan fungsi kandungan Ceramide adalah memberikan kelembaban, dimana Ceramide akan menyatukan sel kulit dengan membentuk lapisan pelindung yang menjaga hilangnya kelembaban dan melindungi dari kerusakan.
'Ketika Niacinamide & Ceramide disatukan maka hasilnya tentu diharapkan bisa menjadi lebih maksimal,” ujar dr. Kardiana lagi menambahkan.
Nggak cuma itu, Marina Expert White and Glow yang baru diluncurkan juga memgandung zero paraben dan 0 persen alkohol yang fungsinya sudah disesuaikan untuk kebutuhan jenis kulit yang berbeda.
Baca Juga: Luminaire Comeback, Inilah Roster Lengkap EVOS Legends di MPL Season 9

Misalnya varian Bright Booster untuk kulit normal dan untuk mendapatkan kulit cerah dan glowing, Hydra Lock untuk kulit kering dan dehydrated yang bermanfaat dalam membuat kulit lembab dan kenyal, serta Acne Clear + yang diformulasikan untuk kulit berminyak dan berjerawat yang bermanfaat untuk mengontrol minyak berlebih, mencegah jerawat, serta merawat kulit tetap glowing.
Produk Moisturizing Gel for Face and Body ini juga memiliki lima manfaat lainnya, seperti bisa dijadikan sebagai face mask, sleeping mask, base makeup, pelembab tubuh serta perawatan kuku.
Nah, rangkaian produk skincare dari Marina Expert White and Glow saat ini bisa didapatkan secara exclusive di Tokopedia. Yuk, mulai kenali kondisi kulit, cek kandungan yang dibutuhkan, serta pilih produk yang tepat. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya