Mirip Nama Orang, Siapakah Sosok di Balik Nama Unik 5 Band Ini?

Senin, 17 Januari 2022 | 20:00
Dok. Endank Soekamti

Endank Soekamti

HAI-Online.com - Ada bermacam nama band unik di dunia. Salah satu nama band unik adalah yang mirip sama nama orang.

Dan bener aja. Sejumlah nama band yang mirip nama orang ternyata memang terinspirasi sama seseorang. Berikut 7 band di dunia yang namanya terinspirasi nama orang.

1. Endank Soekamti

Dok. Endank Soekamti

Endank Soekamti

Salah satu band pop punk terbesar di Indonesia, Endank Soekamti jadi buktinya. Dulu mungkin orang akan ngerasa aneh ada nama sebuah band punk yang namanya justru identik dengan nama perempuan jawa.

Baca Juga: Mengintip Kebiasaan Nicholas Saputra Menikmati Kopi di Pagi dan Sore Hari

Asal usulnya pun cukup unik, karena nama ini ternyata berasal dari dua nama orang yang punya sifat berlawanan.

Nama Endang diambil dari salah satu mantan pacar eks personelnya, Ari, yang cantik, dan Sukamti dari nama guru SMA mereka yang terkenal galak.

Perpaduan nama keduanya yang punya filosofi Yin Yang, atau baik dan buruk, ternyata justru bawa hoki buat band asli Jogja ini.

2. Lynyrd Sknyrd

Hampir sama dengan Endank Soekamti, Lynyrd Sknyrd ternyata juga menggunakan nama salah seorang gurunya sebagai inspirasi nama band.

Adalah seorang guru semasa SMA bernama Leonard Sknyrd yang jadi inspirasinya.

Pak Sknyrd ini dulunya sering bawa para personel band ini ke Kantor Kepala Sekolah karena rambut mereka yang kelewat gondrong.

Baca Juga: Nidji Jajal Sound System Jakarta International Stadium, Dapet Pujian Pak Gubernur

3. Marilyn Manson

WSJ

Marilyn Manson beraksi panggung

Nama Marilyn Manson ternyata diambil dari dua nama orang yang berbeda. Kata Marilyn diambil dari nama model terkenal Hollywood, Marilyn Monroe.

Sedangkan Manson diambil dari nama Charles Manson, seorang pembunuh berdarah dingin yang kasusnya pernah mengejutkan publik di Amerika di masa lalu.

4. Franz Ferdinand

Press Photo

Franz Ferdinand, 2021

Nama band ini diambil dari nama seorang pewaris kekaisaran Austria-Hungaria, Franz Ferdinand von Habsburg.

Sosok Franz Ferdinand ini sendiri akhirnya terbunuh pada tahun 1914 di Sarajevo oleh seorang bernama Gavrilo Princip yang merupakan salah satu anggota kelompok nasionalis Serbia.

Baca Juga: Ceritain Pemecatan Pay, Bongky dan Indra dari Slank, Ezra Simanjuntak: Kita Taunya Bimbim dan Kaka Bikin Proyek BK, Bukan Lagi Sedih

5. Kings of Leon

Wikimedia

Kings of Leon

Band yang terdiri dari empat bersaudara, Nathan Followill, Caleb Followill, Jared Followil, dan Matthew Followil ini punya genre musik rock dengan suara vokalisnya yang khas.

Alih-alih menggunakan nama Followill jadi nama band, mereka justru menggunakan nama belakang sang kakek, Leon, sebagai inspirasinya. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya