Nggak Kalah Keren, Ini Dia 5 Album Indonesia 2021 yang Layak Dapat Perhatian Lebih

Rabu, 05 Januari 2022 | 20:00
Courtesy of The Panturas

The Panturas

HAI-Online.com - Nggak bisa dipungkiri kalo tahun kemarin alias 2021 yang baru aja kelar ini menjadi ajang bagi para musisi dan band untuk menelurkan karya terbaik mereka.

Kalo kita ngomongin di Indonesia doang, beuh, bisa bejibun banget rilisan album yang hilir mudik menghiasidigital streaming servicekalian.

Sepanjang dua belas bulan terakhir, kita dihujani dengan karya-karya terbaik dari anak bangsa yang pekan lalu telah dirangkum menjadi 9 album Indonesia terbaik 2021 versi HAI.

Tapi sebenernyasiapapun yang rilis album di 2021 ini patut diapresiasi, karena nggak sedikit lho musisi yang menunda rilis karena pandemi.

So untuk menampilkan kembali karya-karya yang sekiranya terlewat dalam kaleidoskop lo semua di tahun lalu, berikut HAI sajikan 5 album Indonesia tahun 2021 yang layak untuk dapat perhatian lebih,check this out!

Baca Juga: 9 Album Indonesia Terbaik 2021 versi HAI: Carnivored, The Brandals, Noah, dan Lainnya

Humi Dumi - Pathless

Dok. Humi Dumi

Humi Dumi

Album ini seakan digunakan oleh Humi Dumi sebagai sebuahpenegas bahwa kotaSurabayabukanlah hanya tentang mas-mas sangar gondrong berlogat Jawa Timur kental yang menyimpan playlist metal lawas di ponselnya.

Humi Dumi terlihat lebih berani "main-main" di album ini jika dibandingkan dengan rilisan-rilisan sebelumnya.

Materi penulisan lagu dan juga lirik yang diangkat jauh lebih variatif dan agresif, sehingga membuat pendengar selalu merasakan keingintahuan yang mendalam ketika mendengarkan 'Pathless'.

The Panturas - Ombak Banyu Asmara

The Panturas

The Panturas

Masihmenempatkan pakem rock selancar sebagai fondasinya,banyak elemen musik yang dileburkan ke dalam padanan rock selancar kontemporer yang mereka usung. Eksplorasimenjadi kata kunci utama untuk 10lagu yang dihasilkandi album ini.

Ombak demi ombak, tepian demi tepian berhasil diarungi secara konstan dan berenergi melalui referensi elemen kultural yang beragam.

Eksplorasi musik yang dihadirkan di setiap trek tentu perlu dilakukan oleh setiap band, yang umumnya memang dilakukan di album kedua. Namun jika tengil dan cult adalah pakem dasar mereka untuk bermusik, maka album ini bukanlah penawarnya.

Secara keseluruhan, berkat pengalaman visual ajib dan tatanan suara yang berbeda, album ini bisa dikatakan adalah album yang hanya terdengar sempurna di hadapan ombak dari Anak Buah Kapal (fans dari The Panturas).

Perverted Dexterity-Alacrity for Contemptuous Dissonance

Facebook/Perverted Dexterity

Januaryo Hardy aka Perverted Dexterity

Nggak afdol kaloHAI nggak memasukkan at least satu rilisan death metal di daftar ini.

Mendengarkan album ini akan membawa lo ke ruang imajinasi saat kalian sedang menuntaskan hajat di toilet umum dan tanpa disadari tekanan air di semburan bidetnya keluar dengan sekencang-kencangnya; Perih, namun tetap nikmat karena harus dituntaskan.

Akan sangat gila kalo harus mengingat bahwa Perverted Dexterity adalah proyek mandiri dari seorang Januaryo Hardy, sosok pemuda Bekasi yang haus akan kekejaman dalam meramu sebuah nada.

Seluruh pakem death metal yang pernah ada bener-bener "diacak-acak" oleh Ryo untuk album solonya ini.

Disonansi nada a la Disentomb ataupun Gorgust yang dihadirkan oleh Ryo dan rekan kolaboratifnya menambah kesan kalo ranah death metal Indonesia nggak akan pernah kekurangan sosok berbahaya.

White Chorus - FASTFOOD

Microgram Enternainment

White Chorus

Debut album yang sangat-sangat menjanjikan dari duo asal Bandung. Total sepuluh nomorcatchymelengkapi album debut dari band yang kini berada di bawah naungan manajemen Microgram Entertainment ini.

Sepuluhlagu yang disediakan di album debut mereka dirangkai dengan rapi dan dinamis, memperlihatkan corak anak muda yang sangat dominan, namun tetap nggak melewatkantwist-twistmenarik di setiaptrack-nya sehingga kesan bosan akan hilang ketika mendengarkan mereka.

Dengan alami, White Chorus terlihat untuk bermusikbuat nggak jadi siapa pun selain menjadi diri mereka sendiri melalui album ini.

Singkat kalimat, White Chorus berhasil menyajikanhidangan cepat saji yang nggak bikin orang segan dan takut untuk mengonsumsinya lewat debut album 'FASTFOOD'.

Yura Yunita - Tutur Batin

Press Photo by @Mengtameng

Yura Yunita di Pertunjukan Tutur Batin, 2021

Peran YuraYunita dalam merepresentasikan perempuan Indonesia masa kini terpampang nyata melalui album ini.

Kemampuan Yura Yunita dalam meramu sebuah kejujuran menjadi sebuah produk ideal yang tergabung dalam 10 lagu manis gubahan langsung dari Yura.

'Tutur Batin'menjadi bentuk terindah dari suara hati terdalam yang dicurahkan dengan penuh keyakinan - terutama keyakinan dan keberanian untuknggak pernah lagi mengkompromikan nilai perempuan.

Baca Juga: Jason Derulo Terlibat Perkelahian dengan Orang ‘Iseng’ Panggil Dia Usher

Baca Juga: Nggak Pernah Sempat Dirilis, 7 Album dari Musisi Legendaris ini Kini Malah Menghilang. Sssttt.. Ada Album Green Day!

Merujuk pada daftar di atas, jangan pernah terbatasi oleh rangkuman dari HAI untuk terus memperluas katalog musik pribadi dari kalian.

Emang patut diakui kalo cukup susah bagi HAI untuk menentukan album siapa lagi yang bisa masuk di daftar ini, karena semua rilisan dari musisi dan band Indonesia sangatlah keren dan perlu mendapatkan apresiasi maksimal.

Namun, melalui rangkuman 5 album yang juga rilis pada2021 ini sekaligus membuktikan luasnya spektrum musik yang dapatkita temukan di Indonesia, fren. Anyway, dari 5 album di atas, mana nih yang paling jadi favorit lo?

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya