7 Manfaat Bernyanyi untuk Kesehatan, Salah Satunya buat Ngatasin Kebiasaan Ngorok

Jumat, 24 Desember 2021 | 08:05
Pxhere

Ilustrasi menyanyi. Menyanyi ternyata punya manfaat kesehatan yang nggak sedikit, lho!

HAI-Online.com –Bagi sebagian orang, menyanyi menjadi salahkebiasaan yang kerap mereka jadiinhobi. Namun, di samping menyenangkan, tahukah kalian bahwa menyanyi itu punya manfaat yang baik buat kesehatan?

Yup, menurut beberapa studi, menyanyi memang punyabanyakmanfaat, mulai dari meredakan stres sampai buat mengatasi kebiasaan mengorok!

Jadi bisa dibilang, menyanyi merupakan salah satu terapi paling mudah dilakukan buat menjaga kesehatan kita, khususnya mental seperti misalnyaningkatin mood.

Baca Juga: Masih Suka Ngorok saat Tidur? Ini Dia Cara Ampuh Buat Menghilangkannya

Simak nihsederetmanfaat kesehatan dari menyanyi,merangkum berbagai sumber.

1.Meredakan stres

Melansir Healthline, studi yang dilakukan tahun 2017 meneliti jumlah kortisol atau hormon stres yang ada pada air ludah beberapa partisipan sebelum dan sesudah mereka menyanyi.

Nah, jumlah kortisol ini ternyata mengalami penurunan ketika partisipan selesai menyanyikan beberapa lagu yang mereka sukai. Dalam studi tersebut disimpulkan bahwa hormon kortisol akan reda, dalam artian stres juga akan turun, ketika mereka larut dalam nada.

Penurunan stres ini terjadi pada mereka yang menyanyi solo atau menyanyi bersama dalam satu grup. Namun dengan catatan, mereka harus menyanyi dalam ruang dan suasana yang nggak membuat mereka grogi.

Baca Juga: 4 Tips buat Nenangin Diri dari Overthinking, Salah Satunya dengan Dengerin Lagu

2. Meningkatkan sistem imun tubuh

Studi yang dilakukan tahun 2004 justru meneliti antara pengaruh menyanyi dan pengaruh hanya mendengarkan musik saja.

Mereka yang menyanyi, meski dengan nada yang salah, ternyata menghasilkan immunoglobulin A lebih banyak dibanding mereka yang hanya mendengarkan musik saja. Immunoglobulin A adalah properti antibodi yang melindungi tubuh dengan melawan berbagai virus, kuman dan sumber penyakit.

Sebagai perbandingan, aktivitas mendengarkan musik hanya bisa meredakan stres saja tanpa bisa mendongkrak sistem imun tubuh.

3. Meredakan sakit

Ketika lo menyanyi bersama-sama dalam satu grup, tubuh akan secara otomatis mengeluarkan endorfin, hormon penghilang stres dan pereda sakit.

Penelitian tahun 2012 ini menyatakan bahwa menyanyi dan menari beramai-ramai dalam sebuah grup bisa memicu keluarnya endorfin lebih banyak sehingga bisa meredakan sakit dan nyeri.

Ilmuwan percaya bahwa ikatan sosial ketika menari dan menyanyi bersama inilah yang bisa membuat hormon endorfin keluar lebih banyak.

Baca Juga: Nggak Cuma Bagus Fisik, Manfaat Berolahraga Bulu Tangkis Bisa Nambah Kecerdasan Lho!

4. Meredakankebiasaan tidur mengorok

Dalam penelitian tahun 2008 ditemukan bahwa menyanyi bisa meningkatkan kerja saluran pernapasan menjadi lebih baik, meski lo hanya hobi menyanyi dan bukan penyanyi profesional sekalipun.

Penelitian yang dilakukan terhadap beberapa kelompok paduan suara ini mendapatkan kesimpulan bahwa berlatih menyanyi secara rutin bisa meningkatkan kualitas sistem pernapasan sehingga bisa meredakan gangguan tidur mendengkur.

5. Menyehatkan paru-paru

Ketika kita menyanyi, kita akan bernapas lebih dalam dan panjang. Hal ini secara tak langsung akan melatih otot-otot pada paru dan saluran pernapasan sehingga membuat organ pernapasan menjadi lebih sehat.

Berbagai penelitian menyimpulkan bahwa hobi menyanyi bisa meredakan gangguan asma, Chronic Obstructive Pulmonary Disorder (COPD), juga multiple sclerosis.

Meski menyanyi tak bisa menyembuhkan penyakit ini, namun menyanyi bisa menguatkan otot-otot pada paru dan saluran pernapasan sehingga membuat gejala penyakit jadi lebih ringan.

6. Memperbaikimemori

Menyanyi bisa dipilih sebagai latihan meningkatkan memori baik bagi mereka yang sehat atau bagi mereka yang sudah mengidap alzheimer dan demensia.

Terbukti, mereka dengan demensia, lebih bisa menghafal lirik lagu yang mereka sukai daripada menghapal hal-hal lain seperti nama dan alamat.

Baca Juga: Dianggap Ganggu, Nyatanya Musik Metal Baik Buat Kesehatan Mental Lho

7.Mengobatikesedihan

Buat lo yang lagi patah hati,bernyanyi jadi bisa salah satu obat pereda kesedihanmu.Sebuah penelitian tahun 2019menemukan bahwa mereka yang bernyanyi bersama-sama dalam satu grup mengalami penurunan stres akibat kesedihan yang mendera.

Bernyanyi beramai-ramai bersama teman dan sahabat bisa menjadi cara untuk melepaskan beban kesedihan yang memicu stres. Ada banyak sekali manfaat dari menyanyi.

Melansir Lifehack, menyanyi juga bisa meningkatkan kualitas tidur, memperbaiki postur tubuh, meredakan sinus, meningkatkan percaya diri, memperbaiki mood dan memancing kreativitas.

So,kapanpun lo tengah stres atau bad mood, mungkin menyanyikan lagu kesukaan lo bisa jaditerapi alternatif buat lo. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sering-seringlah Menyanyi Meski Fals, Ini 7 Manfaatnya untuk Kesehatan"

Editor : Al Sobry

Sumber : Healthline, LifeHack

Baca Lainnya