Gelar Ajang Balap WSBK 2021, Inilah 5 Kelebihan Sirkuit Mandalika

Selasa, 23 November 2021 | 11:00
Instagram/aruba.it_racing

Sirkuit Mandalika

HAI-Online.com – Seperti diketahui baru-baru ini Sirkuit Mandalika menjadi sorotan publik karena berhasil menggelar perlombaan dengan skala internasional yaitu World Super Bike (WSBK) 2021.

Bukan cuma ajang WSBK 2021 saja, rencananya Sirkuit Mandalika juga akan digunakan untuk ajang balapan MotoGP tahun 2022 sekitar tanggal 20 Maret.

Baca Juga: Ternyata Cewek Ini yang Bikin Logo “Swoosh” Nike, Dapet Bayaran Cuma Rp470.000!

Nah, ngomongin soal Sirkuit Mandalika, ternyata ada banyak kelebihan yang dimilikinya lho. Penasaran kan? Langsung aja nih simak kelebihannya di bawah ini, dikutip HAI dari Kompas.com.

1. Teknologi aspal terbaru

Berdasarkan informasi dari Kompas.com, 15 November 2021, Sirkuit Mandalika dibuat menggunakan teknologi aspal terbaru, yakni Stone Mastic Asphalt (SMA). Aspal tersebut membuat kualitas lintasan sirkuit ini disebut-sebut lebih baik dari Sirkuit Sepang Malaysia.

Partikel dari SMA ini tak terlalu rapat atau terlalu jarang, sehingga permukaannya rata. Teknologi ini membuat aspal tak perlu dilakukan pelapisan ulang hingga 5 tahun.

WorldSBK.com

Para pembalap WSBK Indonesia 2021 yang berlangsung di Sirkuit Mandalika.

2. Pemandangan alam yang cantik

Sirkuit Mandalika berada di Kawasan The Mandalika yang merupakan destinasi pariwisata kelas dunia dan dekat dengan area laut.

Nah, tiap tikungan sirkuit Mandalika memiliki pemandangan alam Mandalika yang bakal menunjukkan bibir pantai dan perbukitan yang indah.

Perlu kalian ketahui sirkuit ini memiliki panjang 4.310 meter, dilengkapi 17 tikungan dan luasnya secara keseluruhan mencapai 120 hektar.

Baca Juga: Josh Cavallo Berani Come Out Jadi Pesepakbola Aktif Pertama yang Gay, Ibrahimovic Hingga Griezmann Beri Pujian

3. Fasilitas lengkap

Sirkuit Mandalika memiliki sejumlah fasilitas yang lengkap. Di antaranya terowongan, pusat kontrol balapan (race control), hingga pusat kesehatan. Sikruit juga dilengkapi dengan area pendaratan helikopter (helipad).

4. Kapasitas penonton mencapai 138.000 orang

Kapasitas Grand Seating Street Circuit Mandalika bisa mencapai lebih dari 50.000 tempat duduk. Lalu untuk non-seated area (tribun berdiri) sanggup untuk menampung 138.000 orang. Penonton juga bisa menonton di Hospitality Suites yang direncanakan berkapasitas 7.700 penonton.

Baca Juga: 54% Warga Jabodetabek Prefer Olahraga di Taman atau Lapangan

5. Pembangunan tercepat di dunia

Menurut pemberitaan Antaranews, Direktur PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M Mansoer mengatakan, pengerjaan lintasan utama Jalan Kawasan Khusus (JKK) yang menjadi lintasan sirkuit internasional Mandalika merupakan yang tercepat di dunia.

Tercatat pengerjaan dimulai pada 15 Juni 2020 dan selesai 15 Agustus 2021 atau satu tahun satu bulan. Perlu kalian ketahui kalo Sirkuit Mandalika adalah hasil karya dari perusahaan arsitektur asal Amerika Serikat, Popuolus. Perusahaan ini juga berpengalaman dalam mendesain berbagai venue olahraga ternama, seperti Wembley Stadion.

Nah, itu tadi 5 kelebihan Sirkuit Mandalika yang telah menjadi venue ajang balap WSBK 2021. Nantinya sirkuit ini akan dipersiapkan untuk gelaran MotoGP yang akan berlangsung pada tahun depan. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Kelebihan Sirkuit Mandalika, Trek Balap WSBK 2021"

Editor : Al Sobry

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya