Enggak Melulu Soal Uang, Berbagai Hobi Ini Juga Bisa Membuat Kamu Lebih Hepi

Selasa, 09 November 2021 | 17:53
Dok. Shutterstock

Ilustrasi fotografi

Hai-Online.com –Memiliki banyak uang sering dianggap sebagai salah satu cara menemukan kebahagiaan. Enggak bisa dimungkir, dengan uang kamu bisa membeli apa saja yang kamu inginkan. Misalnya membeli gadget baru, kendaraan bermotor, hingga membantu perekonomian keluarga.

Meski begitu, memiliki banyak uang tidak selalu membuat seseorang bahagia, lho. Salah satu orang terkaya di dunia, Warren Buffet, justru beranggapan sebaliknya. Dengan kekayaan bersih mencapai Rp 1.200 triliun, Buffet mengaku, uang tersebut justru tidak membuatnya 100 persen bahagia.

Ia malah merasa lebih menikmati hidup ketika masih memiliki sebagian kecil dari kekayaan bersihnya saat ini. Menurutnya, kebahagiaan itu akan hilang ketika kamu melihat orang lain memiliki harta lebih banyak.

"Kamu tidak akan jauh lebih bahagia meski kamu menggandakan kekayaan bersihmu," kata Buffet seperti dikutip dari pemberitaanKompascom, Rabu (1/5/2019).

Baca Juga: Rifan Kalbuadi Ungkapkan Kebahagiaan di Tengah Kesendirian Pada Single Baru 'The Color Blue'

Daripada memilikimindset“uang bisa membuat bahagia”, ia menyarankan agar kaum muda bersenang-senang sambil mengumpulkan pundi-pundi uang. Salah satunya dengan memanfaatkan hobi sebagai sumber penghasilan.

Saat mengubah hobi menjadi pekerjaan, kamu bisa mendapatkan dua keuntungan sekaligus, yakni pendapatan dan rasa bahagia. Siapa tahu, jika ditekuni, kamu bisa mengikuti jejak Warren Buffet.

Nah, bagi kamu yang tertarik mengubah hobi menjadi sumber kekayaan, berikut Hai rangkum jenis-jenis hobi yang bisa kamu coba. Yuk simak!

Fotografi

Hobi fotografi dan traveling saat ini banyak digemari kaum muda. Selain memberi kesenangan saat mengambil gambar atau ketika berada di perjalanan, kedua hobi ini juga bisa menghasilkan banyak uang.

Baca Juga: Selain Astroworld, Ini 5 Konser Musik Berujung Maut, ada di Indonesia Juga

Untuk kamu yang suka mengabadikan momen, hasil foto dapat dijual kembali sebagai gambar ilustrasi atau stok foto. Cukup daftar di platform penyedia ilustrasi seperti Shutterstock atau Getty Images, kamu bisa mendapat royalti ketika ada yang menggunakan foto tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa menyediakan jasa fotografi untuk momen tertentu, seperti dokumentasi pernikahan, foto produk makanan, hingga katalog baju untuk tokoonline. Dengan menyediakan jasa dokumentasi, kamu bisa mendapatkan penghasilan mulai dari ratusan hingga jutaan rupiah dalam satu hari. Lumayan bukan?

Untuk kebutuhan fotografi mandiri, kamu bisa menyiapkan tripod,smartphonedengan kamera mumpuni, danmicroSDsebagai media penyimpanan foto. Sementara untuk jasa fotografi, ada baiknya kamu menyiapkan kamera profesional agar hasilnya maksimal.

Reviewtempat hits

Kalau kamu adalah tipe orang yang hobi berburu tempat baru, hobi ini bisa kamu sulap menjadi pundi-pundi uang. Soalnya, tempat makan atau tempat hits baru biasanya bikin orang penasaran. Tapi di satu sisi, banyak juga yang takut kalau lokasi tersebut enggak sesuai ekspektasi.

Baca Juga: Ada Rasa Saling Mengagumi di Antara Personel Dewa 19, Ari Lasso Suka Merinding Pas Opening

Makanya, banyak orang mencari videoreviewagar mereka punya gambaran sebelum pergi ke tempat tersebut. Nah, celah ini bisa kamu manfaatkan. Kamu bisa mencari informasi tempat hits dan melakukan dokumentasi perjalanan. Biar makin lengkap, kamu juga bisa me-reviewsuasana atau makanan yang ada di tempat tersebut lalu mengunggahnya ke sosial media atau Youtube.

Agar kualitas video tidakshaky, ada baiknya kamu menggunakan tripod dansmartphoneyang punya fiturgimbalataustabilizer. Jangan lupa siapkanoutfitterbaik sepertisepatuatau aksesoris sepertismartwatchsebagai penunjang penampilan.

Berkebun

Jika ingin hal yang lebih menantang, kamu bisa mencoba berkebun. Selain melakukan aktivitas fisik, berkebun pun untuk melatih kesabaran. Terutama jika kamu menanam tanaman yang memerlukan perawatan intens, seperti Gardenia atau Peace Lily.

Meski begitu, berkebun juga bisa dijadikan sebagai salah satu sumber pendapatan, terutama jika memelihara tanaman yang sedang viral seperti Janda Bolong, Aglonema, Keladi, dan Monstera Adansonii. Tanaman ini bisa dijual kembali secaraonlinemaupunoffline.

Baca Juga: Kericuhan Penonton Konser Travis Scott Dipicu Suntikan Narkoba yang Disengaja Oknum

Namun jika lebih senang mengoleksi tanaman lain, kamu juga bisa membagikan kiat sukses berkebun dan membagikannya di Youtube. Dengan mencantumkan iklan atauadsensedalam video, kamu bisa mendapatkan bayaran untuk setiap iklan yang ditayangkan.

Untuk memulai hobi berkebun, kamu wajib menyiapkanselang air,pot tanaman, tanah, pupuk dan bibit tanaman.

Agar tidak repot membeli banyak keperluan untuk hobi-hobi baru tersebut, kamu bisa memanfaatkan platforme-commerceyang memiliki katalog lengkap. Dengan begitu, kamu pun tidak perlu repot bepergian keluar rumah.

Bagi kamu yang masih bingung ingin berbelanja di mana, kamu bisa memanfaatkan platform Lazada sebagaione stop happiness. Selain menawarkan katalog produk lengkap, berbelanja di Lazada juga lebih hemat karena adanya berbagai promo dan diskon.

Dok. Lazada

Lazada 11.11 Diskon Terbesar Satu Hari

Dalam rangka menghadirkan pengalaman berbelanja tak terlupakan,Lazadamengadakan Lazada 11.11 Diskon Terbesar Satu Hari yang berlangsung sehari penuh pada 11 November 2021.

Pada hari tersebut,Lazadaakan memberikan Bonus Dadakan (Bondak) sampai dengan Rp 1,1 juta,voucherbelanja senilai Rp 1,1 juta, Crazy Flash Sale Rp 1, dan juga gratis ongkir.

Pada 10 November 2021,Lazadajuga mengadakanLazada 11.11 Super Show yang disiarkan secara serentak di channel Lazlive yang ada di aplikasi Lazada, platform media sosial Lazada seperti YouTube Live, Facebook Live, TikTok Live, serta sejumlah stasiun tv nasional, yakni SCTV, Indosiar, dan RCTI.

Acara tersebut akan diselenggarakan pada pukul 19.00 WIB hingga tengah malam. Untuk memeriahkan acara, Lazada menghadirkan Happiness Brand Ambassadors pertama Lazada, SEVENTEEN, serta bintang tamu lainnya seperti Agnez Mo, Tiara Andini, dan Via Vallen. Selain itu, Lazada 11.11 Super Show juga akan menghadirkan berbagai game, serta pertunjukan menarik dengangrand prize1 unit mobil.

Untuk menikmati berbagai penawaran menarik ini, kamu bisa langsung mengunjungi lamanLazadadiLazadaIndonesiaatau melalui aplikasiLazadauntukIOSdanAndroid.

Editor : Sheila Respati