Venue Tempat Lahir Musik Jazz di New Orleans Hancur Akibat Terjangan Badai

Rabu, 01 September 2021 | 14:35
Wikimedia

Ikon Jazz, Louis Armstrong

HAI-ONLINE.COM - Kalian tentu masih pada inget kan tentang perbincangan HAI dengan Barry Likumahuwa beberapa waktu lalu tentang sejarah singkat musik Jazz?

Betul sekali, jazz lahirmelalui terobosandan keterbatasan hiburandari budak asal Afrika Barat yangdibawa paksa hingga mendiami pantai tenggara Amerika Serikat.

Sejak saat itu, jazz sebagai musik dan budayakemudianberlabuhmenjadi nyawa penting bagi kota yang sekarang kita kenalsebagai New Orleans.

Namun kini kabar buruk harus hadir dari tempat kelahiran jazz tersebut, sebuah situs jazz legendaris harus rata dengan tanah setelah terhempas oleh Badai Ida yang mengacaukan negara bagian Lousiana.

Venue yang dikenal dengan nama Karnofsky Shop ini beralamat di 427 South Rampart Street, NO; dan telah dijalankan secara turun-temurun oleh keluarga Karnofsky.

Mengutip laporan dariPRC (Pusat Pelestarian Sumberdaya) New Orleans, venue ini sering didapuk sebagai "rumah kedua" bagi tokoh jazz ikonik, Louis Armstrong, yang menghabiskan sebagian masa kecilnya dilantai dua toko tersebut yangdifungsikan menjadi bangunan rumah keluarga Armstrong.

Baca Juga: Barry Likumahuwa Lebih Nyaman Sampaikan Pesan Lewat Musik Instrumental

Sebelum memulai karir musiknya, Louis kecil telahrajin membantupekerjaan rumah tangga dikeluarga tersebut seperti memainkan klakson mainan untuk menarik pengunjung, hingga membantu mengatur pasokan batu bara.

Dengan keterhubungan yang begitu erat tersebut, karir pertama Armstrong sebagai musisi jazz bisa dibilang ditempa di sini.

Keluarga Kanofsky-lah yang pertama membiarkan Louis kecil untuk mengeksplorasi kecintaannya terhadap musik, dan bahkan mereka yang meminjamkan uang pada Louis untuk membeli cornet pertama-nya.

Pemerintah Amerika Serikatkemudian menetapkan toko keluarga ini menjadi bagian intergral dari karir Louis Armstrong dan jazz secara umum, sehingga secara resmi terdaftar dalam DaftarBangunanBersejarah bagi Amerika Serikat.

Generasi kedua dari keluarga Karnofsky, Morris Karnofsky yang hingga kini masih mengelola, kemudian membuka jazz record store yang pertama di New Orleans bernama Morris Music.

Kini, semua penghargaan dan momen bersejarah tersebut harus berubah menjadi reruntuhan setelah kerusakan masif yang disebabkan oleh Badai Ida – salah satu badai paling kuat yang pernah melanda AS. [via Consequence Of Sound].

Instagram @prcnola

Karnofsky Tailor Shop, Venue tempat lahirnya musik Jazz saat masih berdiri

Instagram @pcrnola

Reruntuhan dari venue tempat lahirnya musik Jazz, Karnofsky Tailor Shop setelah diterjang oleh Badai Ida

Hancurnya bangunan bersejarah bagi jazz inihanyalah salah satu contoh kehancuran yang ditimbulkan oleh badai Ida di New Orleans, 16 tahun setelah bencana Badai Katrina.

Baca Juga: Metallica Sumbangkan $75000 untuk Korban Badai Musim Dingin di Texas

Sejak tulisan ini dibuat, setidaknya lima kematian telah dikaitkan dengan dampak fatal dari badai ini. Sementara ratusan rumah, bangunan, dan jalanan telah hancur. Selain itu, jutaan orang juga harus kehilangan akses listrik dan air.

Untuk ikut memberikan rasa peduli bagi jutaan saudara kita yang sedang terkena musibah di New Orleans, sekaligus mengenang bagaimana jazz lahir dan tumbuh di sana, sila simak 'New Orleans' dari Louis Armstrong & Billie Holiday di bawah:

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya