Ahmad Dhani Sebut Kualitas Rekaman Lagu Kangen Dewa 19 Itu Norak

Senin, 30 Agustus 2021 | 09:57
YouTube/ Aquarius Musikindo

Dewa 19 - Kangen

HAI-Online.com - Ahmad Dhani yang tergabung dengan Dewa 19 sejak pertama kali terbentuk, mengungkapkan lagu Kangen yang membawa nama Dewa 19 menjadi terkenal dibilangnya merupakan lagu yang norak.

Baca Juga: Takjub Sama Koleksi Album Diana Nasution yang Dimiliki Ahmad Dhani, Ello: Gue Salut

Bukan tanpa alasan Ahmad Dhani menyebut norak lagu Kangen milik Dewa 19 yang terdapat di album pertama.

Menurutnya lagu Kangen ciptaannya itu memiliki kualitas yang buruk, termasuk aransemen di lagu tersebut yang sangat norak baginya.

"Jelek lah Kangen, soundnya ancur aduh. Aransemennya gitu ih norak banget, tapi it works gitu," ungkap Ahmad Dhani dalam channel YouTube Rian Ekky Pradipta.

Sejelek-jeleknya lagu Kangen Dewa 19, musisi itu sangat bersyukur karena muncul di saat yang tepat sehingga nama Dewa 19 bisa terkenal karena lagu itu.

Dia menyebut untungnya waktu itu para penggemar juga banyak yang norak, sehingga lagu Kangen itu bisa diterima dengan baik.

"Kalo nggak? Waduh. Bayangin aja Kangen muncul di tahun '97 pasti nggak laku," kata Ahmad Dhani menanggapi berhasilnya lagu Kangen saat itu.

Menurutnya momen rilis lagu Kangen Dewa 19 tahun 1992 sangatlah pas. Sama seperti Kirana yang muncul di tahun 1997 juga pas. Lalu, ada album Bintang Lima yang muncul di tahun 2000 yang juga menurutnya pas rilisnya.

Baca Juga: Nggak Nyangka Album Bintang Lima Bakal Jadi Album Tersukses, Ahmad Dhani: Yang Penting Dewa 19 Tetap Eksis

Pas di sini berarti waktu dan momennya yang tepat, serta melihat juga pasar musik Indonesia ketika itu sehingga lagu-lagu yang dirilis bisa diterima dengan baik.

Pada saat lagu Kangen Dewa 19 meledak di tahun 1992, Ahmad Dhani mengatakan selera musik orang Indonesia terbantu oleh musik luar yang sedang jadi tren saat itu.

"Tahun '91 itu generasi-generasi yang baru lulus SMA itu dulunya penggemar Skid Row, terus penggemar Glam Rock lah waktu itu karena lagunya gitu semua. Banyak lah, Winger, White Lion, masanya ya pas. Jadi pas Dewa keluar waktu itu, ya pas banget gitu," tuturnya.

Tetapi, hal itu dirasa berbeda ketika Dewa 19 merilis lagu Bukan Cinta Manusia Biasa di tahun 2010. Menurut Ahmad Dhani lagu itu dirilis pada momen yang nggak pas. Pada saat itu, dia menyebut penontonnya mulai downgrade dan semenjak itu Dewa 19 udah nggak bikin lagu lagi.

Dia mengatakan kalau lagu Bukan Cinta Manusia Biasa padahal merupakan lagu Dewa 19 yang sangat lengkap dari segi kualitas musik. Dari lirik hingga aransemennya terbilang paling keren, sayangnya nggak laku saat itu. (*)

Baca Juga: Begini Komentar Ahmad Dhani Pertama Kali Lihat Penampilan Dara Sebelum di The Virgin: Ada Kekurangan

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya