Inilah Deretan 5 Kampus dengan Biaya Paling Mahal di Indonesia

Sabtu, 28 Agustus 2021 | 19:05
Swiss German University

Mahasiswa Swiss German University, yang merupakan salah satu kampus termahal di Indonesia.

HAI-Online.com –Buat kamu yang berniat ngelanjutin pendidikan ke perguruan tinggi pastinya nggak akan sulit nyari pilihan kampus di Indonesia. Pasalnya,adabanyak sekali perguruan tinggi negeri maupun swasta yang bisa kamu dipilih buat masa depanmu.

Sebagian besar, calon mahasiswa memilih melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri dengan salah satu pertimbangan biaya kuliah yang terjangkau.

Namun dari sekian banyak universitas di Indonesia, ada beberapa kampus yang memiliki biaya pendidikan relatif mahal.

Baca Juga: Inilah 5 Negara Paling 'Santai' di Dunia, Indonesia Juaranya!

Meski harus merogoh kocek banyak untuk masuk ke universitas ini, namun para mahasiswanya akan mendapatkan fasilitas dan kurikulum terbaik.

Merangkumplatform edukasi di Instagram @campuspedia, ada 5 universitas di Indonesia yang menjadi kampus termahal. Simak nih daftar 5 kampus Indonesia yang sultan banget!

President University

Berdiri pada 2001, President University (PU)berada di bawah naunganJababeka Industry. Selain pendidikan berkurikulum internasional, para mahasiswa kampus PU juga mendapat fasilitas seperti President Executive Club, Jababeka Golf and Country Club, kolam renang, lapangan tenis, lapangan sepak bola, basket dan fasilitas lainnya.

Untuk biaya pendaftaran, PU mematok $7.500 atau setara Rp97 juta. Sedangkan biaya per semesternya mahasiswa harus membayar kurang lebih sebesar Rp25 juta hingga Rp30 juta.

Baca Juga: Inilah 10 Kampus Indonesia Terpopuler di Twitter, Kampus Kamu Masuk Nggak?

Swiss German University

Berlokasi di BSD Tangerang, kampus inipunya prodi seperti teknik mekatronika, teknik industri, teknologi informasi, administrasi bisnis internasional, manajemen hotel dan pariwisata, akuntansi dan lain-lain.

Kampus ini juga menyediakan fasilitas lengkap. Untuk tahun angkatan 2020/2021 biaya masuk Swiss German University sebesar Rp58,5 juta serta Rp27 juta hingga Rp30 juta per semesternya untuk jenjang S1.

Universitas Pelita Harapan

Berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Pelita Harapan yang didirikan James Riady, UPH menjadi salah satu kampus termahal di Indonesia.Kampus yangberada di Tangerang inisekarangmembuka program Sarjana dan Pascasarjana dan kelas dengan bahasa pengantar menggunakan Bahasa Inggris dan program pendidikan jarak jauh.

Jika kamu tertarik masuk ke UPH, kamu harus merogoh paling nggak Rp40 juta hingga Rp145 juta tergantung jurusan sedangkan biaya kuliah hingga semester akhir kurang lebih Rp170 juta hingga Rp635 juta.

Baca Juga: Deretan 10 Universitas Tertua di Indonesia, Kampus Lo Salah Satunya?

Universitas Trisakti

Universitas Trisakti menyediakan kualitas pendidikanyang unggul dengan beberapa jurusan yang dimiliki seperti Hukum, Kedokteran, Ekonomi, Teknik, Arsitektur, Seni Rupa dan Desain.

Untuk biaya kuliah hingga semester akhir di Universitas Trisakti diperkirakan menghabiskan dana sebesar Rp135 juta hingga Rp181 juta. Angka tersebut belum termasuk biaya pendaftaran yang bervariatif tergantung jurusan.

Baca Juga: Inilah 10 Kampus Islam (PTKN ) Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2021

Universitas Ciputra

Sesuai namanya, kampus ini didirikan oleh Ciputra Group dan terletak di Surabaya, Jawa Timur.

Baca Juga: Mahasiswa di Wilayah PPKM Level 1-3 Diminta Bersiap Kuliah Offline, Ini Kuncinya Biar Gak Tertular Covid-19 di Kampus

Universitas Ciputra menyediakan fasilitas lengkap untuk para mahasiswanya. Mulai dari Computer, Laboratorium, Culinary Laboratorium hingga Bursa Efek Tax Center hingga UC Apartment.

Untuk biaya masuk kuliah S1 berkisar antara Rp29 juta hingga Rp340 juta sedangkan untuk SPP per semesternya sebesar Rp9 juta hingga Rp36 juta belum termasuk biaya lainnya.

Nahitulah deretan 5 universitas termahal yang ada di Indonesia. Tingginya biayainipastinya selaras dengan fasilitas dan kualitas pendidikan yang diberikan selamamenempuhpendidikan.

Selain itu kampus berpredikat paling mahal ini tentunya bisa mencetak lulusan yang siap diserap di dunia kerja maupun membuka lapangan pekerjaan setelah lulus.

Jadi kaliantertarik buat masuk ke salah satu kampus di atas? (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Intip 5 Universitas Termahal di Indonesia dan Fasilitasnya"

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya