Apa yang Harus Dirawat tapi Biar Hilang? Yap Jerawat, Begini Cara Tepat Pakai Skin Care di Kulit Berjerawat

Kamis, 26 Agustus 2021 | 15:57

Apa yang Harus Dirawat tapi Biar Hilang? Yap Jerawat, Begini Cara Tepat Pakai Skin Care di Kulit Berjerawat

HAI-Online.com- Tebak-tebakan yuk, apa yang biasa dirawat tapi bukan untuk ditumbuhkan apalagi agar menetap, justeru dirawat biar hilang kalo bisa selamanya?

Yap, jawabannya adalah jerawat.
Para ahli kulit mengatakan demikian, edukasi "merawat jerawat" ini perlu diinformasikan ke khalayak ramai agar kulit banyak orang menjadi lebih sehat.
Baca Juga: Nggak Perlu ke Salon, Cowok Bisa Glowing Kalo Merawat Kulitnya Pake Sari Bengkoang Series
Lantas kalo begitu, apa benar, jerawat yang betul-betul dirawat alih-alih kulit kita?
Wah, pertanyaan yang bagus nih! Sebelum tahu mana kulit mana jerawat, kita cek dulu apa yangbikin jerawat tumbuh dan berkembangdi kulit wajah seseorang?
Pengetahuan dasarnya, penyebab utama jerawat munculadalah karena produksi minyak berlebih dari kelenjar sebaceous.

Nah, jerawat itu ibarat rumput liar, mereka merusak keindahan taman. Merawatnya tentu bukan dengan memotong batangnya saja, tapi mencabut sampai ke akarnya.

Eits, tetapi perlakuan mencabut rumput liar dan menghilangkan jerawat di wajah tidak boleh disamakan. Pasalnya kulit bukanlah sebidang tanah, makin sering rumput itu dicabut makin rusak permukaan tanahnya.

Baca Juga: Kenali 4 Jenis Jerawat yang Muncul di Area Wajah dan Cara Mengatasinya

Tentu, siapapun nggak maukanaset kulitnya rusak dan berantakan karena banyak bekas jerawat?

Nah, untuk itu HAI punya cara bagaimana merawat jerawat sampai hilang, yaitu dengan penggunaan skin care yang tepat yang udah tersedia di rumah.

Dilansir dariVerywell Health, berikut urutan pemakaian skin care padakulit berjerawat:

1. Pembersih

Penting untuk kamu yang punya kulit wajah berjerawat, yaitu rutin membersihkannya minimal dua kali sehari.

Cukup pake ujung jari untuk membersihkan area wajah, rahang, leher, bagian depan, dan belakang telinga tanpa menekan-nekan bagian yang berjerawat.

Nggak perlu menggunakan bantalan kasar atau menggosok kulit terlalu kencang karena bisa membuat jerawat rusak dan menimbulkan luka, nanti tambah parah lho.

Baca Juga: Rela Korbanin Cita-cita Jadi Reporter, Cewek Ini Justru Sukses Tekuni Jual Skincare Organik Racikan Sendiri
Pastikan kamu menggunakan pembersih yang tepat sesuai jenis kulit. Untuk jerawat ringan, biasanya dokter menyarankan pembersih yang mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida.

Hindari membersihkan jerawat dengan sabun batangan untuk mandi, sabun cuci tangan antibakteri, dan sejenisnya. Sabun tersebut punya formula yang “keras” dan bisa mengiritasi kulit.

Pastikan juga untuk memilihskincareyang berlabel non-komedogenik dan tidak berminyak ya biar perawatannya optimal. Oh, iya bilas yang bersih dengab air mengalir.

2. Toner

Penggunaan toner atau astringen dapat membantu menghilangkan minyak berlebih, mengangkat sisa pembersih, melembapkan kulit, dan mencegah komedo.

Cara menggunakan toner cukup praktis. Tuangkan cairan ini ke kapas atau pad, lalu ratakan dengan lembut ke wajah sampai ke leher.

Untuk kulit berjerawat, hindari jenis toner yang mengandung alkohol karena bisa mengiritasi kulit.

Jika kamu menggunakan obat jerawat yang dapat membuat kulit kering seperti krim yang mengandung retinoid, bagian toner diskip alias nggak perlu pakai toner karena bisa membuat kulit jadi semakin kering.

3. Obat jerawat

Urutan pemakaianskincareuntuk kulit berjerawat selanjutnya yakni obat jerawat.

Obat jerawat ini bisa berupa krim pagi atau malam yang sudah diresepkan dokter, gel, atau obat jerawat yang dijual bebas.

Hal yang perlu diingat sebelum memakai obat jerawat, pastikan toner sudah kering dan obat jerawat sudah benar-benar meresap ke kulit sebelum melanjutkanskincareberikutnya.

Baca Juga: Kenapa Kulit Kita Tetap Butuh Sunscreen Meski Seharian di dalam Rumah?

4. Pelembap

Banyak orang mengernyitkan dahi ketika mendengarkan saran bahwa kulit berjerawat yang cenderung berminyak masih butuh mengoleskan pelembap.

Namun, jangan lewatkan urutanskincarepenting ini. Pasalnya, obat jerawat bisa mengeringkan kulit yang sehat yang tidak berjerawat.

Untuk mencegah kulit kering sampai mengelupas saat perawatan jerawat, pastikan kamu mengoleskan pelembap dua kali sehari.

Pilih jenis pelembap yang nonkomedogenik dan tidak mengandung minyak. Pilih jenis pelembap gel atau losion yang berbasis air.

5. Tabir surya

Urutan pemakaianskincarepada kulit berjerawat di siang hari yang tak boleh dilewatkan lainnya adalah tabir surya.

Tabir surya penting digunakan, terutama untuk orang yang sedang melakukan perawatan jerawat.

Pasalnya, obat jerawat dapat membuat kulit lebih sensitif dan rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari.
Jadi, udah tahu kan cara simpel merawat jerawat? (*)
Artikel ini tayang di Kompas.com dengan judul 5Urutan Pemakaian Skincare untuk Kulit Berjerawat

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya