6 Tips Simpel Menjaga Kesehatan Mata, Salah Satunya Terapin Rumus 20-20-20

Selasa, 10 Agustus 2021 | 10:15
mvmt

Cowok berkacamata

HAI-Online.com – Sebagai salah satu panca indra yang vital, kondisi mata udah seharuskan kita jaga sebaik mungkin.

Sayangnya, hal ini belum disadari oleh sebagian dari kita dan menganggap sepele kesehatan mata.

Padahal kesehatan mata sangat berpengaruh bagi kehidupan sehari-hari, bukan hanya buat mereka yang berkacamata, tetapijuga bagi orang sehat. Terlebih melihat kebiasaankita yang sering menatap layarponsel.

Tentu kalian nggak mau kan kena risiko kebutaan, katarak, glaukoma, dan degenerasi makula terkait usia?

Melansir Kompas Health pada Senin (9/8/2021), ada beberapa tips simpel yang bisa kalian terapin untuk menjaga kesehatan mata. Yuk kita simak bareng-bareng!

1. Terapkan pola makan sehat

Jenis makanan punya pengaruh besar bagi kondisi kesehatan tubuh, tak terkecuali mata. Ini karena makanan menjadi sumber nutrisi yang diperlukan tubuh. Merangkum dari Web MD, nutrisi seperti asam lemak omega-3, lutein, seng, dan vitamin C dan E dapat membantu menangkal masalah penglihatan terkait usia seperti degenerasi makula dan katarak.

Beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan gizi bagi mata, di antaranya: Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, dan sawi Salmon, tuna, dan ikan berminyak lainnya Telur, kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan sumber protein bukan daging lainnya Jeruk dan buah atau jus jeruk lainnya Tiram.

Selain memenuhi kebutuhan nutrisi, mengatur pola makan penting bagi kesehatan tubuh keseluruhan yang nantinya mempengaruhi kesehatan mata. Pola makan sehat menurunkan kemungkinan obesitas dan penyakit terkait seperti diabetes tipe 2, yang merupakan penyebab utama kebutaan pada orang dewasa.

Baca Juga: 5 Tips Isolasi Mandiri bagi Pasien Covid-19 Menurut Guru Besar Kedokteran Unair

2. Berhenti merokok

Seperti yang kita tahu, merokokberkaitan dengan berbagaimasalah kesehatan.Nah untuk mata, merokok membuat kamu lebih mungkin terkena katarak, kerusakan pada saraf optik, hingga degenerasi makula.

Karenanya, berhenti merokok menjadi salah satu kebiasaan yang perlu kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mata.

3. Lindungi mata dari sinar matahari

Sebagainegara yang berlimpah sinar matahari, paparan sinar UV harus kita waspadai, sob. Pasalnya, terlalu banyak paparan sinar UV meningkatkan kemungkinan katarak dan degenerasi makula.

Sama seperti kita perlu melindungi kulit dengan tabir surya, kita juga perlu melindungi mata dari paparan sinar UV yang berlebihan ini.

Namun, untuk melindungi mata, kita nggak bisa menggunakan tabir surya. Untuk perlindungan mata dari paparan sinar UV, kita bisa menggunakan kacamata hitam. Pilih kacamata yang menghalangi 99 hingga 100 persen sinar UVA dan UVB.

Jika kamu memakai lensa kontak, beberapa menawarkan perlindungan UV. Meski begitu, sebaiknya kenakan kacamata hitam untuk lapisan ekstra.

Baca Juga: Mau Badan Bugar, Ini Tips Menyusun Jadwal Olahraga 150 Menit Dibagi dalam Seminggu

4. Gunakan kacamata safety kalo perlu

Bagi kamu yang melakukan aktivitas yang cukup berat bagi mata, penggunaan kacamata safety harus dilakukan. Misalnya saja bagi pekerja seperti petugas laboratorium atau atlet olahraga seperti hoki es, bola raket, dan lacrosse.

Ini memang sepertinya terlihat sepele, tapi keamanan menjadi hal yang memegang peran penting bagi kesehatan mata.

5.Terapinrumus20-20-20

Bagi generasi saat ini, menatap layar komputer, ponsel, atau tablet selama berjam-jam kerap terjadi.

Akibatnya, mata menjadi lelah. Menatap layar terlalu lama dapat menyebabkan: Ketegangan mata Penglihatan kabur Kesulitan fokus pada jarak Mata kering Sakit kepala Nyeri leher, punggung, dan bahu Jika kamu sudah mengalami beberapa gejala yang terkait kondisi di atas, ada baiknya lakukan aturan 20-20-20.

Ini merupakan rumus untuk mengistirahatkan mata setiap 20 menit dengan mengalihkan mata atau melihat objek sejauh 20 kaki selama 20 detik.

Melansir Cleveland Clinic, mengikuti rumus tersebut membuat mata menjadi rileks dan membiarkan diri berkedip yang dapat melumasi mata.

Baca Juga: Jangan Berlarut-larut dalam Kesedihan, Ini 4 Tips Menghadapi Fase Quarter Life Crisis

6. Periksa mata secara teratur

Setiap orang membutuhkan pemeriksaan mata secara teratur, bahkan anak kecil. Ini membantu melindungi penglihatan kamu dan memungkinkan untuk mengetahui jika ada masalah penglihatan secepatnya.

Pemeriksaan mata dapat menemukan penyakit seperti glaukoma yang nggak memiliki gejala. Ini sangat penting untuk mengetahuinya sejak dini, sehingga lebih mudah diobati.

Jadi, itulah beberapa tips sederhana yang bisa kalian terapin buat menjaga kesehatan mata kalian, sob. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Cara Mudah Jaga Kesehatan Mata"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya