Sering Overthinking? Coba 4 Tips Simpel Ini untuk Mengatasinya 

Minggu, 01 Agustus 2021 | 20:36
Wikimedia

Ilustrasi overthinking di malam hari.

HAI-Online.com – Overthinkingmerupakan kebiasaan memikirkan sesuatu secara berlebihan yang meski kedengarannya sederhana,tapi jika dibiarkan terus-menerus bisa mengganggu kualitas hidup kalian.

Pada umumnya, overthinking muncul saatkalian sedang mengalami masalah yang berat. Nah, kebiasaan itu berpengaruh buruk untuk kondisi kalian jika sampai hal-hal remeh pun kalian pikirkan secara terus-menerus.

Saat overthinking, tubuh akan melepaskan hormon stres yang dapat merusak sel dan kesehatan tubuh kalian. Akibatnya, kalian menjadi rentan mengalami sakit perut, radang lambung, dan lain sebagainya.

Nah biar nggak berlarut-larut, yuk simakempatsolusi overthinking yangbisa kalian coba, merangkum laman Positivity Blog, Minggu (1/8/2021).

Baca Juga: Benarkan Generasi Milenial Rentan Stres? Ini Kata Psikiater UNAIR

1. Tetapkandeadline

Overthinking membuat kalian kesulitan untuk menentukan keputusan. Termasuk keputusan untuk hal-hal remeh. Supaya hal itu nggak terus terjadi, cobalah untuk menetapkan batas waktu atau deadline.

Cobalah untuk membagi keputusan menjadi dua tipe, yaitu keputusan besar dan keputusan kecil. Untuk keputusan kecil, seperti membalas pesan, tentukan deadline selama 30 detik. Untuk keputusan besar, coba tentukan dalam waktu 30 menit.

2. Sadarihal yang nggak bisa kalian Kontrol

Cara mengatasi overthinking selanjutnya adalah sadari bahwa kalian nggak bisa mengontrol semua hal. Mungkin ada ketakutan dalam diri kalian pada kegagalan atau membuat kesalahan. Namun, ketakutan itu adalah hal yang normal.

Kalian bisafokus pada hal-hal yang bisa kalian kontrol. Misalnya, kalian nggak ingin gagal dalam ujian masuk perguruan tinggi.Daripadamemikirkan kegagalan yang belum pasti terjadi, kaliancukup fokus padapersiapan diri dengan belajar materi ujian.

Baca Juga: Jangan Berlarut-larut dalam Kesedihan, Ini 4 Tips Menghadapi Fase Quarter Life Crisis

3. Olahraga

Cara menghilangkan overthinking berikutnya yang perlu kalian coba adalah dengan rutin olahraga. Saat melakukan kegiatan itu, jumlah hormon stres akan menurun dan digantikan dengan hormon lain yang mampu membuat perasaan kalian lebih baik.

Pilihlah jenis olahraga yang kalian sukai. Jika olahraga belum jadi kebiasaan kalian, mulailah untuk berjalan kaki minimal dua kali seminggu. Setelah terbiasa, tingkatkan frekuensinya menjadi lima kali seminggu.

Selain menurunkan kadar stres, olahraga juga bisa menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

4. Waktu tidur yang cukup

Tidur termasuk cara mengatasi overthinking. Beberapa tips yang bisa kalian praktikkanantara lain,terlebih dahulu atur suasana tidur senyaman mungkin.

Kedua, sediakan penutup telinga atau ear plug supaya kualitas tidur nggak terganggu. Dan yang ketiga, lakukan kegiatan relaksasi sebelum tidur. (*)

Baca Juga: Kenapa Kita Masih Kerap Membandingkan dengan Pacar Pertama saat Jatuh Cinta dengan Orang Baru?

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya