Kebanggaan Daya yang Dimunculkan Lewat EP Terbarunya, 'The Difference'

Senin, 14 Juni 2021 | 16:00
Press Photo / Loveda

Daya

HAI-ONLINE.COM -Buat kalian yang demen banget musik pop dan ngikutin top chart, pasti udah nggak asing lagi dengan lagu ‘Don’t Let Me Down’ (2016) oleh The Chainsmokers yang dibawain bareng oleh musisi dan multi-instrumentalis bertalenta tinggi, Daya.

Pencapaian Daya nggak hanya di situ, ketika dirinya mulai muncul ke permukaan pada usia 16 tahun dengan single debut double-platinumnya ‘Hide Away’, cewek yang dibesarkan di Pennsylvania itu juga mencapai beberapa penghargaan seperti memenangkan Grammy Award yang berhasil diraihnya di kategori Dance Recording pada 2017.

Setelah meluangkan waktu dan energinya, Daya kini kembali hadir lewat EP terbarunya ‘The Difference’ yang telah hadir pada Mei 2021 lalu.

Dibuka lewat single yang sangat berani dan eksplosif, ‘Bad Girl’, HAI juga berkesempatan untuk mengulik lebih jauh tentang apa yang akan ditampilkan oleh Daya di tahun ini.

Baca Juga: Penyanyi Pemenang Grammy Awards Daya Rilis Single Terbaru 'Bad GIrl'

Setelah meluangkan waktu dan energinya, Daya kini kembali hadir lewat EP terbarunya ‘The Difference’ yang telah hadir pada Mei 2021 lalu.

Dibuka lewat single yang sangat berani dan eksplosif, ‘Bad Girl’, HAI juga berkesempatan untuk mengulik lebih jauh tentang apa yang akan ditampilkan oleh Daya di tahun ini.

7Menurut Daya, single ‘Bad Girl’ adalah bentuk imajinasi dan eksplorasi dirinya terhadap hal yang lebih gelap, misterius, dan juga berani dalam satu rangkaian lagu. Dengarkan di bawah.

“Konsep ini telah aku pikirkan selama beberapa bulan sebelum merilis ‘Bad Girl’. Energi yang ditampilkan adalah bagaimana kita merindukan interaksi yang terjadi antar manusia. Pada intinya adalah menjelajahi sisi gelap, berani, dan dreamy yang ada pada diriku. Serta menukar peran istilah bad guy ke bad girl,” jelasnya antusias di pertemuan virtual bareng HAI.

Pesan ini juga tergambar sangat kentara di video musik ‘Bad Girl’ yang sangat solid dan berani untuk menunjukkan apa yang ingin Daya sampaikan, terutama dalam mengkampanyekan orientasi seksualnya – Daya juga dikenal sebagai advokat untuk perjuangan hak asasi komunitas LGBTQIA+.

Baca Juga: Banyak Orang Suka Lagu 'To The Bone' Pamungkas, Ahmad Dhani: Gue Bingung, Lagu Itu Bukan Lagu Berbakat Jadi Terkenal

“Penjelajahan dan evolusi di kepercayaan diriku adalah hal yang aku tonjolkan di video music tersebut. Ini seperti mewujudkan mimpi aneh yang selama ini aku imajinasikan,” jelas Daya.

“Dalam pengerjaannya, aku juga sangat bersemangat karena aku ngerjain ini bareng seseorang yang sangat aku percaya, yang aku kenal dalam waktu yang sangat lama (Clyde Munroe) – dia sangat suka dengan film jadi kami makin membangun hubungan dekat kami melalui pembuatan video musik ini.”

Menyusul single ‘Bad Girl’, Daya juga merilis serangkaian single ‘Tokyo Drifting’ dan ‘Montana’ yang berbarengan dengan jadwal rilisnya EP ‘The Difference’ pada akhir Mei 2021.

Jika pada 'Bad Girl' lebih menunjukkan elemen kepercayaan dirinya yang unik sekaligus melawan stigma yang terjadi, pada single ‘Montana’ Daya bersikap lebih sederhana dan menikmati semua proses yang terjadi. Dengarkan di bawah.

"Single 'Montana' adalah tentang fantasi menjauh dari L.A. dan mundur ke tempat di mana saya bisa menjalani hidup yang lebih sederhana dengan orang yang saya cintai," kata Daya.

“Tentu sangat menyenangkan bisa menjalani hubungan kita tanpa semua kebisingan, tekanan, dan gangguan, dan memimpikan betapa baiknya hal itu bagi kita.”

Melalui rilisnya EP terbaru ini, Daya juga berharap dapat makin mewakilkan suara-suara dan hak bagi para kaum marjinal yang nggak punya kesempatan untuk menyuarakannya.

Baca Juga: Mark Hoppus 'blink-182' Lelang Bass untuk Komunitas LGBTQ

"Dengan karya musikku, dan posisiku sebagai musisi pop, aku tentu berharap banget bisa membantu menyadarkan semua orang untuk terus memperjuangkan apa yang mereka harus perjuangkan. Semua orang berhak bangga dalam menjadi versi terbaik dari apa yang mereka inginkan. Itu adalahpesan utamaku melalui karya yang aku ciptakan," tutur Daya menegaskan posisinya.

"Ini cukup mengagetkan juga, karena industri pop secara general sebenarnya banyak sekali menampilkan artis non-hetero. Dan aku sangat berharap mereka semua tetap bisa bangga untuk menunjukkan diri mereka tanpa harus menjadi orang lain."

Wah, Daya emang nggak hanya berbakat tapi juga memiliki pesan mulia. Untuk itu, jangan lupa untuk dengerin EP terbaru dari Daya, 'The Difference' yang sudah bisa diakses di platform manapun. Berikuttracklist-nya.

Press Release

Daya - The Difference EP Artwork

1. First Time

2. Bad Girl

3. Tokyo Drifting

4. The Difference

5. Montana

6. Bad Girl (JVKE Remix)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya