Melihat Wujud Anglerfish, Ikan Laut Bertampang Serem dari Laut Dalam yang Muncul ke Pantai

Selasa, 25 Mei 2021 | 19:40
Crystal Cove State Park

Anglerfish yang ditemukan terdampar di Pantai di California baru-baru ini.

HAI-Online.com – Seekor ikan berwujud menyeramkan baru-baru ini terdampar di pantai California, Amerika Serikat.

Penemuan ikan yang dikenal sebagai anglerfish ini mengejutkan karena ikan ini biasanya tinggal ribuan kaki di bawah permukaan laut, jauh dari permukaan laut.

Anglerfish sendiri dikenal sulit dipahami dan jarang terlihat di luar laut dalam.

Baca Juga: Penyelam Ungkap Kehidupan di Titik Terdalam Bumi Palung Mariana, Miris Ada Sampah Plastik!

Namun awal bulan ini, tubuh utuh ikan laut dalam ini terlihat di Crystal Cove State Park di Orange County, California, oleh pengunjung pantai dan nelayan bernama Ben Estes, menurut laporan The Guardian.

Kronologis persisnya ikan tersebut bisa sampai di sana masih menjadi misteri.

"Untuk melihat anglerfish utuh sangat jarang, dan nggak diketahui bagaimana atau mengapa ikan itu sampai di pantai," tulis staf di Crystal Cove State Park dalam sebuah postingan di halaman Facebook mereka.

Pihak mereka menyebut, makhluk nyeremin tersebut biasanya ditemukan di kedalaman laut sekitar 3.000 kaki atau 914 meter.

Baca Juga: Nggak Cuma Sampah Plastik, Penyelam Temukan Ikan Terlilit Cincin Kawin Emas

Lebih dari 200 spesies anglerfish ditemukan di seluruh dunia, dan para pejabat Crystal Cove State Park menetapkan bahwa spesimen dalam kasus ini kemungkinan besar adalah spesies anglerfish yang disebut ikan pacific football atau nama ilmiahnya adalah Himantolophus groenlandicus.

Ikan ini sendiri memiliki keunikan yang jarang dimiliki jenis ikan lain.

Mengutip Live Science, metode reproduksi ikan tersebut bisa dibilang nggak biasa. Si pejantan menempel pada betina dengan giginya dan menjadi “parasit seksual” yang akhirnya menyatu dengan tubuh ikan betina sampai nggak ada yang tersisa dari tubuh mereka kecuali testis untuk keperluan reproduksi.

Disebut parasit seksual karena ikan jantan yang telah menggigit ikan betina akan mengambil nutrisi dari aliran darah ikan betina.

Proses perkawinan tersebut jadi semacam menghasilkan simbiosis mutualisme, dengan keuntungan ikan jantan mendapatkan makanan secara instan dan betina mendapat sperma sesuai permintaan. Itulah lingkaran kehidupan ikan anglerfish yang terus berputar.

Crystal Cove State Park

Anglerfish memiliki cara reproduksi yang nggak biasa.

Baca Juga: Bong Joon-ho Garap Film Animasi Pertamanya Berbahasa Korea tentang Makhluk Laut

The Guardian menyebut, spesimen yang nggak biasa dalam kasus ini rencananya akan dipindahkan ke Museum Sejarah Alam Los Angeles (Natural History Museum of Los Angeles) untuk menjadi bagian dari koleksi museum tersebut.

Sebelum dipindahkan ke museum, tubuh ikan itu sedang diteliti oleh para pejabat dari Crystal Cove State Park dan Departemen Ikan & Margasatwa California (California Department of Fish & Wildlife), sebagaimana dilaporkan CNN.

"Melihat ikan yang aneh dan mempesona ini merupakan bukti keanekaragaman kehidupan laut yang bersembunyi di bawah permukaan air di KPL [kawasan perlindungan laut] California," kata Crystal Cove State Park dalam postingannya, seperti dikutip Live Science.

"Dan karena para ilmuwan terus mempelajari lebih lanjut tentang makhluk laut dalam ini, penting untuk merefleksikan seberapa banyak yang masih bisa dipelajari dari lautan kita yang indah kini," jelas mereka.

Ikan angler atau anglerfish ini kerap juga disebut sebagai ikan iblis karena penampilannya yang menyeramkan. Bentuk tubuh ikan laut dalam ini sangat khas dan punya kesan antagonis atau jahat.

Ikan ini pun pernah muncul dalam film Finding Nemo yang dirilis pada tahun 20113 silam. (*)

Baca Juga: Kerap Dianggap Jahat, Justru Plankton di Laut Ini Penyumbang Oksigen Terbesar di Bumi

Editor : Al Sobry

Sumber : CNN, Live Science, The Guardian

Baca Lainnya