Google Rilis Android 12, Tampil Lebih Fresh dengan 'Material You'

Rabu, 19 Mei 2021 | 17:20
Blog Google

Tampilan Android 12 bisa menyesuaikan wallpapernya.

HAI-Online.com – Google akhirnya ngumumin sistem operasi Android versi terbaru mereka, Android 12 pada event Google I/O yang digelar secara online mulai Selasa (18/5/2021).

Meski masih berstatus beta preview, kalian udah bisa ngintip sejumlah fitur dan tampilan baru yang dibawa Android versi ke-12 ini.

Baca Juga: Brave Girls Konfirmasi Bakal Comeback Juni dengan Musik Barunya

Dari sisi tampilan, Android 12 membawa perubahan yang cukup drastis dengan warna-warna pastel dan user interface (UI) yang lebih mudah dipahami.

Material You

Google menyebut desain baru di Android 12 ini sebagai "Material You".

Pengguna dapat mengubah tampilan OS Android dengan sejumlah warna yang tersedia.

Jadi, jika pengguna memilih salah satu wallpaper, nantinya sistem akan secara otomatis menentukan warna apa yang dominan dan terlihat bagus untuk ditampilkan.

Baca Juga: Asyik Nih! Sekarang Berwisata ke Luar Angkasa Cukup Pake Google Chrome

Warna-warna itu nantinya juga akan diterapkan di layar notifikasi, lock screen, menu pengaturan volume, widget, dan lainnya, sehingga tampilan UI secara keseluruhan terlihat senada.

Selain itu, di Android 12 ini kalian bakal dimanjakan dengan banyak animasi baru yang smooth, mulai dari lockscreen hingga scrolling.

Tampilan ikon dan widget di Android 12 juga tampak lebih membulat, seperti yang kita lihat di iOS milik Apple.

Blog Google

Widget pada Android 12 yang tampil lebih fresh.

"Kemampuan ini dihasilkan berkat kolaborasi antara tim perangkat lunak, perangkat keras, dan tim Desain Material kami. Kami menyatukan ekosistem perangkat lunak dan perangkat keras kami di bawah satu bahasa desain," kata Google dalam postingan blognya.

Baca Juga: Apa Itu WhatsApp GB? Inilah Penjelasan dan Bahaya Penggunaannya

Diklaim lebih responsif

Selain desain tampilan, Google turut meningkatkan kinerja Android 12 untuk membuat perangkat jadi lebih responsif dan irit daya.

Sistem operasi Android teranyar ini diklaim mampu mengurangi beban kerja prosesor (CPU) hingga 22 persen, serta menghemat penggunaan server sistem hingga 15 persen.

Android 12 juga membawa perubahan pada desain notifikasi. Bayangan notifikasi kini menampilkan aplikasi apa pun yang sedang dibuka oleh pengguna, seperti ketika mendengarkan lagu atau menonton video.

Menu Quick Settings juga memungkinkan pengguna dapat mengontrol seluruh opsi hanya dengan mengusap dan mengetuk satu kali.

Pengguna juga bisa memanfaatkan Asisten Digital dengan cara menekan lama tombol daya untuk melakukan panggilan telepon, membuka aplikasi, mengajukan pertanyaan, atau membacakan artikel.

Pengaturan privasi yang transparan

Google juga menyematkan sejumlah fitur privasi baru ke dalam aplikasi untuk memberi pengguna lebih banyak transparansi dan kontrol terhadap data pribadi mereka.

Selain itu, Google juga mengubah sedikit desain dari kotak perizinan aplikasi ketika ingin mengakses data seperti lokasi, mikrofon, kamera, dan sejumlah data lainnya.

Android 12 sendiri saat ini masih ada di tahap Beta 1. Berdasarkan keterangan di laman developer Android,versi final belum akan dirilis hingga setidaknya akhir tahunnanti.

Jika kalian tertarikmencicipi Android 12, kalian bisa mengunjungi lamandeveloper resmi Android di siniyang tersedia untuk sejumlah device.

Baca Juga: Bagikan Fitur Unggah CV, TikTok Kini Bisa Dipake Buat Cari Kerja!

(*)

Editor : Al Sobry

Sumber : Blog Google

Baca Lainnya