Follow Us

Bagikan Fitur Unggah CV, TikTok Kini Bisa Dipake Buat Cari Kerja!

Hanif Pandu Setiawan - Selasa, 18 Mei 2021 | 20:15
TikTok tengah menguji coba fitur baru untuk pencarian kerja.
Solen Feyissa/Wikimedia

TikTok tengah menguji coba fitur baru untuk pencarian kerja.

HAI-Online.com – TikTok terus menambah fitur baru buat semakin menarik penggunanya.

Salah satunya yang sedang diuji coba adalah fitur untuk membantu kita dalam mencari pekerjaan.

Aplikasi berbasis video pendek ini menghadirkan fitur yang memungkinkan para penggunanya bisa mencari pekerjaan lewat TikTok dengan mengunggah portofolio maupun CV di akun mereka, mirip aplikasi pencarian kerja seperti JobStreet hingga LinkedIn.

Layaknya aplikasi pencarian kerja, perekrut juga bisa mencari kandidat pekerja melalui aplikasi yang ini.

Axios melalui Enterpreneur.com menyebut, fitur tersebut nggak akan ditampilkan pada laman inti TikTok dan menggantikan tampilan umum seperti yang sekarang kita nikmati.

Baca Juga: Half Filter yang Bikin Wajah Jadi Cakep Viral di TikTok, Begini Cara Pakainya

Alih-alih, fitur yang membantu kita menemukan pekerjaan atau merekrut orang ini, akan dijadikan sebagai laman web khusus yang bisa menghubungkan orang-orang terkait.

Menariknya, nggak seperti aplikasi penyedia pekerjaan pada umumnya yang mengharuskan pengguna mengunggah CV dan resume berformat teks, pengguna bisa menggunakan resume berupa video untuk kemudian bisa disematkan pada profil pengguna.

Hal ini pastinya menjadi berkah tersendiri bagi kaum muda, terutama gen Z dan milenial yang saat ini menghadapi tantangan perkembangan dunia teknologi sekaligus kondisi pandemi.

Kalian bisa mengekspresikan diri dalam video profil yang dibuat sebaik mungkin, dengan menunjukan kualitas diri dan prestasi untuk mendapat kesempatan memperoleh pekerjaan yang kalian inginkan lewat TikTok.

Selain itu, perusahaan atau recruiter juga bisa leluasa dan banyak menjangkau kaum muda kreatif melalui aplikasi berjejaring luas TikTok.

Namun demikian, hingga saat ini TikTok belum memberi keterangan resmi kapan fitur baru ini akan resmi diperkenalkan kepada publik secara luas. (*)

Baca Juga: TikTok Lite Udah Tersedia, Ini 4 Perbedaannya dengan Versi Biasa

Source : enterpreneur.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest