Kalo Kucing Kalian Nggak Mau Makan? Ketahui 7 Hal yang Jadi Penyebabnya

Jumat, 14 Mei 2021 | 10:00
Wikimedia

Bengal

HAI-Online.com - Siapa nih yang punya kucing di rumah tapi akhir-akhir ini nggak mau makan? Nah, bisa jadi ada penyebabnya lho. Tentu hal ini harus kalian perhatikan juga ya.

Baca Juga: Nggak Mau Kena Darah Tinggi di Usia Muda, Olahraga yang Benar Jadi Solusinya

Salah satu perubahan pola makan yang bisa terjadi adalah kucing nggak mau makan. Untuk itu, ada beberapa penyebab kucing nggak mau makan seperti yang dilansir Kompas dari PetMD (31/7/2020), yuk simak di bawah ini.

1. Sakit saluran pernapasan

Bisa jadi salah satu faktor kucing nggak mau makan ya karena sakit saluran pernapasan. Jika pernapasannya terganggu, kucing akan mengalami penurunan nafsu makan. Bisa jadi disebabkan karena penyakit infeksi dan non infeksi.

Penyakit infeksi yang sering terjadi pada kucing adalah flu. Penyakit non-infeksi pada kucing yang mungkin terjadi adalah poli atau tumor pada rongga hidungnya.

2. Sakit gigi

Bukan hanya manusia, tapi kucing juga bisa mengalami sakit gigi. Nah, kadang kucing mengalami radang pada gusinya yang menyebabkan kucing kesakitan dan nggak mau makan. Selain itu, ada juga kasus kucing mengalami abses gigi, gigi berlubang, gigi fraktur, hingga kanker mulut.

3. Gangguan pencernaan

Gejala paling umum dari kucing yang terkena gangguan pencernaan adalah mual dan muntah. Kucing akan terlihat lapar dan ingin makan, namun nggak jadi makan. Bisa jadi mual pada kucing disebabkan penyakit ginjal dan konsumsi obat-obatan. Selain itu, kucing juga bisa mengalami sakit pada lambung, usus, pankreas, atau organ pencernaan lainnya. Penyebabnya mulai dari refluks asam lambung, tumor, hingga parasit.

Baca Juga: 9 Tanda Kalian Kalian Mungkin Perlu Berhenti Makan Makanan Pedas

4. Gangguan emosional

Bukan hanya manusia, tapi kucing juga bisa merasa stress atau cemas. Contoh penyebab kucing stress adalah kehilangan anggota keluarga di rumah, kedatangan anggota keluarga baru, perubahan posisi kandang, dan tempat makan.

Untuk anak kucing sendiri butuh perhatian khusus jika nggak mau makan. Anak kucing mulai memakan makanan padat diusia 6-8 minggu.

Nah, perlu kalian ketahui juga nih soal anak kucing, ada beberapa penyebab anak kucing nggak mau makan.

5. Anak kucing sedang belajar mengenal makanan

Kucing yang baru mulai makan harus dikenalkan dan mencoba beradaptasi dengan berbagai tekstur dan rasa makanan. Makanan yang bisa dikenalkan kepada kucing bisa berupa makanan basah dan makanan kering. Mungkin saja pada tahap ini kucing sering menolak jenis makanan tertentu.

Khusus makanan basah, coba sajikan dengan suhu agak hangat. Makanan yang agak hangat akan tercium aroma yang lebih menggugah selera. Ini untuk memancing kucing yang nafsu makannya sanga dipengaruhi oleh indera penciumannya.

6. Anak kucing terkena infeksi saluran pernafasan

Perlu diketahui, kalau anak kucing juga bisa terkena flu. Anak kucing biasanya bakal mengalami hidung tersumbat, demam, dan nggak nafsu makan. Nafsu makan kucing sangat bergantung pada indera penciumannya. Jika hidungnya tersumbat, maka kucing biasanya nggak napsu untuk makan.

Salah satu solusi kalian juga bisa membawa anak kucing ke dokter hewan jika sudah menunjukkan gejala flu yang parah. Gejalanya, seperti bersin berkali-kali, mata dan hidung berair.

Baca Juga: Literasi Keuangan Remaja Indonesia Rendah, HSBC Ajak Pelajar Mapan Finansial!

7. Anak kucing memakan benda asing

Nah, anak kucing ini memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, bisa jadi dia memakan benda-benda asing yang nggak seharusnya dimakan. Benda-benda yang mungkin termakan oleh anak kucing yaitu tali, ikat rambut, mainan kecil, dan benda kecil lainnya.

Jika terlanjur kemakan dan anak kucing muntah serta nggak bisa mengeluarkan benda asing tersebut dari dalam perutnya, maka diperlukan tindakan operasi yang mengharuskannya dibawa ke dokter hewan. Dilansir dari The Spruce Pets (17/2/2021), tanpa makanan beberapa hari kucing akan mengalami hepatic lipidosis. Ini merupakan penyakit pada hati dan bisa mematikan jika nggak segera ditangani.

Demikianlah 7 penyebab kucing nggak mau makan. Buat kalian yang memang merasa kucingnya mengalami gejala atau ciri-ciri seperti disebutkan di atas, maka kalian harus lebih tanggap agar tidak terjadi hal yang lebih buruk.

Baca Juga: Murah, Bergizi Pula! Ini 5 Manfaat Tempe Kalo Dikonsumsi Tiap Hari

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "7 Penyebab Kucing Tidak Mau Makan dan Penjelasannya"

Editor : Al Sobry

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya