CEO Spotify Pengen Beli Arsenal, Netizen: Bayar Royalti Musisi Dulu Kali

Minggu, 25 April 2021 | 14:30
Wikimedia

Daniel Ek - CEO Spotify

HAI-ONLINE.COM -CEO Spotify Daniel Ek telah menyatakankeiningannya untuk membeli Arsenal FC jikamemang masuk dalam daftarjual. Hal initerjadi setelah ribuan penggemar yang marah berkumpul di luar Stadion Emirates klub sebelum pertandingan melawan Everton pada Jumat (23 April) untuk memprotes pemiliknya saat ini, miliarder Amerika Stan Kroenke.

Arsenal adalah salah satu dari enam klub Liga Premier yang pada awalnya setuju untuk bergabung denganEuropean Super Leagueyang baru dibentuk, sebuah kompetisi terpisah yang dirancang secara eksklusif untuk menyaingi Liga Champions.

Baca Juga: Polemik European Super League Bikin Liam Gallagher hingga Tim Burgess Sempat Kesal

Langkah kontroversial itu ditanggapi dengan kecaman dan protes yang meluas dari para penggemar di seluruh Eropa. Saat ini, Arsenal dan klub EPL lain telah menarik diri dari kompetisi tersebut.

Menyusul protes, Daniel Ek, yang dilaporkan memiliki kekayaan di wilayah $ 4,7 miliar, mengatakan dia akan tertarik untuk membeli klub jika akhirnya dipasarkan.

"Saat saya tumbuh besar sebagai seorang anak kecil, saya selalu mendukung @Arsenal selama yang saya bisa ingat," tulisnya. “Jika KSE ingin menjual Arsenal, saya akan dengan senang hatiuntuk bersaing untuk mendapatkan itu.”

Atas cuitan dari DanielEk tersebut, warganet pun langsung bereaksi untuk mengomentari pernyataan tersebut, termasuk pentolan dari The Charlatans, Tim Burgess, yang menuliskan, "Bisakah kami meminta anda untuk menyelesaikan masalah dengan musisi dahulu sebelum memikirkan nasib para pesepakbola ??"

Terus sejalan dengan tweet Burgess, banyakwarganet yang juga menyinggung kritik yang dihadapi Spotify dalam beberapa tahun terakhir yang tidak memberikan kompensasi yang cukup kepada artis untuk pekerjaan mereka, bahkan bercanda bahwa pemain Arsenalnggakakan mungkin mau untuk menerima bayaran seperti"0,000007p".

“Persetan dengan Spotify. Bayar artisnya dulu, lalu pertimbangkan untuk membeli Arsenal, "kata salah satu warganet, sementara yang lain menulis," Jika CEO Spotify membeli Arsenal, apakah itu berarti para pemainnggak bakal dibayar lagi?" Warganetketiga menulis, "Jangan mengira mereka akan menerima bayaran 0,000007p, bro."

Komentar dari warganet ini muncul setelah beberapa waktu laluApple Music telah memberikan pernyataan resmi kepada artis dan label yang mengatakan bahwa mereka akan membayar dua kali lipat dari rata-rata yang dilakukan Spotify per streaming.

Menurut angka dari tahun lalu, di AS Spotify membayar rata-rata $ 0,00437 per streaming sementara Apple Music membayar rata-rata $ 0,00735.

Baca Juga: Apple Music Berikan Royalti Dua Kali Lipat dari Spotify per Streaming

Dalam surat tersebut, yang dikirim ke label dan penerbit, Apple Music mengatakan sekarang membayar rata-rata satu sen per streaming. Namun, ia menambahkan bahwa tarif ini akan bervariasi sesuai dengan paket langganan dan negara tempat pendengar berada.

Mendapatkan banjiran kritik, warganet lain masih melihat sisi cerah dari keinginan Daniel Ek mengambil alih kepemilikan Arsenal. Jurnalis Constantin Eckner juga urun berpendapat dengan cuitan, “Penggemar Arsenal akan mendapatkan Spotify Premium gratis!”

Seorang penggemar mengatakan mereka akan membatalkan langganan Apple Musicnya dan mulai berlangganan Spotify jika Ek benar akan menjadi pemilik Arsenal yang berguna untuk membantu menambah dana transfer untuk belanja pemain.

"Kalo kamujadi membeli Arsenal,aku pasti akan membatalkan langganan Apple Musicku danmulai langganan Spotify," tulisnya. “Dengan begituaku tahu bahwa uangku akan membantu Arsenal untukmendapatkan Haaland dan Mbappe.”

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya