Follow Us

Apple Music Berikan Royalti Dua Kali Lipat dari Spotify per Streaming

Ferry Budi Saputra - Selasa, 20 April 2021 | 11:28
Apple Music Umumkan Bayaran Royalti Dua Kali Lipat dari Spotify per Streaming
Hippopx.com

Apple Music Umumkan Bayaran Royalti Dua Kali Lipat dari Spotify per Streaming

HAI-Online.com - Apple Music dikabarkan telah mengirim surat kepada artis dan label musik yang mengumumkan bahwa sekarang para musisi dapat bayaran royalti dua kali lipat dari rata-rata yang dilakukan Spotify per streaming.

Baca Juga: Podcast dan Musik Religi Jadi Andalan Spotify Temani Ngabuburit Pendengar

Melansir NME, menurut data tahun lalu di AS, Spotify membayar rata-rata $ 0,00437 per streaming sementara Apple Music membayar rata-rata $ 0,00735.

Dalam surat tersebut, Apple Music mengatakan sekarang membayar rata-rata satu sen (Rp100 lebih) per streaming. Diinformasikan juga tarif bervariasi sesuai dengan paket langganan dan negara tempat pendengar streaming.

"Saat diskusi tentang royalti streaming terus berlanjut, kami percaya penting untuk berbagi nilai-nilai kami," kata layanan streaming tersebut dalam surat tersebut.

“Kami percaya bisa membayar setiap kreator dengan tarif yang sama, setiap rekaman yang diputar memiliki nilai dan kreator tidak perlu membayar (untuk musik mereka yang dipromosikan oleh Apple),” tulisnya.

Baca Juga: Meski Udah Banyak yang Ninggalin, Spotify Bakal Luncurin Fitur Mirip Clubhouse

Catatan itu menambahkan bahwa 52 persen dari pendapatan langganan dibayarkan ke label rekaman. Apple Music terakhir mengonfirmasi basis langganannya mencapai 60 juta pengguna pada Juni 2019, tetapi diperkirakan jumlah itu sekarang telah meningkat menjadi sekitar 72 juta.

Di sisi lain, Spotify memiliki 155 juta pelanggan berbayar dan total 345 juta pengguna. Selain itu, pada bulan lalu platform tersebut meluncurkan situs web baru bernama Loud & Clear, yang dirancang untuk meningkatkan transparansi tentang cara membayar artis.

Namun, artis dan anggota industri musik mengkritik situs web tersebut, disebutkan bahwa situs tersebut tidak memberikan jawaban yang mereka minta dari Spotify.

“Musisi menuntut satu sen per streaming dari @Spotify dan sebagai gantinya mereka membuat beberapa situs web berbelit-belit yang bagi mereka itu jelas untuk mencoba menarik perhatian musisi agar berpikir bahwa itu salah mereka," tweet Zola Jesus pada saat itu. (*)

Baca Juga: Spotify Rilis Playlist ‘Vaccine Songs’ Rayakan Vaksinasi COVID-19

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest