Banyak Gangster dan Mafianya, Kisah Klub Italia Como 1907 yang Dibeli Orang Kaya Indonesia Tayang di MolaTV

Rabu, 21 April 2021 | 13:49

Poster Como 1907

HAI-Online.com- Salah seorangkeluarga terkaya di Indonesia, Bambang Hartono tiba-tiba muncul dalam serial dokumenter berjudul "Como 1907: The Real Story" yang telah tayang di MolaTV.

Dia berkata, sebagian dirinya kini adalah milik Italia, sebagian lagi Indonesia. Yap, tak perlu tercengang dengan pemberitaan kepemilikan grup Djarum dalam mengakuisisiklub sepak bola seri 3 Italia Como 1907.

Dalam tayangan dokumenter series yang juga dibuat oleh studio MolaTV (masih grup Djarum), penonton bakal bisa mendapatkan cerita apa adanya seputar bisnis klub sepak bola legendaris di Italia, Como 1907.

Baca Juga: Dave Grohl Resmi Umumkan Serial TV bareng Ibu, 'From Cradle to Stage'

Banyak Gangster dan Mafianya, Kisah Klub Italia Como 1907 yang Dibeli Orang Kaya Indonesia Tayang di MolaTV

Pemimpin Mola TV Indonesia, Mirwan Suwarso mengatakan, dokumenter Como 1907: The Real Story adalah produksi pertama studio mereka yang pada musim pertamanya ini telah siap ditayangkan di seluruh pelosok dunia.

Kisah kebangkitan klub ini pun diklaim mendapatkan respons positif lantaran cerita seperti itu tidak dapat ditemukan di film serial dokumenter lain.

"Karya kami sebelum ini hanyatayang di beberapa negara saja, namun dokumenter Como adalah karya pertama yangmendapatkan distribusi ke seluruh dunia,“ ucap Mirwan pada Selasa (20/4/2021) kemarin.

Menunurtnya, keunggulan film dokumenter ini adalah penceritaan apa adanya seputar bisnis klub sepak bola di kasta ketiga Italia, dimana manajemen harus menghadapi banyak urusan dengan gangster dan mafia yang mungkin tidakditemukan di klub-klub besar dunia, seperti menghadapi pemerasan, penipuan dan sejarah kejayaan masalalu yang terus menghantui klub yang terpuruk ini.

"Hal ini yang tidak ditemukan di dokumenter sepak bola lain sebelumnya, sehingga mendapatkan respon sangat positif di pasar kontenhiburan,” tambah Mirwan.

Serial Como 1907: The Real Story tidak hanya menampilkan personil klub Como saja, namun ada juga tokoh-tokoh ternama seperti Gianluca Zambrotta, Adriano Galliani, dan mantan Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi.

Baca Juga: Sebuah Film Pendek Rangkum Kisah 'Tenang' di Lagu Terbaru Yura Yunita

Pada musim pertamanya ini, seri Como 1907 tak juga hanya menampilkan berbagai masalah, dari urusan teknis seperti pembelian dan pengembangan pemain, bisnis usaha klub, hingga pengelolaan infrastruktur stadion yang sempat terbengkalai itu.

Salah satu yang menarik, adalah kisah prekruitan pemain Como 1907 paska akuisis, yaitu mereka mendatangkanpemain asal Maroko Ismail H'Maidat. Perekrutannya sendiri diusulkan oleh Direktur Sepak Bola klub, Charly Ludi.

Como mendatangkannya secara bebas transfer setelah ia memperkuat Westerlo di Liga Belgia dua musim sebelumnya.

Satu hal yang menarik adalah H'Maidat didatangkan Como walau ia pernah dipenjara karena terlibat kasus perampokan.

Namun, ia mengatakan semua tuntutan telah dijatuhkan dan ia hanya terlibat karena kejahatan dilakukan dengan mobilnya.

"Jika seseorang telah melakukan kesalahan dan membayar hutangnya kepada masyarakat, pada titik manakah Kamu bakal memberi mereka kesempatan lagi?" tutur Gandler menjustifikasi kedatangan sang pemain dalam bocoran cuplikan dokumenter tersebut.

Tentu kisah-kisah lainnya akan bikin penasaran penonton, karena itu Mirwan menambahkan dokumenterComo 1907 tidak berhenti di musim pertamanya. Ia bahkan sudah mengungkap soal rencana produksi untuk musim keduanya, meski dirinya mengakui saat ini masih terkendala pandemi.

Baca Juga: Penyebab The Falcon and The Winter Soldier Episode Ketiga Heboh dan Banyak Spoilernya!

Sementara menanti musim kedua dan seterusnya, kenapa nggak sebagai pembuka kita menyaksikan terlebih dahulu kisah klub yang bermarkas di Sinigaglia, Como, Italia utara, 30 menit dari Milan ini untuk tahu sejarah lama dan baru yang akan ditorehkannya hanya di MolaTV. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya