Peringati Hari Kartini 21 April, 3 Film Perjuangan Kartini Ini Wajib Ditonton

Rabu, 21 April 2021 | 10:19
IMDb

Peringati Hari Kartini 21 April, 3 Film Perjuangan Kartini Ini Wajib Ditonton

HAI-Online.com – Hari Kartini diperingati setiap 21 April. Perjuangan R.A. Kartini tentu tidak akan pernah terlupakan.

Tekadnya yang kuat dalam melawan penindasan dan memperjuangkan kesetaraan kaum wanita membuat dirinya akan selalu dikenang.

Baca Juga: Tiga Film Dokumenter Baru Kasus Pengadilan Johnny Depp Dikabarkan Lagi Digarap

Nah, untuk memperingati Hari Kartini ini, HAI bakal kasih kalian tiga film tentang kisah pahlawan nasional kelahiran Jepara tersebut.

Langsung aja cek di bawah ini.

1. Kartini (2017)

Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini menampilkan Dian Sastrowardoyo sebagai Kartini. Berlatar pada era 1900-an, Indonesia yang masih berada di bawah penjajahan Belanda membuat para wanita saat itu tidak diizinkan untuk mengenyam pendidikan yang terlalu tinggi.

Wanita di daerah Jawa kala itu hanya memiliki satu tujuan, yaitu menjadi istri dari laki-laki keluarga ningrat. Namun, Kartini memiliki pandangan yang berbeda. Ia tidak ingin pendidikan hanya diperuntukkan bagi kaum pria saja.

Dirinya juga telah melihat bagaimana ibunya, Ngasirah (Christine Hakim), menjadi orang terbuang di rumahnya sendiri karena tidak memiliki darah ningrat. Akhirnya, dengan tekadnya yang kuat, Kartini memperjuangkan kesetaraan dan pendidikan untuk kaum wanita dan kaum miskin bersama dua saudarinya, Roekmini (Acha Septriasa) dan Kardinah (Ayushita).

Bagi kalian yang ingin melihat perjuangan Ibu kita Kartini, film ini menjadi salah satu film yang cocok untuk ditonton.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Drama Korea Terseru Versi Fatin, Ghea dan Arafah

2. Surat Cinta untuk Kartini (2016)

Surat Cinta untuk Kartini merupakan film fiksi sejarah karya Azhar Kinoi Lubi. Kisahnya mengikuti seorang tukang pos duda bernama Sarwadi (Chicco Jerikho) yang baru saja pindah dari Semarang ke Jepara. Pada hari pertamanya bekerja, Sarwadi mendapatkan surat yang harus ia antarkan kepada Kartini (Rania Putrisari).

Begitu dirinya melihat Kartini yang cantik, Sarwadi langsung jatuh cinta kepadanya. Perasaan cintanya semakin kuat setelah dirinya mengetahui tekad besar Kartini untuk memperjuangkan pendidikan bagi semua orang, terutama kaum wanita.

Meski pandangan Kartini kerap dikritik dan dianggap aneh, semangat Sarwadi tidak pernah luntur untuk mendekati Kartini. Bahkan ia mengirim anak perempuannya, Ningrum (Christabelle Grace Marbun), untuk mengenyam pendidikan di sekolah Kartini. Namun, hatinya harus hancur ketika ia mendengar sebuah kabar tentang Kartini yang beredar di Jepara. Kabar apakah yang sebenarnya diterima oleh Sarwadi? Langsung aja tonton film ini untuk mengetahui lebih lengkap tentang kisah Sarwadi dan Kartini.

Baca Juga: Superhero Asia di Trailer Shang Chi and Legend of The Ten Rings Resmi Dirilis Marvel

3. R.A. Kartini (1982)

Film ini yang pertama kali mengadaptasi kisah Kartini, enampilkan aktris Yenny Rachman sebagai Kartini. Digarap oleh Sjumandjaja, film ini diangkat dari buku biografi Kartini karya Sitisoemandari Soeroto.

Mirip dengan adaptasi film Kartini (2017), ceritanya juga berfokus pada kehidupan Kartini ketika ia masih muda hingga dewasa. Melalui film ini, Anda akan menyaksikan perjuangan Kartini dalam meningkatkan kesetaraan wanita hingga mendirikan sekolah untuk mengangkat martabat wanita dan kaum miskin.

Bahkan, detik-detik Kartini menghembuskan napas terakhirnya pada usia 25 tahun juga diceritakan dalam film ini. Film yang sangat menarik untuk kalian tonton.

Nah, itu tadi tiga film tentang Kartini yang menceritakan kehidupan dan perjuangannya. Film ini cocok banget buat kalian dalam memperingati Hari Kartini yang jatuh pada 21 April.

Baca Juga: Bahas Kekerasan Anti Asia di Amerika, Sutradara Parasite: Belajarlah dari Film 'Do The Right Thing'

Editor : Al Sobry

Sumber : Kompas.com, IMDb

Baca Lainnya