Inilah Penjelasan Ilmiah Kenapa Bass Jadi Unsur Terpenting dalam Musik

Minggu, 21 Maret 2021 | 21:01
Wikimedia

Flea, bassis Red Hot Chili Peppers.

HAI-Online.com – Bassis mungkin bukan menjadi personel yang paling menonjol di antara personel lain seperti vokalis, gitaris atau drummer pada sebagian besar band.

Namun tahu, nggak, sih bahwa bass, yang banyak nggak kita sadari, merupakan unsur terpenting dalam sebuah komposisi musik?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Proceeding of the National Academy of Science (PNAS), persepsi waktu yang unggul atas nada rendah menjadi alasan kenapa instrumen dengan rentang nada rendah menjadi pondasi dalam ritme musik.

Dengan kata lain, bass adalah unsur terpenting dalam sebuah lagu.

Baca Juga: Album Pengantar Tidur Nyenyak, Lelap Dirilis Saat World Sleep Day 2021

Studi tersebut mengungkapkan bahwa otak manusia bisa lebih mudah menemukan dan memahami ritme saat dimainkan pada tone yang lebih rendah seperti bass.

Hal itu membuat kita cenderung lebih bisa berangguk-angguk mengikuti unsur bass pada sebuah lagu dengan lebih mudah ketimbang instrumen dengan nada tinggi lain seperti gitar dan drum.

“Hasil dari model perifer auditori yang masuk akal menunjukkan bahwa dinamika koklea non-linier berkontribusi pada efek yang diamati,” tulis laporan tersebut sebagaimana dikutip NME.

Masih menurut laporan PNAS tersebut, efek superioritas suara rendah dalam sebuah pengaturan rentang waktu menjelaskan kenapa musik yang kita dengar saat ini menggunakan unsur bass sebagai pondasi ritmik untuk melengkapi nada dan melodi dari nada tinggi.

Baca Juga: Warpaint Cover 'Paralysed' dari Gang of Four, Bagian dari Album Tribut Andy Gill

Sebagai tambahan, hasil studi lain dari Universitas Northwestern mengungkapkan bahwa lagu-lagu yang menampilkan lebih banyak unsur bass membuat pendengar merasa lebih bertenaga dan percaya diri.

Karena itulah kita selalu mendapatkan sensasi yang menyenangkan saat mendengarkan unsur bass dalam lagu yang kita dengar. Khususnya, jika lagu tersebut memiliki karakter bass yang kuat seperti yangbanyak kita temukan dilagu-lagu Red Hot Chili Peppers atau Muse.

Nah, jadi jangan sepelekan peran seorang bassis dalam sebuah band ya, sob. (*)

Baca Juga: 3 Alasan Ilmiah Kenapa Tokoh Kartun Banyak yang Berwarna Kuning

Editor : Al Sobry

Sumber : NME music

Baca Lainnya