Rencanakan Pergi ke Lombok di Masa Pandemi? Yuk, Dengar Dulu Cerita David John Schaap

Jumat, 19 Maret 2021 | 13:37
Dok. Tangkapan layar Podcast “Wisata Virtual: Merindu Pesona Lombok”

Pemandangan Desa Sembalun, Lombok.

Hai-Online.com –Banyak orang ragu-ragu untuk berlibur di masa pandemi seperti sekarang ini. Memang benar, tahap persiapan berlibur di masa pandemi Covid-19 lebih detail.

Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan dan dipertimbangkan. Dengan begitu, liburan enggak hanya berkesan tetapi juga aman dan nyaman. Misalnya saja, saat menentukan destinasi.

Sebaiknya, kamu memilih destinasi wisata di dalam negeri. Liburan di Indonesia aja terhitung cukup aman, apalagi kalau kamu memilih destinasi wisata alam seperti Pulau Lombok.

Pulau terbesar di gugusanKepulauan Nusa Tenggara, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut,menyimpan panorama alam yang mempesona.

Selain itu, Lombok pun dikenal denganseni dan budaya yang mengagumkan karena mayoritas masyarakatnya masih menjaga tradisi dan budaya leluhur mereka.

Baca Juga: Semarang Bakal Punya Wisata Bus Amfibi, Bisa Jalan di Air Sungai dan Darat

Lebih bagusnya lagi,para pelakuusaha di bidangpariwisata dan ekonomi kreatifLombok juga telah menerapkan sertifikasiCleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability(CHSE) sehingga wisatawan bisa berlibur dengan aman dan nyaman.

Keseruan dan nyamannya wisata di Lombok di tengah pandemi Covid-19 diceritakan oleh David John Schaap. Traveler kelahiran Pakistan, 14 April 1990 tersebut berbagi pengalamannya liburan di Lomboklewat Podcast Wisata Virtual “Merindu Pesona Lombok” yang digelar pada Rabu (10/3/2021), lewat aplikasi Zoom.

Padapodcastyang dipandu olehtravel influencerMarischka Prudence tersebutDavidmenceritakan petualangannya di Lombok dengan bantuan video dokumentasi.Menurut David yang sudah berkali-kali datang ke Lombok, pulau ini punya sejuta pesona.

David John Schaap menceritakan kisahnya saat berlibur di Lombok, NTB dalam Podcast Wisata Virtual: Merindu Pesona Bumi Lombok .

Lombok tak hanya menyuguhkan pantai dan bukit yang indah. Di sana terdapat juga terdapatDesa Wisata Sadeyang dapat menjadi tempat wisatawan mempelajari budaya dan kehidupan Suku Sasak yang adalah suku aslidi NTB.

“Saat datang ke sana, kita(dapat)berinteraksi langsung dengan penduduk di Desa Sade(serta)melihat bagaimana sejarah dan kebudayaanSuku Sasak. Tak hanya itu, kita bisa melihat bagaimana proses menenun pakaiankhas mereka,” kata David.

Baca Juga: MotoGP Resmi Pamerkan Rancangan Sirkuit Mandalika Indonesia

David juga mengungkapkan, banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi di Lombok.

“Lombok itu banyak pantai dengan beragam karakter, pasir yang bersih, air biru, dan terumbu karang yang menawan. Termasuk gunung rinjani juga cukup berkesan,” beber David.

Buat kamu yang telah berkeluarga, Pulau Lombokjuga dapatmenjadi pilihan destinasi wisata.Lombokcukup ramah bagi anak-anak.

“Lombok itu seratus persen aman untuk keluarga. Selain penginapan yang aman, di sana pantainya pun cukup aman karena tidak banyak ombak dan arusnya pun bisa dikatakan cukup tenang,” cerita David.

Lebih lanjut, David menjelaskan, Lombok memiliki fasilitas yang cukup lengkap sehingga Anda tak perlu lagi khawatir saat berlibur di sana.

“Untuk akomodasi, memang jarang ada kendaraan umum di Lombok. Namun, kamu bisa sewa kendaraan baik motor maupun mobil, sehingga bisaeksploretempat-tempat menarik di Lombok sendiri. Atau kamu juga bisa memanfaatkan fasilitastour and travel,” jelas David.

Baca Juga: Ini Dapua Mande, Rendang Pariaman yang Terinspirasi Oleh Pandemi Corona

Ditambah dengan penerapan protokol sesuai standar CHSE di hotel, tempat wisata, perjalanan, hingga restoran, kamu dan keluarga pun dapat berlibur dengan aman dan nyaman.

“Buat yang ingin berlibur kePulauLombok, enggak perlu khawatir soal protokol kesehatan karena semuanya sudah disiapkan dengan baik,” kata David.

Beragam produk dari UMKMbuat oleh-oleh

Buat kamu yang ingin membawa oleh-oleh saat pulang berlibur dari Lombok tak perlu khawatir, karena di sana banyak pelaku UMKM yang menyediakan beragam produk yangbisa jadi oleh-oleh. Beberapa di antaranya adalahcookies milk sorgum, teh celup daun kelor, hingga kopi khas Lombok yang semuanya merupakanproduksi UMKMbinaan Bank Indonesia.

Baca Juga: Kebangun Tengah Malem dan Nggak Bisa Merem Lagi? Coba 5 Tips Ini

"Semua harus dicoba dan kita harusbangga buatanIndonesia," ujar David.

Podcast Wisata Virtual “Merindu Pesona Lombok”merupakanbagian darirangkaian acaraKarya Kreatif Indonesia 2021 (KKI 2021)yang diprakarsai Bank Indonesia (BI).

Program dengan tema “Sinergi, Globalisasi, dan Digitalisasi UMKM termasuk Sektor Pariwisata” tersebut digelar dengan menggandeng kementerian dan lembaga terkait. Tujuan utamanya adalah membantu menggairahkan kembali wisata di Lombok dan geliat usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di sana.

KKI 2021 jadi wujuddukungan nyata Bank Indonesia sebagaimovement managerdalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia Aja.

Pada acara tersebut, peserta tak hanya mendapatkan cerita dan pengalaman menarik dari David John Schaap saat berwisata diLombok. Di akhir acara3 pesertayang beruntung mendapatdoorprizeuang elektronik sebesar Rp 1,5 juta.

Baca Juga: Rilis Video Live 'Pluto', Phum Viphurit Ngasih Kode Bakal Rilis Sesuatu

Podcasttersebut merupakan seri 1 dari KKI 2021. Pada seri ini peserta dapat mengikut kompetisi fotobertemakeindahan alam Lombok. Caranya,kamu tinggalmengunggah foto keindahan alam Lombok di akun Instagram dan pastikan tag akun Instagram@karyakreatifindonesialalusertakan tagar#KKI2021 #eksostimelombok #diindonesiaaja.

Nah, bagikamu yang maumendapatkan beragam pengetahuan dan sejarah tentangDesa Wisata Bilebantedi NTB, saksikantalkshowseru di KKI 2021 seri 2 pada Rabu, 24 Maret 2021 pukul 9.30 WIB.

Desa Wisata Bilebante merupakan ikon baru Wonderful Indonesia. Tak hanya ikuttalkshow, lojuga bisa mendapatkan beragam hadiah menarik di akhir acara.

Tak hanya itu, KKI 2021 juga akan menggelar pameran produk UMKM Unggulan BaliNusra yang akan dilaksanakan pada Rabu (24/3/2021) sampai Minggu (28/3/2021) di Fountain Atrium West Mall lantai 3A Grand Indonesia, Jakarta Pusat.

Di sana kamu bisa melihat langsung beragam kerajinan serta produk olahan khas Lombok, seperti kain tenun dan songket, dan beragam gerabah khas Lombok.

Untuk informasi lebih lanjut seputar Kaya Kreatif Indonesia 2021 Anda bisa mengunjungi tautan berikutini. Atau bisa juga dengan mengunjungi akun Instagram@karyakreatifindonesia

Editor : Sheila Respati

Baca Lainnya