5 Band Indonesia Yang Pakai Topeng Hingga Berpenampilan Antimainstream

Jumat, 19 Februari 2021 | 18:35
HAI

Kuburan Band

HAI Online.com - Yang namanya sebuah band, selain ingin menyuguhkan musik yang bagus, tentunya pengen punya selling point yang buatmereka dipandang unik dan nggak medioker.

Salah satunya adalah dengan tampil mengenakan atribut unik yang nggak pernah disuguhkan grup musik pada umumnya.

Formula kayak gini tampak berhasil disejumlah band mancanegara kayak KISS, Slipknot, Limp Bizkit, hingga Ghost, yang salah satu atau semua personilnya muncul dengan topeng hingga riasan wajah.

Baca Juga: Sepenggal Cerita Band Geisha yang Rilis Single Baru Feat. Dul Jaelani

Mereka pun jadi punya aksen tersendiri yang senantiasa diingat para fans sampai saat ini.

Nah, di Indonesia pun juga banyak band, khususnya dari ranah musik cadas, yang berhasil mengoptimalkan selling point ini.

Nggak cuma musiknya aja yang keren, tampilan mereka pun juga berkesan. Siapa aja mereka? Berikut HAI ulas 5 di antaranya.

1. Purgatory

Band yang telah terbentuk sejak 1991 ini memang telah mengalami beragam tranformasi, baik secara ideologi dalam bermusik hingga aksi panggung mereka.

Muaranya, band Indonesia beraliran hip metal ini pun memutuskan buat tampil antimainstream dengan mengenakan topeng.

Selain itu, di balik kemasan ala Slipknot tersebut, musik Purgatory nggak cuma menawarkan kadar kecadasan yang maksimal tapi juga nuansa religi yang nggak main-main dalam lagunya.

Baca Juga: Gini Jadinya Kalo Para Dedengkot Pop Punk Nge-cover Lagu Machine Gun Kelly

2. Mesin Tempur

Mesin Tempur juga merupakan sedikit dari band Indonesia yang muncul dengan mengenakan penutup wajah (topeng).

Unit grindcore asal Bandung ini pun kerap menyuguhkan penampilannya dengan aksi-aksi nyentrik di atas panggung, seperti membagikan cemilan kepada penonton hingga ngelempar jokes-jokes kedaerahan.

3. Anons

Mirip dengan Mesin Tempur, band nu metal Bandung bernama Anons juga hadir dengan konsep dan penampilan unik.

Sesuai nama mereka yang dapat diartikan sebagai anonim atau tanpa nama, keempat personel Anons hadir dengan memakai topeng.

Mereka pun masih konsisten untuk nggak mengungkap nama masing-masing personil yang sampe sekarang masih pada anon.

4. Kuburan Band

Mengedepankan pesona yang komikal, kuburan band konsisten dengan riasan wajah di masing-masing muka personilnya sejak album pertama mereka di tahun 2006.

Di sisi lain, Priya (vocal), Donny (gitar), Raka (gitar), Denny (bas), Dino (drum), dan Udhe (kibor) memang menamakan bandnya Kuburan.

Tapi faktanya mereka nyeremin sama sekali. Judul album populer mereka aja 'Booming!!!: be are the kill young pen think gun thank'.

Baca Juga: Nu Metal dengan Kearifan Lokal, Dengerin Lagu Baru Kobe 'Tangguh'

5. Voice Of Baceprot

Mereka emang nggak tampil dengan topeng ataupun riasan wajah. Namun untuk band yang memainkan musik cadas, Voice Of Baceprot pantas disebut sebagai band berpenampilan antimainstream dan nyentrik.

Bayangin aja, trio cewek berhijab tampil sangar dengan lagu-lagu hip metal dan funk metal yang 'mencabik' gendang telinga. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya