Kronologi Perseteruan Kado Valentine Settingan Fiki Naki untuk Dayana Menurut Manajer Akhzan

Rabu, 17 Februari 2021 | 10:16
Instagram.com/demi.demik

Dayana Asal Kazakhstan yang Viral di Youtube Fiki Naki

HAI-Online.com-Perseteruan Youtuber OmeTv Fiki Naki dan cewek Kazahktan, Dayana tengah memanas.
Kejadianbermula dari unggahan Dayana di Instagram Story tentang kekecewaannya terhadap kerja sama dia dengan Fiki Naki untuk membuat konten yang sudah ditentukan (settingan) di hari Valentine, yang melibatkan sponsor. Dalam konsep yang dibahas mereka, Dayana dibuat seolah mendapatkan kado yang dikirim Fiki Naki dari Indonesia, sementara Naki diatur seakan sedang mempersiapkan Valentine dari jarak jauh.

Baca Juga: Saingan Berat Dayana Nih, Fiki Naki Ketemu Cewek Cantik Thailand

Namun semua tak berjalan lancar, hingga akhirnya membuat manajer Dayana dan manajer Naki bersitegang, seperti kemudian diungkap manajer Dayana lewat Instagram Story @demi.manajer. Berikut rangkumannya dari Kompas.com.

Pembahasan awal

Dari pembicaraan antara manajer Dayana, yang dalam perbincangan itu disebut namanya Akhzan atau Adzan dan manajer Naki, Terre, semula semuanya berjalan baik.

Keduanya membahas tentang rencana menyiapkan kado dengan membeli barang yang diinginkan Dayana di Kazakhtan dan membungkusnya seolah itu dikirimkan oleh Naki dari Indonesia.

Pihak Naki menawarkan ide lain

Pihak Naki tiba-tiba mendiskusikan dengan pihak Dayana, untuk bisa membeli barang dengan uang mereka dulu sesuai anggaran yang sudah disepakati, dengan pertimbangan hari libur.

"Bisakah kamu membeli dengan anggaran yang saya katakan sebelumnya? Karenacampaignini akan dijalankan pas hari Minggu," tulis pesan dari pihak Naki.

Kemudian dijawab oleh pihak Dayana kalo mereka tidak bisa melakukannya karena akan menggunakan uang untuk anggaran menyewa apartemen. Rasanya sulit.

Permasalahan transfer

Kemudian terjadi masalah pembayaran, dimana dari Indonesia tidak bisa melakukan transaksi valas di hari libur.

"Semalam saya udah mencoba mengirimfeekamu. Dan kami nggak bisa karena ini libur dan akhir pekan," kata pihak Naki dalam percakapan.

Pihak Dayana sempat menawarkan melakukan pengiriman uang melalui Western Union, namun ditolak oleh pihak Naki, dengan alasan tidak pernah dan tidak ada aturan di perusahaan menggunakan itu.

Dalam percakapan itu, pihak Naki pun menawarkan untuk memilih barang dari online shop di negara Dayana, dan nantinya akan dibayar oleh pihak Naki. Sementara untuk pembayaran honor tetap dilakukan di hari Senin, hari kerja.

Collegecab

Ide kado menarik yang bisa diberikan kepada mereka yang dicintai meskipun sedang terhalang jarak.

Pembahasan pengiriman

Pihak Naki merekomendasikan untuk pihak Dayana merekayasa pengiriman barang dengan menggunakan contoh kardus kiriman dari Shipper.

"Mungkin kamu bisa pake ini atau di bagian atas, tapi tolong untuk mengambil gambar logonya dulu sebelum kamu membukanya," kata pihak Naki.

Pihak Dayana menyiapkan kardus, mencetak logo Shipper, kemudian mengirimkannya pada pihak Naki untuk mendapat persetujuan.

Dari pihak Naki meminta warna yang sama persis dengan yang dicontohkan, selain itu juga mengoreksi bentuk kardus yang ditawarkan pihak Dayana, karena menganggapnya terlalu besar.

Baca Juga: Ternyata ini Dayana yang Viral, Cewek Kazakhstan yang Ingin Ajak Nikah Fiki Naki

Pembahasan waktu posting

Fiki Naki disebutkan akan merepost di akun media sosialnya pukul 12.00 siang dan Dayana mengunggahnya di pagi hari.

Kemudian pihak Dayana mengatakan kalau perbedaan waktu Jakarta dengan Kazakhtan hanya empat jam. Sehingga disepakati untuk Dayana mengunggah di jam 11.00 pagi

Perdebatan awal soal kado

Dayana awalnya menginginkan kado berupa cincin dari merek Pandora, dan mengirimkan gambar cincin yang dimaksud pada pihak Naki, dimana mereka sempat bertanya "kenapa nggak gelang saja?".

"Dayana menginginkannya, saya rasa ini versi terbaik," kata manajer Dayana.

Baca Juga: Jangan Tunda Bagikan Tanda Sayang, Fortune & Love Festival dari realme Tunjukin Caranya!
Kemudian pihak Naki menjelaskan kalau cincin terlihat terlalu formal.

"Cincin terlalu formal. Saya nggak mau ada prasangka lebih. Saya rasa juga lebih baik untuk Fiki dan Dayana, dan kita harus melindungi mereka dari opini publik," kata pihak Naki, Terre.

"Orang bakal berpikir tunggu Fiki datang (kalo mau cincin) dan semuanya berakhir. Dan kami tidak bisa datang sekarang karena perbatasanmu tutup hingga Mei 2021," kata Terre lagi.

Perdebatan kado berlanjut

Pihak Naki kembali membahas tentang hadiah yang dipilih Dayana dari Pandora, padahal sebenarnya mereka bisa membelinya di toko biasa.

Kemudian menegaskan akan membayarnya di hari Senin.

"Kamu bisa membeli kalung atau gelang di Mango atau Zara. Tapi kamu mengusulkan pada saya Pandora. Saya bakal membayar itu Senin. Saya pikir kamu setuju dengan itu?" kata pihak Naki.

"Kami tidak bisa membeli sekarang, Dayana maunya cincin, kami menghabiskan uang untuk cincin itu. Kami bisa membeli apapun yang kamu inginkan, tapi Senin atau untuk menunjukkan cincin ini di hari Valentine," tulis manajer Dayana.

Awalnya dibatalkan

Pembicaraan alot itu pun berujung dengan pembatalan langsung dari pihak Naki.

"Sorry saya akan batalkan kado perhiasan ini. Kontrak ini bukan yang terbesar untuk saat ini. Saya bilang begini dalam wilayah bisnis," kata pihak Naki.

Soal ganti kado selain perhiasan, pihak Naki kembali bicara tentang kardus pembungkusnya.

Baca Juga: Viral Video Anjing Kejar Sosok Putih Diduga Pocong Terekam CCTV Warga
Setelah memutuskan mengganti kado seperti yang diminta, pihak Naki kembali mengoreksi tentang kardus dan logo pengiriman. Mereka menyarankan agar pihak Dayana mencetaknya dalam bentuk stiker, tapi pihak Dayana tidak menemukan tempat seperti itu.

"Tolong logonya terlihat bagus ya," kata pihak Naki.

"Saya tidak janjikan apapun, tapi saya mencoba yang terbaik," kata pihak Dayana.

Pihak Naki meminta kartu ucapan juga untuk diselipkan, tapi akhirnya dibatalkan. Mereka juga menyarankan untuk membungkusnya lagi dengan selotip bening Scotch agar paket terlihat baru.

Insiden Scotch

Setelah semuanya disepakati, tiba-tiba manajer Dayana mengatakan Scotch mereka dicuri di lokasi saat mereka syuting, sehingga tidak bisa mengunggah video sesuai waktu yang dijanjikan, kemudian menjanjikan waktu lainnya.

"Seseorang mengambil scotch kami di lokasi, jadi kami tidak bisa mengunggah story di Instagram besok jam 11.00, mungkin sedikit lebih lambat," kata manajer Dayana.

Mendengar hal tersebut, pihak Naki mempertanyakan pertanggungjawaban manajer Dayana.

Akhirnya pihak Naki yang membuat bungkus sehingga pihak Dayana nanti tinggal mengunggahnya.

Perdebatan soal foto kado siapa yang diunggah

Pihak Naki memberikan contoh apa yang harus ditulis Dayana di unggahan Instagram dan memintanya agar apa yang mereka kirimkan itu saja yang diposting.

Namun pihak Dayana ingin agar apa yang sudah mereka buat diunggah juga, dan timbullah perdebatan.

"Untuk apa kami lakukan semuanya. Tidak bisakah mereka mengatakannya di awal?" kata pihak Dayana.

"Kami hanya membuang waktu untuk itu. Dan bahkan kami tidak akan bisa menunjukkan apa isinya, karena kotaknya berbeda," lanjut manajer Dayana dalam pesan tersebut.

Pihak Naki bersikeras Dayana mengunggah foto dari bungkus kado yang sudah dibuat pihak Naki dengan alasan sudah mendapat persetujuan dari klien.

"Ini solusi terbaik. Aku memberikanmu solusi, kamu hanya perlu mengunggahnya. Karena terlambat, jadi klien meminta seperti ini, kami sudah dapat persetujuan," kata pihak Naki.

Namun Dayana menolak karena foto sepatunya terlihat mengerikan, dan menyebut orang-orang Kazakhtan akan menertawakan kado dari Fiki.

Tapi mau nggak mau kemudian mereka setuju untuk mengunggahnya.

Baca Juga: Duh, Ikatan Cinta Kena Denda Rp 20 Juta Karena Bikin Kerumunan di Lokasi Syuting

Tiba-tiba honor dipotong

Pihak Dayana tiba-tiba saja mendapati kabar kalau honor mereka dipotong karena alasan masalah yang disebabkan oleh mereka.

"Kami bisa mengirimkan fee kamu dalam Dollar AS, karena masalah ini kamu akan dapat (disensor). Besok keuangan saya akan membayarmu," kata pihak Naki.

"Kami menolak bekerjasama. Ini akhir dari kerja kita. Terima kasih," balas pihak Dayana.

Unggahan dihapus

Hal ini terlihat dari pihak Naki yang mempertanyakan unggahan foto sepatu yang sudah dihapus Dayana.

"Apa kamu serius menghapus story-nya? Klien bilang pada saya kamu harus mengunggahnya lagi dalam waktu 30 menit," kata pihak Naki.

Dari sini masalah "dapur" mulai diungkap Dayana dan begitu pun pihak Fiki Naki mengklarifikasi dari sudut manajernya di YouTube. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya