Diterjang Banjir, Saluran Drainase Sirkuit MotoGP Mandalika Rusak

Selasa, 02 Februari 2021 | 14:31
Kompas.com

Kondisi saluran drainase Sirkuit Mandalika.

HAI-Online.com - Banjir yang melanda wilayah Lombok Tengah dalam beberapa hari terakhir ini ikut berdampak pada area sirkuit Mandalika yang bakal menjadi arena balap MotoGP.

Akibat banjir tersebut, saluran drainase sirkuit Mandalika dilaporkan mengalami kerusakan.

Meski demikian, mengutip laporan motorplus-online.com, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) memastikan proyek Sirkuit Mandalika aman.

Baca Juga: Penjelasan Kepolisian Soal Penonton di Turnamen Futsal Polsek Medan

"Terkait info banjir di kawasan Mandalika, kami pastikan kawasan The Mandalika, khususnya lokasi Jalan Kawasan Khusus (JKK), dalam kondisi aman dan tidak begitu terdampak," ujarManaging Director The Mandalika, Bram Subiandoro viasiaran pers, Sabtu (30/1/2021) kemarin.

Bram mengatakan, hujan deras yang terjadi mulai Sabtu siang hingga malam hari sempat menimbulkan genangan di sejumlah titik dalam kawasan The Mandalika.

Saat ini pihaknya tengahmelakukan pemeriksaan menyeluruh dan pemeliharaan atas kondisi infrastruktur dasar dalam kawasan, khususnya sistem drainase.

Selain itu, ia menyampaikan bahwa ITDC telah menerjunkan tim untuk melakukan pengecekan ke desa-desa penyangga untuk melihat kondisi di lapangan serta memonitor kawasan terdampak.

Sejumlah upaya jangka pendek untuk membantu masyarakat yang terdampak banjir juga dilakukan dengan menyediakan air bersih bagi warga desa penyangga dengan menggunakan truk tangki dan mengerahkan tenaga kebersihan untuk membersihkan lumpur.

Baca Juga: Liverpool Resmi Punya Bek Baru Ben Davies dan Ozan Kabak, Keduanya Dapat Nomor Punggung 28 dan 19

Langkah lainnya adalah membantu memangkas dan membersihkan pohon-pohon yang tumbang di sekitar kawasan.

ITDC juga bakal membantu mengirimkan material saluran beton (U-Ditch) berukuran60 x 60 cm sejumlah12 unit.

Langkah tersebut dilakukan dalam mengkondisikan jembatan yang terputus di Desa Rembitan yang merupakan desa penyangga The Mandalika.

“Kami turut prihatin dengan kondisi ini dan berharap tidak ada korban jiwa dan harta benda di desa-desa penyangga The Mandalika akibat banjir di Lombok Tengah ini,” ujar Bram.

Sebelumnya dilaporkan Kompas.com, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB mencatat sebanyak 17 dusun yang berada di Desa Kuta terdampak banjir, dan berdampak terhadap 350 KK, termasuk Dusun Ujung Lauk, yang masuk dalam kawasan pembangunan Sirkuit MotoGP Indonesia di Mandalika.

Baca Juga: Tak Lagi di F2, Sean Gelael beralih Ke WEC 2021 Bergabung dengan Tim JOTA

Sirkuit Mandalika sendiri saat ini telah masuk dalam kalender MotoGP meski belum dipastikan jadwalnya. Selain event MotoGP, sirkuit tersebut juga dijadwalkan bakal menjadi venue kejuaraan World Superbike (SBK) putaran ke-11 pada 12 hingga 14 November mendatang. (*)

Penulis: Hanif Pandu

Editor : Al Sobry

Sumber : Kompas.com, Motorplus-online.com

Baca Lainnya