Video 'Jakarta Rasa Seoul' Viral Tapi Dihujat Warganet, Gini Kronologinya

Selasa, 26 Januari 2021 | 13:11
Twitter

Screenshoot Viral video unggahan Jakarta rasa Seoul, Korea di Tiktok, Instagram dan Twitter. Ini cerita pembuatnya

HAI-Online.com-Sebuah unggahan video yang menggambarkan suasana salah satu sudut Jakarta malam hari, viral dan perbincangan pengguna Twitter.

Keramaian di Twitter berawal dari akun @MelindaAghniayang mengunggah ulang video dari Tiktok, kemudian menambahkan keterangan 'Jakarta rasa Seoul'.

Baca Juga: Menanti Lagu Debut Solo Rose BLACKPINK di Panggung The Show, Ini Bocorannya!Unggahan itu disambut warganet dengan beragam komentar. Mulai dengan membandingkan kesenjangan pembangunan di Jakarta, polusi, promosi pemerintah, hingga saturasi video.

Pengambilan gambar video tersebut memperlihatkan sudut kota Jakarta seperti Seoul. Dalam narasinya, video tersebut disebut sebagai Jakarta rasa Seoul.

Namun rupanya, warganet nggak terima. Mereka justru meninggalkan komentar bernada sindiran dalam unggahan video tersebut.

Bahkan sebagian warganet membalas komentar dengan posting video kota Jakarta yang masih tampak kumuh dan semrawut.

Baca Juga: Polisi Tangkap Cewek Pasangan Mesum di Halte Senen, Ngaku Dibayar 22 Ribu Rupiah

Cerita pembuatnya

Pembuat video viral tersebut bernama Surya Danna. Ia bekerja sebagai resepsionis di salah satu kantor di daerah Jalan Jendral Sudirman, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Teaser Video Debut Solo Rilis, Rose Siap Tampil Perdana dengan Lagunya di Konser Online BLACKPINK 'The Show'

Mengenai video tersebut, dia mengaku mengambil gambar di Jalan Jenderla Sudirman, kawasan SCBD pada 19 Januari 2021 sore, sekitar pukul 17.00 setelah dia pulang kerja.

"Awalnya aku cuma posting di Tiktok, sama Instagram. Terus ternyata ramai di Twitter. Aku itu gak tahu sama sekali kalau ada yang nge-post," kata Surya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (26/1/2021).

Selain video yang sedang ramai dibicarakan, Surya juga sering bikin video-video lain yang ia unggah melalui akun Tiktok dan Instagram pribadinya.

Ia hanya mengambil gambar dari daerah-daerah yang sering ia lewati. Surya bikin video dan mengeditnya cuman melalui HP.

Video tersebut dia edit menggunakan aplikasi VN Video Editor Maker dan VSCO.

"Itu cuma hasil karya aku yang bukan siapa-siapa, cuma orang yang hobi bikin video pakai HP setiap pulang, atau pergi kerja, atau main," ujar Surya.

Ia juga mengaku nggak punya niat mempromosikan Jakarta, bahkan membandingkan dengan ibu kota Korea Selatan, Seoul.

Baca Juga: Ada yang Pernah Dengar Kata Daring dan Luring? Ini Dia Artinya

Menanggapi komentar

warganet Menanggapi komentar dari warganet terutama yang menyinggung tentang kesenjangan pembangunan di Jakarta, dia mempersilakan saja.

Meskipun dia juga mengaku sedih saat mendapat komentar-komentar bernada negatif. Selain itu dia juga membantah video itu dibuat sebagai akun promosi pemerintah DKI Jakarta.

"Kalau ini akun pemerintahan, silakan saja bilang Jakarta masih banyak yang kumuh, atur itu! Tapi ini aku bukan siapa-siapa, aku gak dibayar siapa-siapa," kata dia.Terus berkarya

Kendati videonya mendapat komentar negatif, dia mengaku nggak patah semangat untuk kembali berkarya.

Sebab menurutnya setiap orang bisa punya pendapat dan penilaian berbeda-beda.

"Hal itu gak akan membuat aku untuk berhenti. Terus aja berkarya karena konten sebagus apa pun tetap akan ada yang hujat, karena kepala orang itu beda-beda," tutur Surya.

Lebih jauh lagi, pemuda yang saat ini mengaku kuliah sambil bekerja ini mengingatkan warganet untuk bijak dalam menggunakan media sosial.

"Lebih bijak saja dalam bersosial media, karena apa yang dia ucapkan walau hanya sekedar ketikan aja, itu bisa mengganggu yang dia serang walaupun gak kenal," ungkapnya. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya