Alas Purwo Diklaim Lebih Baik dari Bali, Imbas Thread Bule Kristen Gray yang Viral

Selasa, 19 Januari 2021 | 08:52
hipwee.com

Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur

HAI-Online.com - Seperti diketahui sebelumnya thread Twitter milik seorang warga negara Amerika, Kristen Gray, dengan akun bernama @kristentootie menjadi viral karena membagikan pengalamannya tinggal di Bali sejak pandemi COVID-19 terjadi.

Baca Juga: Viral Kisah Cowok Punk, Wajahnya Penuh Tatto Tapi Hafal 24 Juz

Ia mengaku nyaman tinggal di Bali meski saat ini visa yang dimiliki sudah habis. Bahkan, ia senang karena biaya hidup di Bali sangat murah dan ia juga membuat panduan untuk mengakali agar bisa masuk ke Indonesia di tengah pandemi seperti dirinya.

Banyak netizen Indonesia yang geram atas sikap Gray yang seperti itu.

Seperti membuat tandingan, netizen Indonesia kemudian merekomendasikan tempat bernama Alas Purwo. Nama tempat wisata Alas Purwo pun menjadi trending topic di Twitter. Ternyata viralnya Alas Purwo berawal dari cuitan @hydrococko yang menuliskan.

"Orang Amerika! Ada sebuah tempat yang jauh lebih baik dari Bali, tanah murah dan penggelapan pajak mudah. Namanya Alas Purwo. Penduduk lokal juga sangat ramah," kata @hydrococko.

Banyak netizen yang menanggapi cuitan dari akun tersebut.

Salah satunya @ditelansenja,"Yeah sure, you can meet a cute little kitten there called the GENDERUWO."

Kemudian, ada juga dari @Annasphrase,"And also you can play a game "hide n seek" with the people there."

Ada dari @aqhnaqhn,"if you go to alas purwo you will get money from cute kids, call them tuyul."

Hingga saat ini keberadaan Kristen Gray sedang dicari. Namun, diduga ia memakai nama lain karena nggak ada nama Kristen Gray dalam data imigrasi.

Baca Juga: Viral Ajakan Bule untuk Pindah ke Bali Saat Pandemi, Perspektif Hidup Murah dan Perizinan Ilegal pun Mencuat

Terlepas dari hal tersebut, pastinya kalian penasaran kan sebenarnya tempat apa sih itu Alas Purwo, berikut ini HAI kasih tahu:

Melansir dari situs resmi Taman Nasional Alas Purwo, Kawasan ini terletak di ujung Timur Pulau Jawa wilayah pantai Selatan yaitu di wilayah Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Tempat itu merupakan kawasan hutan yang mempunyai berbagai macam tipe ekosistem yang tergolong utuh di Pulau Jawa. Ekosistem yang dimiliki mulai dari pantai (hutan pantai) sampai hutan hujan dataran rendah, hutan mangrove, hutan bambu, savana buatan dan hutan tanaman.

Ekosistem yang dimiliki mulai dari pantai (hutan pantai) sampai hutan hujan dataran rendah, hutan mangrove, hutan bambu, savana buatan dan hutan tanaman. Keanekaragaman jenis flora darat di kawasan Taman Nasional Alas Purwo termasuk tinggi.

Diketahui lebih dari 700 jenis tumbuhan mulai dari tingkat tumbuhan bawah sampai tumbuhan tingkat pohon dari berbagai tipe/formasi vegetasi.

Tumbuhan khas pada taman nasional ini yaitu Sawo Kecik (Manilkara kauki) dan jenis yang dilindungi yaitu Sadeng (Livistoma rotundifolia).

Baca Juga: Rilis Single Baru 'Losing Us', Raissa Anggiani Curhat Jadi Cewek yang Disakiti

Disamping kaya akan jenis-jenis flora, Taman Nasional Alas Purwo juga kaya akan jenis-jenis fauna daratan, baik kelas mamalia, aves dan herpetofauna (reptil dan amfibi). Sampai saat ini teridentifikasi 45 jenis mamalia di Taman Nasional Alas Purwo.

Beberapa jenis mamalia yang sering dijumpai di kawasan TN Alas Purwo diantaranya Banteng (Bos javanicus), Rusa Timor (Rusa timorensis), Ajag (Cuon alpinus), Babi Hutan (Sus scrofa), Kijang (Muntiacus muntjak), Macan Tutul Jawa (Panthera pardus melas), Lutung Budeng (Tracypithecus auratus) dan Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis).

Terdapat banyak lokasi obyek dan daya tarik wisata di dalam taman nasional, diantaranya beberapa pantai yang unik dan potensial seperti ombak yang cocok untuk olah raga surfing, pantai tempat peneluran penyu, pantai yang berpasir putih, terumbu karang serta laguna yang dipenuhi burung migran pada musim-musim tertentu. (*)

Baca Juga: Mengaku Iseng Lagi! Setelah Viral Order Tesla 1,5 M, Cowok Ini Beli Lagi Toyota Supra Harga 2,7 M

Penulis: Ferry Budi Saputra

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya