Selama di Rumah Aja, Cobain 4 Rekomendasi Warna Cat Kamar Supaya Tidur Lebih Rileks

Kamis, 01 Oktober 2020 | 19:15
arsiteg.com

ilustrasi kamar tidur dengan cat tembok yang bisa bikin tidur lebih rileks

HAI-Online.com -Milih warna cat kamar tidur emang tergantung sama selera pribadi sih, dan tentunya ada pertimbangan estetika tersendiri. Namun, secara psikologis, pemilihan warna cat kamar bisa memengaruhi kemampuan kita untuk tidur.

Dilansir Healthline, warna-warna tertentu bisa bikin kita lebih rileks, sementara warna lainnya merangsang pikiran dan bikin kita lebih terjaga.

Secara umum, pilihlah warna yang lebih redup sebagai pilihan terbaik untuk dinding kamar tidur. Beberapa warna cat kamar yang bisa ngebantu kita tidur lebih rileks, di antaranya:

Baca Juga: Nggak Usah Ragu Lagi, 3 Hal dari Samsung Galaxy S20 FE Ini Bisa Dukung Passion Lo!

1. Biru

Bisa dikatakan warna terbaik untuk kamar tidur nggak cuman lebih redup, sebuah penelitian di 2018 mengungkapkan kalo warna biru juga ngasih efek menenangkan pada otak.

Penelitian tersebut dilakukan terhadap dinding aula sebuah universitas. Semua pilihan warna biru dapat membangkitkan suasana ketenangan, namun gunakan warna yang lebih terang di dinding kamar untuk efek terbaik.

Baca Juga: Bukan Cuma Penggemar Jadi Pacar, Rich Brian Punya Kisah dengan Fans Cowok yang Masuk ke Rumahnya Bawain Bakmi

2. Hijau

Warna hijau dapat mengingatkan kita pada alam, yang bisa bikin kita ngerasa lebih rileks. Bagi banyak orang, hijau juga merupakan warna pilihan yang harmonis dan menyegarkan.

3. Kuning

Meskipun warna kuning nggak selalu memicu untuk tidur, warna ini termasuk salah satu yang direkomendasikan karena merupakan konotasi warna yang menyenangkan.

Seperti halnya biru dan hijau, menggunakan warna yang lebih terang untuk kamar tidur cenderung nggak mengalihkan perhatian kita dari tidur.4. Warna tanah

Warna-warna tanah tertentu juga cocok untuk dinding kamar, selama nggak terlalu gelap. Pilihan lainnya termasuk krem dan putih lembut.

Perak adalah alternatif lain yang bisa menciptakan suasana yang lebih damai yang kondusif untuk tidur yang lebih nyenyak.Warna cat dinding yang harus dihindari Warna yang terlalu terang harus dihindari untuk dinding kamar tidur. Beberapa di antaranya adalah warna merah dan jingga karena dianggap sebagai warna yang energik dan membangkitkan semangat.

Sebuah penelitian di tahun 2014 menunjukkan kalo warna merah bisa meningkatkan naluri "fight or flight (melawan atau lari), membuat kita lebih waspada dan sadar akan lingkungan sekitar.

Baca Juga: Bener Nggak Sih Kalo Kurang Tidur Bikin Seseorang Nggak Bisa Nikmati Hal Positif Dalam Hidupnya?

Warna merah muda cerah atau neon dan ungu juga dianggap terlalu merangsang sehingga dapat mengganggu usaha untuk tidur.

Selain itu, warna abu-abu gelap dan cokelat juga nggak disarankan karena dapat menimbulkan perasaan nggak pasti.

Kalo lo pengen warna yang lebih hidup untuk kamar tidur, pertimbangkan versi yang lebih lembut. Misalnya, warna ungu cerah dapat ditukar dengan lavender atau warna merah terang dapat diganti dengan warna salmon lembut.

Pertimbangkan menggunakan warna yang lebih energik untuk ruangan lain di rumah, misalnya ruang untuk bekerja atau ruang bermain anak.

Apa pun warna yang lo pilih, jenis cat sama pentingnya untuk dipertimbangkan, demi mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Cat yang terlalu mengkilap (glossy) dapat memantulkan cahaya dan dapat merangsang otak, yang pada akhirnya bisa membuatmu lebih terjaga. Penggunaan cat dengan matte finish akan lebih baik untuk kamar tidur. (*)Artikel ini telah tayang diKompas.comdengan judul "4 Rekomendasi Warna Cat Kamar Agar Tidur Lebih Rileks "

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya