Bisa Berbahaya Kalo Salah, Begini Cara Berboncengan Motor yang Benar

Jumat, 03 Juli 2020 | 05:32
via Kompas.com

Ilustrasi naik motor berboncengan

HAI-Online.com -Ketika melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan motor, ada sejumlah hal penting yang perlu diperhatikan, salah satunya posisi ketika keduanya sedang berboncengan.

Posisi berboncengan tidak boleh salah, karena bisa membuat keselamatan si pengendara dan penumpang menjadi terancam.

Baca Juga: Nggak Cuma Dipecat, Pelaku yang Intip Dada Cewek Lewat CCTV Starbucks Diusut Polisi Karena Melanggar UU ITE

Berkaca dari hal tersebut, Adi 'Jotos' Sucipto selaku Instruktur PT. Wahana Makmur Sejati untuk main dealer produk motor di Jakarta memberikan tips berboncengan yang nggak cuma nyaman, tapi juga baik dalam segi keamanan.

Menurut keterangan Adi, posisi berboncengan yang paling aman adalah si pembonceng memeluk pinggang dari si pengendara.

Baca Juga: Disebut Bakal Buka Blokir Netflix Akhir Pekan Ini, Begini Tanggapan Telkom

"Posisi paling aman itu justru adalah posisi yang dibonceng memeluk mesra pengendaranya," ujar Adi seperti yang dikutip HAI dariGridOto.

Lebih lanjut, Adi menjelaskan bahwa dengan posisi ini, gerak tubuh pembonceng bisa mengikuti si pengendara, sehingga motor yang dikendarai bisa tetap seimbang ketika berada di tikungan.

"Maksudnya mesra disini adalah yang dibonceng harus mengikuti orang yang mengendarai motor. Misalnya saat menikung badan dari yang dibonceng juga harus ikut yang bawa motornya, supaya tetap seimbang," tambah Adi.

Selain memperhatikan posisi ketika berboncengan, Adi juga meminta si pembonceng untuk juga mengenakan perlengkapansafety ridingkarena apabila terjadi kecelakaan, orangdi belakang biasanya mengalami luka paling parah.

Baca Juga: Masih Sering Berantakan, Begini Cara Makan Burger yang Salah Jika Diperbaiki

"Karena kalau kecelakaan itu biasanya yang cedera lebih parah justru yang dibonceng juga. Makanya yang dibonceng juga harus dibekali perlengkapan riding yang aman seperti ridernya," tutupnya.

Nah, sekarang udah tahu kan sob? Langsung aja deh diikutin tipsnya supaya bisa berkendara dengan nyaman dan aman. (*)

Editor : Al Sobry

Sumber : GridOto.com

Baca Lainnya