Nggak Boleh Disepelein, Naruh Ponsel di Sebelah Saat Tidur Bisa Picu 6 Bahaya Berikut Ini

Selasa, 05 Mei 2020 | 13:52
freepik.com

Tidur dengan ponsel di tangan

Hai-Online.com-Di era teknologi dan perkembangan dunia digital kayak gini, rasanya nggak mungkin seseorang nggak punya yang namanyasmartphone.

Semua kalangan dari tua sampe muda, punya ponsel. Sampe pada tingkat penggunaannya melebihi batas normal, sekarang semua orang dari mulai bangun tidur sampe tidur lagi bawa ponsel.

Hal yang paling fatal terjadi ketika seseorang tidur dengan posisi ponsel tepat berada disampingnya. Dikutip dariPeoplemelaluiFamily Doctorpada Senin (1/4/2019), setidaknya ada 6 hal buruk pada kesehatan seseorang, kalo keseringan naruh ponseldi sebelah waktu tidur.

1. Sulit tidur

Ponsel menghasilkan serangkaian gelombang radio, beberapa di antaranya mempengaruhi suplai darah ke korteks serebral dan bisa menyebabkan perubahan EEG.

Kalo seseorang yang punya insomnia, dia rentan sama gelombang radio ini, akibatnya sulit untuk tidur di malam hari.

Baca Juga: Stasiun Balapan Solo, Saksi Bisu Kegalauan Sang Maestro Didi Kempot

2. Sakit otak

Smartphone menghasilkan gelombang radio, dan beberapa gelombang bisa diserap sama otak. Oleh karena itu, kalo kamu naruh ponsel di sisi bantal dalam jangka waktu lama, otak bakalan nyerap lebih banyak gelombang radio.

Pada akhirnya otak rentan sama kerusakan, dan rentan sakit kepala, pusing dan masalah kepala lainnya.

Baca Juga: Ditantang Jadi Pengangguran dan Stop Jadi CEO Sama Netizen, Kaesang Putra Jokowi Ngaku Siap, Serius Atau Guyon?

3. Gangguan menstruasi

Kerusakan pada tubuh akibat ponselbakal bervariasi dari orang ke orang, misalnya, saat ponselditaruh di tempat tidur, dampaknya ke cewek beda sama orang lain.

Kalo kamu tidur, terutamya cewek yang masih suka naruh ponsel di tempat tiduruntuk waktu yang lama, endokrinnya bakal terpengaruh.

Hal ini menyebabkannya rentan sama gangguan endokrin, bahkan menyebabkan gangguan menstruasi untuk cewek, dan bisa mempengaruhi kehamilan.

4. Mempengaruhi sperma

Beda sama cowok, radiasi ponselbisa berdampak besar ke cowok bahkan sistem tubuh. Penelitian udah nunjukin kalo cowok juga bisa berpengaruh sama radiasi ponseluntuk waktu lama.Jumlah sperma bakal berkurang dan kemungkinan besar kualitas sperma bakal menurun.

5. Memicu Tumor

Ada pandangan kalo radiasi yang dihasilkan sama ponsel bisa sebabkansel-sel saraf dalam tubuh manusia mati di suhu tinggi.

Kalo sel itu sebenarnya, adalah sel glial stadium lanjut, kelainan bakal meningkat dan faktor kesehatan kayaktumor bisa muncul.

6. Osteoporosis

Sebagian besar penyelidikan udah nunjukin kalo orang-orang yang naruh ponselmereka di bantal di waktu yang lama bisa terkena osteoporosis. Secara umum, ponsel punyaradiasi, jadi yang terbaik adalah mematikan ponsel pas tidur.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya