Hari Bumi 2020: Kuy Upgrade Pengetahuan, Jangan Cuma Tahu 3R Doang!

Rabu, 22 April 2020 | 13:08
@alsobry

sebaiknya jangan cuma tahu 3R, yaitu Reuse, Reduse dan Recycle doang.

HAI-Online.com - Dalam merayakan hari bumi internasional, yuk upgrade pengetahuan kita soal menjaga bumi dan lingkungannya.

Seperti dalam semboyan warga Betawi asli, lingkungan kalo bukan kita yang jaga, siapa lagi?

Nah, sebagai anak muda, sebaiknya kita jangan cuma tahu 3R, yaituReuse, Redusedan Recycle doang.Ketiga hal ini pun, kalo boleh jujur ya masih teramat jarang dilakukan. Iya kan, ngaku?

Baca Juga: Restoran di Belgia Ini Sajikan Air Minum Daur Ulang dari Toilet

Nah, mulai sekarang yuk dipraktekin wawasanmya dan pengetahuan soal menjaga alam biar tetap seimbang ini juga ditambah lagi dengan dua R yang lainnya. Apaan aja tuh, bro? Nih baca dah!

1.Rethink

Udah saatnya nih berpikir lebih dulu sebelum bertindak.

Contohnya nih, dalam produk keseharian yang mau lo beli ada nggakeco-labelyang tertera. Kalo pun belum ada, coba pikirkan efek samping membeli barang tersebut. Apakah jika setelah digunakan, bakal jadi sampah berarti di lingkungan, kalo iya maka ganti dengan yang lebih ramah.

Misal daripada beli air botol kemasan tiap harinya, coba ganti beli yang gedean dikit pake air galon, lalu modal juga beli tumbler, nah tiap hari lifestyle minumnya diubah, semoga alam jadi berkah.

Baca Juga: Toko Buku di Italia Ini Bisa Tukarkan Sampah Daur Ulang dengan Buku

2.Reuse

Sesuai artinya, gencarkan lagi deh sob untuk menggunakan kembali barang yang udah dibeli, jangan dijadiin sampah dan nggak digunakan lagi.

Arti reuse adalah menggunakan ulang barang dengan nilai fungsi yang masih sama atau fungsi lainnya.

Contoh sederhana banget nih, kalo beli tote bag, jangan ditinggal di rumah. Lipat dan bawa kemana-mana. Pas belanja dipake jangan malah dikoleksi, tong!

Reuse: Gunakan lagi barang-barang yang kamu dapat atau beli.

3.Reduse

Mengurangi pemakaian barang yang dapat mengakibatkan sampah. Ah, ini gampang-gampang susah, bro! Apalagi si hobi belanja online.

Coba deh kurangin belanja barang-barang yang nggak terlalu diperlukan. Kalo di rumah masih punya selusin kaos, jangan nambah tumpukan baju di rumah. Itu baju, terbuat dari benang polyester, plastik yang susah didaur ulang.

Pakai kaos yang ada, kalo udah nggak nyerep keringet, baru deh boleh beli yang baru. Jangan sering-sering tampil keren tapi ngerusak lingkungannya demen.

Baca Juga: Udah Denger,Ada Teori Bumi Berbentuk Donat, Para Ahli Jadi Berdebat

4.Recycle

Kegiatan mengolah kembali sampah atau daur ulang jadi barang baru yang bermanfaat serta bernilai ekonomi tinggi ini bisa mengasah kreatifias loh. Sayang, jarang ada anak muda konsisten melakukan hal ini.

Pernah bikin tas dari kaos bekas yang udah belel, eh habis itu nggak dipake lagi. Cu.a sekali, sesudah itu mati.

Padahal kamu bisa lho, mumpung di rumah aja nih, coba konsisten mengelola sampah organik jadiin pupuk kompos, buat media tanam di depan rumah. Atau, kumpulin botol minum plastik yang ada di rumah jadiin wadah alat sekolah atau pot buat menaman bunga pake kompos yang kamu bikin tadi.

Baca Juga: Lagi Rame Ternyata, Bayar Rp. 1,5 Juta Biar Hewan Lucu Ikut 'Nimbrung' Pas Telekonferensi

5.Respect

Ini R kedua yang ditambahkan, yaiturespectterhadap lingkungan.

Perlu adanya pemahaman soal tanggung jawab dari apa yang kita lakukan, termasuk dengan sampah yang kita hasilkan.

Kita harus udah mesti berbuat mau dibawa ke mana sampah kita? Tentu harus dibuang pada tempatnya, memilah sampah, atau mengubahnya jadi barang berfaedah.

Bentuk respect lainya adalah terus sebarkan cara-cara orang menjaga lingkungan. Biar barengan juga biar makin banyak lagi yang sama-sama menjaga bumi kita. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya