Sering Bikin Kesel, Ini Penyebab Nyamuk Sering Terbang-terbang di Atas Kepala

Sabtu, 18 Januari 2020 | 17:00
Pixabay/Emphyrio

Ilustrasi nyamuk

HAI-online.com -Kalian mungkin pernah ngalamin ketika ada sekumpulan nyamuk yang terbang-terbang di atas kepala.

Hal ini kadang bikin kita jadi jengkel, apalagi biasanyajadi bahan ejekan sama temenkarena dikira belom mandi. Apalagi kalau mulai ngisep darah di kulit.

Nah, sebenernya apa sih yang bikin nyamuk terbang muter-muter di atas kepala seseorang?

Sebenernya, ada orang yang lebih sering digigit nyamuk, dan sebaliknya ada orang yang jarang sekali dihisap darahnya oleh nyamuk.

Baca Juga: Biasanya Panas dan Kering, Wilayah di Arab Saudi Ini Kini Diselimuti Salju

Penyebab kenapa ada orang yang lebih menarik bagi nyamuk ternyata disebabkan oleh kandungan zat kimia asam laktat di kulit manusia. Kandungan tersebut berbeda pada tiap orang, ada yang lebih tinggi dan ada yang lebih rendah.

Nah, orang dengan asam laktat yang tinggi di kulitnya inilah yang lebih disukai oleh nyamuk.

Selain tingginya asam laktat pada kulit seseorang, tingginya jumlah karbon dioksida yang dikeluarkan seseorang juga menyebabkan nyamuk lebih banyak mendekat.

Sebabnya adalah karena nyamuk akan menggunakan jejak karbon dioksida yang dihasilkan tubuh untuk menemukan mangsanya.

Baca Juga: 2 Pulau di Indonesia Tenggelam dan 4 Lainnya Terancam Akibat Naiknya Permukaan Air Laut

Nyamuk juga tertarik pada panas tubuh manusia. Dari bagian tubuh manusia, kepala adalah bagian yang dianggap melepaskan panas tubuh paling banyak.

Inilah sebabnya nyamuk akan lebih banyak terbang berputar di atas kepala manusia. Keringat yang dikeluarkan oleh kulit kepala manusia juga akan bertahan lebih lama dibandingkan bagian tubuh lainnya.

Penyebabnya adalah karena adanya rambut di kepala yang menyebabkan keringat di kulit kepala susah mengering.

Dalam keringat manusia, terkandung oktenol, yaitu zat kimia lain yang juga menarik bagi nyamuk.

Baca Juga: Berhasil Selamat 5 Kali dari Kepunahan Massal di Bumi, Ilmuwan Temukan Kelemahan Hewan Terkuat di Dunia

Nyamuk yang terbang di atas kepala ternyata nggak cuma terbang begitu saja, tapi ada polanya. Jikadiperhatikan, nyamuk akan terbang dengan pola melingkar di atas kepala.

Kebanyakan nyamuk yang terbang melingkar di atas kepala kita adalah nyamuk jantan dan sedikit di antaranya adalah nyamuk betina. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan pasangan.

Ketikanyamukjantanterbangdengan pola berputar di ataskepaladan adanyamukbetina yang masuk ke dalam putaran itu, maka proses reproduksi akan dilakukan.

Namun, jumlahnyamukyangterbangmelingkar di ataskepalamanusia biasanya sedikit, karena kebanyakannyamukakanterbangmelingkar di atas objek yang lebih besar, di pohon,sampai di hewan yang sudah mati.

Artikel ini telah tayang di Bobo.grid.id dengan judul "Rasanya Amat Mengganggu! Nyamuk Sering Terbang Melingkar di Atas Kepala Kita, Ternyata Ini Sebabnya."

Editor : Alvin Bahar

Sumber : Bobo.grid.id, Science ABC

Baca Lainnya