Hewan Ini Disebut Sebagai Pahlawan Bagi Hewan-hewan Lain Saat Kebakaran di Australia

Sabtu, 18 Januari 2020 | 18:00
ABC Open/Jackie Dixon

Wombat di antara tanaman sisa kebakaran di Australia

HAI-online.com -Belakangan ini banyak cerita dan postingan di media sosial yang memuji-muji wombat sebagai "pahlawan dalam kebakaran hutan di Australia."

Ada beberapa klaim yang menyebutkan bahwa hewan marsupial asli Australia ini telah membantu menyelamatkan banyak nyawa hewan liar lainnya.

Cara yang dilakukannya adalah dengan membagi liang tempat tinggal mereka supaya hewan-hewan lain bisa masuk dan berlindung dari kobaran api.

Namun, cerita tersebut ternyata nggak sepenuhnya benar. Wombat lebih tepat disebut sebagai pahlawan yang nggak disengaja.

Baca Juga: Biasanya Panas dan Kering, Wilayah di Arab Saudi Ini Kini Diselimuti Salju

Ini karena merekanggak secara heroik membawa hewan-hewan yangbutuh bantuan saatkebakaran hutan itu dan membawanya ke tempat yang aman.

Menurut ABC News Australia, jaringan liang yang dibuat wombat itu besar dan rumit, sertasangat terlindung dari lingkungan yang ada di atas tanah.

Wombatbisa memiliki beberapa lubang di wilayah tempat tinggalnya. Pada sebuahstudidi tahun 2012,satu wombat disebutkan bisa memiliki 14 liang.

Wombat biasanya menghabiskan beberapa malam tidur di satu liang, sebelum nantinya pindah ke liang yang lain.

Baca Juga: 2 Pulau di Indonesia Tenggelam dan 4 Lainnya Terancam Akibat Naiknya Permukaan Air Laut

Mereka bisa memiliki beberapa lubang kosong pada suatu waktu, danbahkan beberapadi antaranyaditinggalkan. Sehinggaspesies lain yang mencari perlindungan, mungkinnggak perlu berbagi lubang dengan wombat.

Meski sejauh inibelum diteliti secara mendalam, pengamatan menunjukkan bahwa wombat umumnyanggak menyambut hewan lain di liang mereka.

Dalam sebuah buku berjudulWombatskarya Barbara Triggs,disebutkan ada seekor rubah yang dikejar seekor wombat marah dari liangnya.

Tengkorak rubah dan anjing yang hancur yang ditemukan di lubang wombat juga menunjukkan bahwa hewan itu nggak menyambut baik para "tamunya".

Baca Juga: Berhasil Selamat 5 Kali dari Kepunahan Massal di Bumi, Ilmuwan Temukan Kelemahan Hewan Terkuat di Dunia

Namun, itumungkin tergantung pada jenis hewan apa yangmasuk ke liangnya, karenahewan yangnggak menimbulkan ancaman mungkinnggak diperhatikan oleh wombat.

Jadi, meski wombatnggak sengaja membuat liang rumah mereka sebagai tempat perlindungan bagi hewan lain, liang-liang tersebut secara nggak langsung telah membantu para satwa liar untuk berlindung sementara dari kebakaran hutan di Australia.

Editor : Alvin Bahar

Sumber : ABC News, Mothership.sg

Baca Lainnya