5 Bahaya Main Hape sebelum Tidur, Salah Satunya Tingkatkan Risiko Terkena Kanker

Kamis, 16 Januari 2020 | 11:00
via Gearbest

Ilustrasi main hape sebelum tidur

HAI-Online.com -Seperti kita tahu, hape saat ini menjadi salah satu hal yang wajib dibawa ke mana pun, entahketikatengah bepergian, di dalam toilet, bahkan hingga ke atas kasur sampai orang-orang terlelap tidur.

Padahal, sejumlah penelitian yang dilakukan oleh para ahli mengatakan bahwa kebiasaan main hape sebelum tidur dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Apa saja bahanya? Dilansir dari Kompas.com, berikut HAI udah merangkum 5 bahaya di balik kebiasaan bermain hape sebelum tidur.

1. Merusak retina

Cahaya layar memilikigelombang pendek yang lebih berkedip, di mana hal ituakan memengaruhi penglihatan, bahkan dapat merusak retina apabilaterus terjadidalam jangka waktu lama.

Baca Juga: Dianggap Kaku, Logo Baru Kemenparekraf Tuai Kontroversi, Wishnutama Beri Penjelasan

Menurut American Macular Degeneration Association, cahaya biru dari hape dapat mengakibatkan kerusakan pada retina yang permanen dan degenerasi makula.

2. Meningkatkan risiko depresi

Menatap layar hape ketika seharusnya sudah tidur nggak cuma berdampak pada kesehatan fisik aja, tapi juga membuat orang-orang menjadi rentan terhadap depresi.

Di samping itu, tingkat energi yang rendah di siang hari, ditambah kesulitan untuk berpikir karena kurang tidur, juga memicu rasa lemah emosional dan mental.

Baca Juga: Suka Kebiasaan Makan Es Batu Ternyata Tanda Adanya Masalah Kesehatan, Cek Deh!

3.Rusaknya siklus tidur

Cahaya biru dari hape memengaruhi produksi melatonin, hormon yang membantu seseorang tidur dan mengatur siklus tidur.

Penggunaan ponsel secara teratur di malam hari dapat menyebabkan kurang tidur karena pikiran masih aktif hingga beberapa saat sebelum terlelap.

4. Berisiko terkena kanker

The World Health Association menyebut bahwa hapedapat menjadi salah satu penyebab kanker karena memancarkan radiasi elektromagnetik.

Paparan cahaya biru berkepanjangan dan pengaruhnya pada siklus tidur terbukti meningkatkan risiko kanker payudara dan kanker prostat.

Baca Juga: Terlihat Praktis, Mie Instan dengan Kemasan Cup Ternyata Lebih Berbahaya Dibanding Bungkus Plastik

5.Mata menjadi tegang

Melihat cahaya biru dari hape dalam kondisi ruangan gelap akan mengakibatkan mata tegang dan sakit, bahkan dapat merusak penglihatan secara permanen.

Gimana, ngeri kan sob? Maka dari itu, mulai sekarang mending kurangi atau hilangkan aja deh kebiasaan main hape sebelum tidur, oke? (*)

Editor : Alvin Bahar

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya