Suka Ngadem Lama-lama di AC Pas Cuaca Panas? Waspadai 8 Bahayanya

Rabu, 30 Oktober 2019 | 18:20
Freepik/lifeforstock

Ilustrasi AC

HAI-online.com -Di cuaca panas seperti yang terjadi akhir-akhir ini, banyak orang butuh kipas angin atau Air Conditioner (AC) untuk mendinginkan badan.

Pada suhu yang sangat panas, ngadem pakai AC memang bisa nyegerin. Namun, perlu kalian ketahui bahwa menggunakan AC dalam jangka waktu yang cukup lama bisa menyebabkan efek samping tertentu.

Melansir dari laman doctor.ndtv.com, berikut beberapa efek yang mungkin dirasakan setelah sepanjang malam atau sepanjang hari menggunakan AC:

Baca Juga: Terlalu Banyak Makan Garam Bisa Bikin 6 Penyakit Ini Muncul Lho!

1. Mata kering

Jika mata telah berada pada kondisi kering, berada di tempat berpendingin ruangan terlalu lama dapat memperburuk gejala tersebut.

Mata kering akan terasa lebih gatal dan mengalami iritasi. Orang-orang dengan sindrom mata kering lebih baik untuk nggak berada di tempat ber-AC terlalu lama.

2. Kulit kering

Kulit kering dan gatal adalah kondisi normal bagi orang-orang yang duduk di ruangan ber-AC terlalu lama. Paparan yang berlebih terhadap AC bersama dengan paparan matahari dapat membuat kulit menjadi kering dan gatal.

Kulit dapat kembali menjadi normal setelah beberapa jam berada di luar, tetapi kulit kering dapat bertahan lebih lama dari biasanya.

Baca Juga: Main HP di Kegelapan, Seorang Pria di China Terkena Stroke Mata!

3. Dehidrasi

Tingkat dehidrasi lebih tinggi di ruangan dengan AC jika dibandingkan dengan ruangan-ruangan atau tempat-tempat lainnya. AC menyedot lebih banyak kelembapan dari ruangan sehingga orang yang berada di ruangan tersebut akan mengalami dehidrasi.

4. Masalah-masalah pernapasan

Berada di tempat dengan AC dalam waktu yang lama juga dapat menyebabkan masalah-masalah pernapasan pada hidung, tenggorokan, dan mata.

Seringkali orang-orang mengalami tenggorokan kering, rhinitis, dan penyumbatan hidung. Rhinitis adalah kondisi yang menyebabkan inflamasi dari membran lendir dari hidung. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus atau reaksi alergi.

5. Asma dan alergi

AC dapat memperburuk kondisi pada orang yang memiliki asma atau alergi-alergi. Bagi beberapa orang yang sensitif, tinggal di dalam ruangan dapat membantu menjaga dari polutan.

Namun, bagi sebagian lainnya mungkin sebaliknya. Jika ACnggK dibersihkan dengan baik, penggunaannya dapat meningkatkan risiko yang memicu semakin buruknya asma dan alergi-alergi.

Baca Juga: Begadang dan Minum Soda Bikin Sperma Rusak, Cek 5 Kebiasaan Buruk Lainnya!

6. Penyakit-penyakit infeksius

Terlalu berada di ruangan dengan AC juga dapat mengakibatkan keringnya bagian hidung. Iritasi pada membran lendir juga dapat terjadi. Ketiadaan lendir pelindung dapat membuat kerentanan terhadap infeksi virus meningkat.

7. Sakit kepala

Mengalami dehidrasi karena AC dapat menyebabkan sakit kepala dan migrain. Dehidrasi adalah pemicu sakit kepala yang seringkali diabaikan.

Ketika memasuki ruangan berpendingin dan keluar dari ruangan tersebut atau ketika pergi ke luar ruangan setelah berada di ruangan berpendingin terlalu lama, ada kemungkinan orang tersebut akan mengalami sakit kepala.

Di beberapa kondisi, orang-orang yang berada di ruangan berpendingin yang nggakdipelihara dengn baik juga dapat menjadi lebih rentan sakit kepala dan migrain.

Baca Juga: Meskipun Enak, Tapi 6 Bagian Ayam Ini Mengandung Banyak Bakteri

8. Lesu

Alat yang dapat mendinginkan suhu di ruangan saat suhu di luar tinggi seperti AC ni juga dapat menimbulkan dampak yang sangat negatif. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang berada di tempat dengan AC dalam waktu yang lama juga mengeluh lesu.

Artikel ini telah tayang diKompas.comdengan judul "Jangan Terlalu Lama Gunakan AC saat Cuaca Panas, Ini Bahayanya."

Editor : Al Sobry

Sumber : Kompas.com, doctor.ndtv.com

Baca Lainnya