Yang Muda yang Berkarya! Ini 6 Inovasi Keren Hasil Ciptaan Anak Muda Indonesia

Senin, 28 Oktober 2019 | 12:40
Kolase HAI

Hasil inovasi keren anak muda Indonesia

HAI-Online.com -Beberapa waktu belakangan, kita seringkali mendengar kabar membanggakan dari anak muda Indonesia, salah satunyaterkaitinovasi-inovasicemerlang mereka yang tentunya bakal sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari.

Mengingat hari ini masyarakat Indonesiatengah memperingati Sumpah Pemuda, kali ini HAI udah merangkum buat kalian semua beberapa inovasi keren yang lahir dari tangan-tangan anak muda di tanah air.

Kira-kira apa aja sih? Berikut 6 inovasi keren, mulai dari konsep hingga benda, yang muncul dari anak muda Indonesia dalam beberapa bulan terakhir.

1. Sulap Sampah Plastik ke BBM

VINO - HUMAS UGM/IKA

Alat pengubah sampah plastik jadi bahan bakar ciptaan Affan

SeorangmahasiswaUniversitas Gadjah Mada, Yanditya Affan Almada sukses mengembangkan alat yang bisa mengubah limbah anorganik sepertisampah plastikmenjadibahan bakarberupa bio oil dan biogas.

Dilansir dari website resmiUGM, alat ciptaanmahasiswa D3 Teknik Mesin Sekolah Vokasi tersebut mampu mengubah sampah anorganik menjadi bahan bakarlewat proses pirolosis, di mana plastik dipanaskan tanpa oksigen pada suhu tertentu serta teknik destilasi.

Cara kerja alat ini pun terbilang sederhana, yaitu sampah plastik dimasukkan ke dalam tabung, sebelum akhirnya dipanaskan pada suhu mencapai 450 hingga 550 derajat celcius dan berubah menjadi tetesan-tetesan minyak usai melewati jalur pendinginan.

Baca Juga: iPhone 5 Bakal Nggak Bisa Internetan setelah 3 November 2019, Begini Cara Mengatasinya

2. Cangkang Telur untuk Penambal Gigi

www.unpad.ac.id

Tiga mahasiswa Kimia Universitas Padjadjaran Geofanny Sarah Hutabarat, Dzikri Tafwadi Qodir, dan Hendri Setiawan, dengan dosen pembimbing Dr. Atiek Rostika Noviyanti, M.Si., mengembangkan metode sintesis komposit dari cangkang telur ayam.

Tigamahasiswa prodiKimia dariFMIPAUniversitas Padjadjaran, Hendri Setiawan, Geofanny Sarah Hutabarat, dan juga Dzikri Tafwadi Qodir, berhasil menyulap limbahcangkang telurmenjadi bahan penambalgigi.

Dengan didampingi dosen pembimbing Dr. Atiek Rostika Noviyanti, M.Si, ketiga mahasiswa Unpad tersebut berhasil meneliti metode sintesis komposit dari limbah cangkang telur ayam.

Cangkang telurayam sendiri punya kemiripandengan tulang dan gigi,yaitukandungan komposisi senyawa komposit yang dapatdimanfaatkan sebagai graft tulang dan bahan untuk penambalgigi, sehingga membuatnya berpeluang dikembangkan pada bidang biomedis.

3. Obat Kanker dari Kayu Bajakah

KURNIA TARIGAN/KOMPAS.COM

Ketiga siswa yang berhasil juarai kompetisi dunia dengan temukan obat penyembuh kanker

Tiga orang murid SMA Negeri 2 Palangkaraya, Anggina Rafitri, Yazid, dan Aysa Aurealya Maharani beberapa waktu laluramai menjadi bahan pembicaraan banyak orangkarena berhasil menemukan obat untuk mengatasi penyakit kanker.

Keberhasilan ketiga siswa tersebut dalam menemukan obat untuk mengobati kanker bermula dari informasi Yazid, di mana ada sebuah tumbuhan diHutan KalimantanTengah yang kerap dipakai keluarganya, bisa menyembukan kanker.

Di bawah bimbingan sangguru, ketiga siswa tersebut lalu melakukan pengujian di laboratorium sekolah dengan mengujinya kepada tikus yang telah disuntikan zat pertumbuhan sel tumor atau kanker.

Benar saja, tikus yang diberikan air rebusan yang berasal dari akar kayu bajakah ternyata berhasil hidup sehat setelah memasuki hari ke 50, bahkan bisa berkembang biak.

4. Alat Pendeteksi Longsor

KOMPAS.COM/MARKUS YUWONO

Siswa SMK N 1 Pundong, Bantul, Memasang Alat diteksi Longsor di Dusun Blali, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong. Rabu (23/10).

Tiga orang siswa kelas XII jurusan Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Pundong Bantul, Noval Rafiq, Agus Prakosa, dan Renaldi Defitra suksesmenciptakan alat yang bisa digunakan untuk mendeteksi bencanalongsor sejak dini.

Dilansir dari Kompas.com, alatberbentuk kotak yang dipasang pada tiang besi ini punya sejumlah komponen di antaranyasolar cell sebagai tenaga listrik surya, speaker, lampu peringatan, timer, aki, ampli 80 watt, hingga potensiometer.

Sistem kerjaalatini masih manual, yaitu kawat nikelin yang tertanam di 3 titik menghubungkan ke potensiometer, dan jikaterjadi pergerakan tanah 25 cm nantinya akan menarik kawat niklin serta gulungan potensiometer sehingga mengakibatkan alarm berbunyi.

5. Chargeryang Simpan Daya dari Gerakan

Ellyvon Pranita/Kompas.com

Obah energy, penghasil dan penyimpan energi listrik dari tenaga manusia atau hanya melalui gerakan saat beraktivitas.

Seorang siswaSMA2WonosobobernamaRaviRamadhani berhasil menciptakan charger yang bisa menyimpan daya darigerakan aktivitas sehari-hari.

Diberi nama Obah Energy, alat ciptaan Ravi ini mampu menghasilkan dan menyimpan energi listrik darigerakanyang dilakukan ketikaberaktivitas, dengan kapasitas maksimum hingga mencapai 5 ribu volt.

Cara kerja Obah Energy pun cukup sederhana, pengguna tinggal membawa alat ini ketika mereka melakukan aktivitas sehingga magnetik di dalamnya berguncang dan menghasilkan energi melalui kumparan yang ada pada badannya.

Baca Juga: Bisa Tirukan Suara Presiden Jokowi dengan Sempurna, Siswa SMAN 4 Jakarta Viral

6. Pengubah Hujan menjadi Energi Listrik dan Air Bersih

MICO DESRIANTO/Kompas.com

Aziza dan Jessica mahasiswi Fakultas Teknik Universitas Indonesia

DuamahasiswiUniversitas Indonesia (UI), Aziza dan Jessicamenciptakan konsepTall Building Generator Scheme: Nitinol Engine at Rooftop Coupled with Rainwater Pipe Turbine, yang mana dapat menyulap hujanmenjadi energilistrik serta air bersih.

Memiliki cara kerja serupa dengan PembangkitListrikTenaga Air (PLTA), konsep ini memanfaatkan dua tangki untuk menampung hujan, di mana nantinya akan mengalir secara otomatis lewat pipa menuju generator ketika kapasitas sudah penuh.

Untuk mendulang energilistrik, keduamahasiswi yang masing-masing berusia 21 tahun tersebut memanfaatkan proses perjalanan air dari tangki menuju generator, sebelum akhirnya dialihkan ke sistem filtrasi untuk didaur ulang menjadi air bersih.

Jangan mau kalah ya sob! Kalau mereka aja mampu melakukannya, #SumpahKitaBisa juga kok apabila mau mencoba dan berusaha untuk mewujudkan impian yang kita punya. (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya