Remaja Nggak Boleh Nyerah, Ini 6 Cara Biar Semangat Balik Lagi Setelah Gagal!

Senin, 30 September 2019 | 18:28
iStockphoto

ilustrasi semangat

HAI-online.com- Di dunia ini, nggak ada yang ingin merasakan kegagalan. Meskipun begitu, kita sebagai manusia pasti pernah mengalami yang namanya kegagalan.

Sama seperti slogan iklan Rinso, "jangan takut kotor", kita juga sebagai anak muda jangan takut gagal sob. Pasalnya, dari kegagalan, kamu jadi bisa belajar untuk mengantisipasi kegagalan berikutnya.

Tapi, nggak bisa dipungkiri lagi, meskipun beribu-ribu kalimat motivasi sudah kita dengar dari seminar, tetap saja kita akan merasa menyesal yang berlarut-larut.

Baca Juga: Single ‘Merancang Masa Depan’ Jadi Lonceng Pembangun Semangat Musisi Yogyakarta!

Untuk kamu yang saat ini sedang merasakan kegagalan ntah dalam cinta, kehidupan atau pekerjaan. HAI punya cara biar kamu semangat lagi nih!

Berdamai dengan diri sendiri

Saat mengalami kegagalan, orang pertama yang harus kita ajak baikan adalah diri kita sendiri.

Daripada terus meratapi kegagalan yang sudah terjadi, lebih baik kita mencoba berdamai dengan diri sendiri, sob.

Selain segala kelebihan yang kita miliki, kita juga wajib menerima segala kekurangan diri. Yup! terima diri sendiri apa adanya.

Dengan begitu kita bisa jadikan kegagalan sebagai sebuah batu loncatan, setelah kita mengenal dan berdamai dengan diri sendiri.

Mungkin, target yang selama ini pengin kita capai itu bukanlah bidang yang cocok buat kita. Jangan langsung putus asa. Terimalah hal itu dan yakinlah kalau ada hal lain yang bakal cocok buat kita ke depannya.

Baca Juga: Viral Video Cewek Lincah Main Keyboard, Yellow Claw: I Need This Girl In The Studio!

Lihat kegagalan sebagai sebuah pembelajaran

Awalnya memang sulit, tapi daripada terus kecewa sama kegagalan, kita sebaiknya melihat sebuah kegagalan dari sudut pandang yang lain.

Jadikan kegagalan sebagai proses pendewasaan dan juga pembelajaran menuju kesuksesan, ya. Satu kegagalan itu bukan berarti akhir dari semuanya, sob.

Dari kegagalan yang terjadi, kita juga belajar mengantisipasi kesalahan-kesalahan yang mungkin dilakukan sebelumnya, biar enggak terulang lagi.

kasih tau temennya biar balik semangat

Cerita sama orang lain

Enggak jarang kegagalan memicu terjadinya depresi pada seseorang. Kalau memang kita merasa kegagalan yang terjadi sangat berat dan kita nggak kuat menanggunggnya sendirian, kita bisa kok cerita sama orang lain.

Yup! enggak ada yang salah dengan bercerita dan meminta saran dari orang-orang terdekat yang kita percaya.

Mereka pun mampu memberika afirmasi-afirmasi positif dan motivasi sehingga kita bisa semangat lagi. Beban kita pun jadi sedikit berkurang, ya.

Yakin selalu ada kesempatan dan pilihan

Mengalami kegagalan memang enggak enak, tapi kita harus tetap yakin bahwa setiap orang selalu memiliki kesempatan dan pilihan. Termasuk diri kita, sob.

Cara ini cukup ampuh bikin kita semangat lagi saat merasa terpuruk karena sebuah kegagalan.

Misalnya saja kita belum mendapatkan nilai memuaskan untuk mata pelajaran favorit kita, bukan berarti enggak ada kesempatan lain untuk memperbaiki diri.

Begitupun ketika kita gagal masuk fakultas kuliah favorit kita, kita bisa ikut ujian lagi dan mencoba lagi.

Baca Juga: Pantes Berceceran, Ternyata Cara Makan Burger yang Dipakai Orang-orang Selama Ini Salah

Evaluasi rencana dan fokus pada masa depan

Jangan berlarut-larut meratapi kegagalan, kita lebih baik fokus pada masa depan. Setelah kita berdamai dengan diri sendiri, tentu kita jadi bisa lebih fokus pada masa depan.

Perasaan sedih, kecewa dan stress memang bisa menghampiri kita, tapi wajib kita tahu kalau kita masih punya masa depan yang cerah banget.

Penting juga buat kita untuk mengevaluasi rencana dan langkah kita yang kemarin, biar kegagalan enggak terulang kembali dan kita mampu bangkit dari kegagalan dengan lebih baik lagi.

Jangan menyerah dan selalu berusaha

Cara terakhir yang juga enggak kalah penting adalah terus mencoba dan jangan pernah berhenti.

Akan lebih baik kita terus berusaha, walaupun mungkin hasil yang diperoleh di luar ekspektasi kita, daripada hanya diam dan meratapi nasib.

Yup! Ibaratnya lebih baik gagal dari pada enggak berusaha dan mencoba sama sekali.

Kita harus tanamkan pada diri untuk nggak mudah menyerah dan selalu semangat, ya! Thomas Alva Edison saja butuh berkali-kali kegagalan sampai akhirnya berhasil menyempurnakan bola lampu.

Tetap semangat dan selalu berusaha serta yakin sama kemampuan diri sendiri ya, sob! (*)

Artikel ini pertama kali tayang di CewekBanget.id dengan judul "Jangan Menyerah! Ini 5 Cara Biar Semangat Lagi Setelah Alami Kegagalan"

Editor : Al Sobry

Sumber : cewekbanget.grid.id

Baca Lainnya